jump to navigation

Tips Membeli Barang Elektronik dan IT di Singapura 15 December 2006

Posted by indra in : Informasi , trackback

Secara umum, harga barang elektronik (seperti iPod, kamera digital) dan peralatan IT (seperti komputer) impor di Singapura lebih murah dibandingkan di Indonesia. Hal ini karena pajak impor ke Singapura lebih murah dibandingkan ke Indonesia. Selain itu, Singapura juga merupakan hub pemasaran banyak produk-produk elektronik dan IT, sehingga banyak barang elektronik dan IT yang diimpor ke Indonesia melalui Singapura.

Ada dua tempat utama di Singapura dimana kita bisa mencari barang-barang elektronik dan IT: Sim Lim Square dan Funan the IT Mall. Disanalah kebanyakan toko-toko elektronik di Singapura berkumpul. Selain itu, barang-barang elektronik dan IT juga bisa dibeli di toko-toko seperti Courts, Best Denki, dan Harvey Norman yang banyak tersebar di seluruh pelosok Singapura.

Setiap barang elektronik dan IT mempunyai harga retail resmi (RRP - recommended retail price). Toko-toko di Funan the IT Mall, juga Courts, Best Denki dan Harvey Norman biasa menjual semua barang elektronik dan IT dengan harga RRP tersebut, kecuali jika toko-toko tersebut sedang mengadakan sale. Harga RRP di Singapura biasanya lebih murah dibandingkan harga RRP di Indonesia.

Berbeda dengan toko-toko tersebut, toko-toko di Sim Lim Square kadang bisa menjual harga barang elektronik dan IT lebih rendah dibandingkan harga RRP. Mirip lah seperti toko-toko di Glodok yang kadang bisa menjual harga barang dibawah harga RRP seperti yang dijual di Agis Superstore, misalnya. Bedanya, biasanya toko-toko di Sim Lim Square tidak menaruh tag harganya, jadi pembeli yang harus pintar-pintar menawar.

Salah satu tips untuk modal menawar di Sim Lim Square adalah dengan mengetahui harga resmi RRP dari barang yang bersangkutan. Jadi, sebelum datang ke Sim Lim, sebaiknya kita mendatangi dulu toko-toko seperti Courts dan Best Denki, dan survey dulu harga dari barang yang akan kita beli. Tentukan merk dan tipe dari barang yang akan kita beli, teliti spesifikasinya, dan cek harganya. Beberapa produk biasanya menyediakan aksesori tambahan yang sudah termasuk ke dalam harga resmi RRP, catat semua aksesori tersebut. Kadang, harga resmi RPP tersebut bisa kita cek di website Courts atau di website produk yang bersangkutan, misalnya website Sony Style untuk harga-harga produk Sony.

Berbekal informasi tersebut, baru kita mendatangi toko-toko di Sim Lim Square, dan mulai menawar dan mencari toko yang bisa memberikan harga termurah untuk produk yang kita inginkan. Beberapa tips:

  1. Jangan membeli merk atau tipe/model lain yang ditawarkan oleh pembeli, yang berbeda dari produk yang kita inginkan dan yang kita sudah survey, apalagi jika kita belum mengetahui harga resmi RRP dari tipe/model yang lain tersebut. Kalaupun kita ingin membeli tipe/model lain tersebut, survey dulu harga RRP-nya.
  2. Tanyakan apakah harga yang diberikan oleh penjual sudah termasuk GST (Goods and Services Tax) atau belum. Banyak penjual yang memberikan harga sebelum GST pada waktu tawar menawar, dan baru memberitahu kalau harga belum termasuk GST setelah pembeli menyetujui harga tersebut. Perlu diketahui bahwa harga RRP di toko-toko besar yang saya sebutkan tadi adalah sudah termasuk GST.
  3. Pastikan bahwa semua spesifikasinya sesuai, termasuk aksesori tambahannya. Banyak penjual yang memberikan harga murah dengan mengurangi beberapa aksesori tambahannya (yang seharusnya sudah termasuk dalam harga RRP-nya), dan dia kemudian menjual kembali aksesori tambahan tersebut secara terpisah.
  4. Usahakan agar emosi tetap terkendali dan jangan sampai terpengaruh, terutama pada saat tawar menawar. Jika ada penjual yang sampai kelihatan marah-marah pada saat menawar (tipikal Singaporean :P ), tinggalkan saja dan pindah ke toko yang lain.

Secara umum, Lucky Plaza adalah tempat yang paling harus dihindari jika Anda ingin “hunting” barang elektronik dan IT. Toko-toko disana sudah terkenal suka menipu pembeli, terutama pembeli yang datang dari luar negeri. Beberapa toko disana bahkan sudah masuk daftar blacklist Singapore Tourism Board. Jadi, datanglah ke Lucky Plaza untuk mencari kamar apartemen yang murah atau mencari restoran Indonesia di Singapura (seperti Ayam Penyet Ria, Kantin Aneka, Es Teler 77 dan Ayam Bakar Ojolali), tapi bukan untuk mencari barang elektronik dan IT. :)

Comments»

1. Brahmasta - 15 December 2006

Wah pas banget saya sedang mau ke sana. Terima kasih.. saya link dari blog saya ya pak :)

2. Liburan Sendiri? at Brahmasta Adipradana - 15 December 2006

[…] Ternyata, ada tips berbelanja barang elektronik yang saya temukan di blog Bapak Minda Indra. Asik2.. […]

3. Affan - 15 December 2006

Terakhir ke singapur cuma mampir di Changi Airport, jadi ada sebiji dua biji gadget dibeli di sana. Lebih “kelihatan” murah sih. Dan di sana pilihannya banyak daripada di Indonesia. Lumayan lah kalau nyampe singapurnya cuma sampai di airport aja, masih bisa beli gadget ;)

4. gst - 16 December 2006

Jgn lupa gst bs di refund di bbrp counter tersendiri, antara lain di sim lim dan di changi airport

5. ambar - 16 December 2006

Saya bandingkan harga di USA dan Singapore ternyata beda sekali Pak Indra.

6. Dian - 17 December 2006

kalo lucky plaza, mahal ya ndra ? aku pernah males ke sim lim, udah capke banget, beli kamera di lucky plaza. shit, ebih mahal 1,5 juta dibanding di jakarta !

7. mela - 17 December 2006

wah… bisa titip dibeliin gadget ni… lumayan lah mas indra… nambah-nambah pahala ya… hehehe

8. Hadi Ismanto - 18 December 2006

Baru aja kemaren ke Sim Lim Square, setelah nginap semalem di Fragrance BackPackers Hostel deket Bugis.

SimLim mirip kayak Glodok, padat, lumayan lengkap.

Kalo Funan gimana yah keadaannya ? Pak Indra ada rekomendasi toko / tempat tertentu yang after sales service nya bagus ? terutama sih untuk notebook / gadget lainnya. Kadang2x kita kurang memperhatikan after sales service karena terburu tergiur oleh harga yang “miring”

9. Jetstar - 19 December 2006

Mas, misalnya saya mau beli laptop baru di singapur, lalu setelah membeli saya mau ke KL pakai bus, karena tiket pesawat balik ke jakarta saya dari KL. Itu kalau di airport KL kena pajak tdk yah? Kalau kena kira” berapa?

Thx.

10. Stephen - 19 December 2006

Mas, saya ada rencana ke Sin tang 3 Jan s/d 6 Jan, mau tanya bagaimana route yang bagus untuk tujuan yang ingin saya kunjungi sbb :

# Night Safari, Suntex City, Sentosa, Boat Quay , Mustafa Centre, Jurong Bird Park

Terimakasih atas bantuannya

11. indra - 22 December 2006

#1: Terima kasih udah mampir. :)

#3: Betul, kadang di Changi airport bisa lebih murah lagi karena harga tanpa GST (bebas bea).

#4: Betul, kalau turis, GST bisa di-claim balik untuk pembelian diatas $100.

#5: Pasti lebih murah di USA kan? :) :)

#6: Lucky Plaza mahal, dan terkenal tokonya suka menipu pembeli. Avoid Lucky Plaza at all cost, kecuali kalau mau cari restoran Indonesia. :)

#7: Asal ada komisinya aja. :D :D

#8: Funan lebih teratur, harga cenderung lebih mahal dibanding Sim Lim karena ngikutin harga RRP.

#9: Di airport KL tidak akan kena pajak karena kan bawa barang keluar (bukan masuk). Yang khawatir pas nanti nyampe Indonesia. :) Tapi kalau cuma beli satu laptop sih (untuk keperluan pribadi) seharusnya tidak masalah.

#10: Suntec City, Boat Quay, Mustafa Centre bisa dikejar sehari. Sentosa bisa sehari, Jurong Bird Park bisa sehari, malemnya ke Night Safari.

Semoga membantu. :)

12. anwar - 22 December 2006

Kalo di Sim Lim Tower biasanya mereka kasih kita list daftar harga yang bisa kita bandingkan harganya antara satu toko dengan toko yang lain.
1. Kumpulin brosur harga.
2. Bandingkan harga dari masing-masing toko,sambil ngopi di bawah.
3. Tentuin tokonya, Datengin toko yang harganya paling murah.
4. Tawar lagi harganya.
Mudah-mudahan berguna..

13. Jetstar - 24 December 2006

Mas, kalau saya bawa laptop lebih dari 1 unit (misalnya 2/3unit), lalu waktu tiba di Cengkareng di periksa oleh pihak bandara. Apa kira” yang akan mereka lakukan? Apa kita akan disuruh bayar pajak?

Thanx..

14. indra - 24 December 2006

#12 - anwar: Terima kasih atas tambahan informasinya. :)

#13 - Jetstar: Tergantung, jika memang laptop tersebut untuk dijual kembali, ya akan kena pajak PPN. :) Kecuali kalau Anda bisa meyakinkan petugas bahwa kedua/ketiga laptop tersebut adalah untuk keperluan pribadi (misalnya untuk saudara/teman).

15. Ivan - 27 December 2006

Mas Indra,…permisi mau sedikit kasih info buat Jetstar, silahkan bandingkan http://sg.hardwarezone.com/priceguide/ dgn harga Mangga Dua sebelum berbelanja di SG.

Rgd’s

Ivan

16. indra - 28 December 2006

#15 - Ivan: Terima kasih atas tambahan informasinya. :)

17. Ersa - 29 December 2006

Rencananya saya bersama suami & anak saya (12 th), akan ke singapore melalui Batam. Tgl 13jan (pesawat tiba jam 5 sore di batam) dan balik ke JKT tgl 16 jan ( pesawat jam 10 pagi). Melihat waktunya yg singkat ini, sebaiknya saya naik ferry ke Sg pada sore menjelang malam hr itu atau lebih baik menunggu besok pagi..?
Jika malam hari apakah di ferry cukup aman..? ombaknya tidak terlalu besar kan..?! Lalu, selama 2 hari tsb bisa kasih masukkan, sebaiknya kami kemana saja ya..? Belanja bukanlah prioritas, walaupun rencananya kami akan menginap di apartm di Lucky Plaza. Saya lebih ingin memberikan pengalaman yang berkesan bagi anak saya.
Terima kasih atas bantuannya.

18. riza - 4 January 2007

saya mw tanya,
saya ada rncana jln2 ke KL dan spore
mw nanya klo bw brg2 dr sana spt velg mobil 1set or part2 mobil gitu yg baru dan dlm quantity satuan,ga byk maksudnya utk dipakai sndiri dan tidak melebihi batas brg bawaan kena tahan di beacukai ga? yah?
thx utk jawabannya

19. riza - 4 January 2007

mas barang2 yg ga boleh masuk cengkareng brg yg ky gmn si?
sy mw coba bw velg 1set dr KL dan sparepart mobil 1set..kira2 ditahan bea cukai ga?

20. indra - 5 January 2007

#17 - Ersa: Mungkin bisa naik ferry yang pagi untuk mengejar pesawat jam 10 pagi WIB (atau jam 11 pagi SGT). Perhitungkan waktunya jangan sampai ketinggalan pesawat.

Anda bisa membawa anak Anda ke Sentosa, Singapore Science Centre, Singapore Zoo atau Jurong Bird Park.

#18, #19 - riza: Tergantung petugas bea cukainya kayaknya… :) Harusnya sih kalau untuk keperluan sendiri ngga apa-apa. Tapi tau sendiri kan petugas di Cengkareng banyak yang suka cari duit…

21. Jetstar - 8 January 2007

Mas, klo yg jual camera atau laptop secong di SG dimana yah??

22. Jetstar - 8 January 2007

Maaf mas, maksud saya second hand,,

23. Jetstar - 8 January 2007

Mas, mau tanya lagi.. Klo thieves market itu apa yah??

24. naim - 27 January 2007

kebetulan nih……………
mas, kalau harga handphone paling murah dimana?
thank’s atas infonya……….

25. naim - 27 January 2007

trus……..
brp persen beda harga (HP) di Jakarta dgn diSingapore

26. alex - 5 February 2007

kalau dari segi harga, saya pernah bandingin beberapa barang elektronik seperti laptop tipe yg sama antara singapore dan malaysia, lebih murah di malaysia. Jadi sebelum beli di malaysia sebaiknya bandingin dulu dg malaysia dg bantuan teman yg ada di spore. Pertama waktu itu karena di malaysia ada discount, yang kedua karena pabrikannya ternyata dari malaysia juga.

27. indra - 6 February 2007

#21, #22, #23 - Jetstar: Saya kurang tau kalau tempat jual peralatan elektronik yang second hand. Mungkin Mustafa Centre? Tapi setahu saya Mustafa jual produk baru juga kok.

Mungkin yang dimaksud dengan Thieves Market itu adalah flea market yang di deket Bugis?

#24, #25 - naim: Handphone paling murah kalau kita sambil langganan, di SingTel atau M1 atau Starhub shop gitu. Kalau tanpa langganan, harganya sama aja kok sama di Indonesia.

#26 - alex: Terima kasih atas tambahan informasinya. :)

28. diana - 21 February 2007

Pak Indra,
mo tanya ttg pesawat nih…
Saya booking pesawat Sing-Jkt lewat Travel dikasih Valuair.
Menurut bapak oke gak pesawat ini?

Trus kalo saya booking via internet,kok ada perbandingan valuair ama Jet Star?

Valuair aja dah murah…apalagi Jetstar kok murah banget ya?

Dr travel dapet harga valuair: 75 US$/orang

Dr internet valuair : 179 Sing$/orang

Jetstar : 38 Sing$/orang.Kalo plus macem-macem tetep aja murah banget…

Bisa bantu kasih penjelasan?

Thanks,
diana

29. indra - 22 February 2007

#28 - Diana: Valuair ama Jetstar itu sama, tadinya dua perusahaan yang berbeda tapi udah merger jadi satu. Kalau untuk rute Sing-Jkt, pesawat yang digunakan adalah Valuair, bukan Jetstar. Tapi sama kok.

Untuk budget airline, enakan booking langsung ke website-nya airline, biasanya suka lebih murah. Jangan lewat travel. Booking langsung ke http://www.valuair.com.sg/ atau http://www.jetstar.com/ (sama kok).

Semoga membantu. :)

30. makmur - 9 March 2007

Pa’ Indra mo nanya nih.. kalo dr changi airport ke sim lim itu jauh ngga? kalo mo ke sim lim naik apa & brapa lama waktu tempuhnya? soalnya saya mo balik ke indonesia bulan depan (cuti) dan kayaknya transit lbh 10 jam trus ada ngga penerbangan langsung dr changi airport s.pore ke hasanuddin airport makassar?
Makasih banyak!!!

31. makmur - 9 March 2007

Nanya lagi pa’ indra..
nilai tukar US$ ke Sing$ brapa skarang?
oh iya sekedar info, saya akses dari Republik Mali, Afrika Barat
makasih lagi!!

32. Adrian - 24 March 2007

Hlo Pak Indra,
saya mau nanya nih Pak, handphone second di singapaore bisa di pakai di Indo gk pak? & handphone second di sana apa kondisinya kurang bagus ya Pak?mohon informasinya…
Makasih Pak Indra,

33. Prya - 29 March 2007

Halo Pak Indra, saya mau nanya nih, klo tempat yg menjual hp2 bekas yg murah2 tp msh bagus dmn ya,sbb saya udah sering bolak balik ke sin dan keliling2 antara lain ke geylang, pearl park, simlim, lucky plz, tp kog jarang ada yg bagus spt di jkt ya, udah gitu hrgnya sama aja spt di jkt, trus satu lg saya pernah denger ktnya ada tempat di sin yg suka menjual hp bekas yg sistem mrk jualnya di bundle2 atau dikilo2in, apa betul demikian? klo memang ada dmn ya pak? Trmksh Pak Indra.

34. indra - 5 April 2007

#30, #31 - makmur: Dari Changi ke Sim Lim sekitar 40 menit naik taksi. Setahu saya, tidak ada penerbangan langsung dari Singapore ke Hasanudin/Makassar.

1 USD sekitar 1.5 SGD.

#32 - Adrian: HP yang dibeli di SG bisa dipakai kok di Indonesia.

#33 - Pyra: Setahu saya, disini jarang yang jual HP bekas, apalagi yang di-bundle2 atau di-kilo2-in. Kebanyakan baru.

Semoga membantu. :)

35. Adrian - 8 April 2007

thnk’s mas indra,di sono murah jual hp 2nd di mana y mas?

36. EKO - 14 April 2007

soal ipod itu kalo di kurs kan emang nya jatoh2nya jadi berapa ya, harganya.. misalkan utk ipod video yang 30 gb. Ya, ancer2nya aja pak… atau handphone… kira2 seperberapa kali dengan harga di jakarta??? Dan produk2 seperti kamera digital??? tertarik nih…. :)

37. panji nushantara - 16 April 2007

mungkin agak out of topic, tp ada tips irit buat beli barang2 di sgp (u/ apa beli barang murah tapi mahal di transport he3).
paling enak jalan2 di sgp pake MRT (=dibaca marti, ky kereta jabotabek tp jauuuuuh lebih nyaman dan lebih murah daripada taksi).sistem bayarnya pake kartu chip yang bisa di refill. di stasiun MRT changi juga dijual cardnya dan mesin refillnya.

pelajari aja peta rutenya di sini,

http://www.smrt.com.sg/trains/routemap/routemap.pdf

salam

38. Hendri K - 18 April 2007

Pak Indra,
(1) klo mo beli komputer server dan client dlm quantity banyak (20-30unit), sebaiknya dimana? sengaja nggak beli di Indon krn brg akan diperiksa hrs di Spore.
(2) lalu akan dikirim ke Indon, seminggu kemudian diharap sdh smp Jkt, rekom ke ekspedisi apa? udara or laut?
(3) gimana ttg bea cukai, pajak2 ? ada weblink yg jelasin?
Thanks.

39. indra - 20 April 2007

#35 - Adrian: Saya kurang tahu kalau barang second hand, kayaknya jarang diperjualbelikan disini. Mungkin bisa coba cari di pasar malam seperti di daerah Bugis.

#36 - Eko: Yang saya tau, Ipod Nano yang 4 GB itu sekitar $300.

#37 - Panji: Terima kasih informasinya. :)

#38 - Hendri:

(1) Coba cari di Sim Lim Square, disana biasanya relatif lebih murah. Tapi harus bisa bargaining.

(2) (3) Saya kurang tahu mengenai shipping dan pajaknya, mohon maaf.

Semoga membantu. :)

40. Alchemist - 21 April 2007

Pak Indra,
Saya mau tanya, apakah boleh kita membawa pulang (ke Indonesia) dvd film yang kita beli dari singapore?
Saya ada rencana membeli koleksi film BlueRay disana dengan jumlah yang banyak (tapi 1 judul cuma 1 keping). Apakah mungkin?
informasi yang bapak berikan sangat berguna untuk saya, terima kasih.

41. Adrian - 25 April 2007

di johor hp second gimana y pak, apa murah pak?

42. friska sitorus - 26 April 2007

selamat siang indra!saya ingin membeli barang bekas laptop apakh ada di indonesia tapi merek luar ?pakah produk luar bagus?dan bisakah saya meminta informasinya?thaks

43. lidwina - 18 May 2007

Siang mas,
saya mo minta saran nih…
Bln awal juni rencana mo ke sg…tujuan utama sih nyari kerja (sebelumnya pengalaman kerja 2,5 tahun di big4 audit firm indo). Step yang baik kira2 gmn yah? (apply landed PR ato gmn)? nah, sambil nyari2 kerja pengen les english n mandarin (untuk 1 bulan)… kira2 tempat yang ok untuk les di mana yah?( tentunya kualitas bagus n ga mahal)…
trus saya mo cari room nih…(yang bisa masuk awal juni), trus harganya kira2 berapa yah…

Thanks

44. HIZKIA YARDEN S - 23 May 2007

Salam kenal Pak indra

Mohon pencerahan nih, apakah di Spore ada toko online yang murah seperti di Ind (FASTNCHEAP.COM, Glodokshop.com, bhinneka.com, DLL) yang bisa mengirim barang ke Indonesia? (barang apa saja, komp, gadgets, lifestyle dll), kalau bisa alamat website-nya

Terima kasih Sebelumnya atas bantuannya

Rgds
HIZKIA YS

45. Lia - 27 May 2007

Dear Mas Indra,
Dimana ya mas kira2 saya bisa mendapatkan Dell Precision M-70 bekas berhubung type dell yang ini tidak ada lagi keluaran terbaru lagi…. Thank’s atas bantuannya…

46. enji - 12 July 2007

enji mu tanya dunk, kata tmn ku ada toko di spore (gtau di iBox-nya atau bukan) jadi sebelum jam 10am ipod nya di discount smpe 50%, itu bener ada gak sih? dan dimana? aku minta alamatnya atau paling gak ancer2nya..thx replay please

47. enji - 12 July 2007

oh ya kalo di changi duty free brarti aku gwsh jauh2 ke sim lim square untuk beli hp aja,apa tetep lebih murah disana?
satu lagi, untuk gadget SALE-nya KAPAN? apa barengan sama spore great sale? VERY THX A LOT

48. herdhyn - 13 August 2007

salam kenal pak Indra…

kalau mau beli sony PSP, camera digital di mana ya. Trus bagaimana tips dan triknya untuk mendapatkan barang yang murah di spore.
Kebetulan sekali di pertanyaan no 44 sdr Hiskia YS, kalau tidak salah Hiskia YS adalah teman kuliah saya di Yogya.
thanks

salam
herdhyn@yahoo.com

49. herdhyn - 13 August 2007

maaf pak Indra
boleh minta tolong alamat email sdr Hizkia Yarden S kalau ada.
tks

50. Nanda - 4 September 2007

Salam kenal Pak Indra,
Saya ada rencana mau ke Sing melalui batam untuk tanggal 29 Oktober sampai tanggal 31 Oktober untuk Honeymoon. Menurut Pak Indra, lebih baik saya jalan2 kemana ya? Mengingat waktu yang sangat mepet ini. Tks

51. Didik Kwok - 5 September 2007

Halo Mas Indra, bisa tolong diinfokan kira2 dimana tempat “kulakan” kamera digital second di Singapore ya? Tentu saja yg saya maksud yg hrg mirig. Saya butuh unit lumayan banyak. Dan kira2 gimana tips utk bawa ke Indo tnp bermasalah dg bea cukai bandara? Thanks tipsnya

52. kenan - 11 September 2007

halo mas indra ,kira2 kamera canon eos gitu di sim lim square harganya lebih murah dr pada di indonesia gk yah?

thanks mas indra

53. widi - 19 September 2007

Alhamdulillah bisa nyasar disini…jadi tau trik belanja di Sgp…
Pak Indra bisa tolong bantu saya (secara saya g tau kapan balik ke sgp lg), lg pengen mixer Signora, n menurut temen2 kalo beli di Harvey Norman bisa 1/2 dr harga di Indo. Bisa g ya dpt info lengkap harga2 RRP toko retail itu? Trus bisa titip ke Pak Indra g ^_^ (ngelunjak bgt deh), sebelumnya terima kasih sekali ya pak buat atensinya :)

54. angga novantara - 4 October 2007

hai mas indra salam kenal….dising ada toko pnline yg bisa kirim ke indo gak yah??

55. Dewi - 9 October 2007

Mas, Indra,

Saya ada rencana ke Singapore.. saya mau tanya, klo mo cari laptod dg kualitas bagus dimana ya? dan kira - kira berapa harga laptop yang paling murah? mohon di bantu ya. Thanks

56. Dewi - 9 October 2007

Mas Indra,
Saya rencananya mo ke Singapore bulan nov 2007 ini, kira - kira tempat yg bagus untuk beli laptop dimana ya ? kalau harag yang paling murah, berkisar berapa ya? mohon di bantu .. thanks

57. Dewi - 9 October 2007

Mas,
Satu lagi… kalau beli laptop di singapore terus masuk KL, itu gimana ya? apa kena tambahan tax? trus harga laptop di di Malaysia apakah lebih murah dibandingkan sinapore?

58. meka - 11 October 2007

thanks for information mr.indra
saya meka, saya skrg berada di singapore tepatnya di whampoa drive.jauhkah dari tempat saya ke sim lim square? kalau naik bus saya harus turun dimana? thanks..

59. Hok - 12 November 2007

Saya ingin tanya:
saya punya teman di singapore, saya titip teman saya beliin laptop.
Nah pertanyaannya adalah:
enaknya dikirim kesini via expedisi apa? dan apakah waktu ambil barangnya kena pajak?
Saya melakukan ini karena terpaksa :( .
Di Indo, Laptop 20 jut lebih aja gak ada yg pakai harddisk 7200 rpm dan VGA 8600 GT.

60. ray - 13 November 2007

Buat second hand di singapura tergantung mau beli apa
ada franchise cash converter http://www.cashconverters-asia.com/index.htm. Selain ini bisa cari di bagian classified di koran strait times buat toko barang-barang bekas.

Komputer bekas ada jual di sim-lim, di peninsula dekat funan, lantai ada 1 toko laptop bekas. (peninsula ada dua, yang paling dekat ama funan bukan yang ada burger king)

Kalau handphone bekas, banyak di toa payoh dan di ang mo kio central ( dua-duanya dekat statiun kereta api). Dan di toko-toko kecil lainnya.

61. erwin - 15 November 2007

mas / pak Minda , berhubung saya awam harga hp di singapura. mo tanya , beda jauh ga sih harga hp di singapura dengan di jakarta… k’lo beda berapa persen ya… takutnya setelah sampai di singapur eh malah cuma beda 500 ribuan….

62. panji nushantara - 29 November 2007

bener itu soal lucky plaza. barang disana lebih mahal, jangan beli disana. mending di tempat lain yang diusulkan pak indra.

63. edi - 1 December 2007

Pak Indra Yth. saya Bp. Edi Kios Halo Telkomsel, dpt undangan Gathering dari TELKOMSEL ke Singapur 5-7 Des 07. Ada rencana beli N95 8GB dan alat kominikasi HT/Rig. MOHON info toko/alamat yg murah pak. Ditunggu banget infonya. Trimakasih Banyak pak. Sukses..

64. AdityaWirawan - 5 December 2007

Kalo antara harga di Indonesia dan Malaysia (KL). Lebih murah KL, bedanya bisa lebih dari Rp 1 jtan (pernah ngalamin dan bandingin harga sendiri). Harga di Malaysia (imbi plaza dan lowyat) dapat di cek di link ini.

65. muhammad arifudin - 11 December 2007

Yth. Pak Indra yang baik hati,

Saya ditugasi perusahaan untuk beli PDA. sebelumnya saya sudah dapat 35 unit di jakarta. tapi berhubung keperluannya sekitar 60 unit-an kehabisan stok di ind. kira2 dimana yang jual PDA dg kuantitas banyak di s’pore? trus klo masuk indo apa kena pajak? semua PDA untuk dipakai perusahaan bukan dijual kembali. trims infonya pak indra saya secepatnya akan berangkat setelah ada info dari bapak. thx again.

66. hendry - 14 December 2007

mas, kalo mau cari laptop atau komputer second hand dengan kuantiti sekitar 10-20 unit di singapura dengan harga murah dan siap pakai dimana ya???

thx’s b4

67. Andry - 10 January 2008

Permisi numpang nanya pak, mengirim barang elektronik dari singapura ke indonesia dengan quantitiy 1 pcs apa kena pajak atau mengalami kesulitan masuk di bea cukainya?

Apakah kira2 kurir yang bagus karena barang elektronik sangat rentan rusak.

Termia kasih.

68. effendi - 13 January 2008

Yth Bpk Indra,,
saya mau tanya kalo di singapore tmpt menginap yg paling murah dimana ya??saya gak perlu yg bagus2,yg penting bs tidur aja..
kemudian, kalo di sim lim tower ada jual spare part car audio tidak??
dan apakah lebih murah dari tmpat lainny????
pertanyaan terakhir,kalo saya bawa spare part ke indonesia,apakah di airport jakarta hrs membayar pajak??

trima kasih sebelumnya Pak..

69. Rizqi - 25 January 2008

pak indara klo beli barang murah di malaysia dmn ya pak?
seperti ipod,digital camera,psp?

70. YouW - 13 February 2008

halo Pak Indra..
Di Singapore kl mo beli hp iphone di mana ya tempatnya yg bagus..n ga nipu…
soalnya yg mo beliin orgnya ga ngerti tentang hp takut ditipu :) )
Thx

71. Indra A. - 24 February 2008

Pak Indra, saya mau ke USA tepatnya ke New York..Saya dengar untuk barang2 IT (Kamera SLR and Laptop) murah2 dicompare dgn Indonesia..Apa safety belanja disana? sudah termasuk GST belum?! masuk ke Indonesia masih ditodong pajak lagi ga?! and the Last Question,batasan belanjaan yg bebas bea masuk Indonesia berapa banyak (Rupiah)?!
TQ Alot B4 Pak Indra

72. Alexander - 24 February 2008

Pak Indra, kalau belanja Elektronik di Bandara Changgi..sudah termasuk GST ya?! Terus kalau Pak Indra punya saran dan pandangan, saya mau beli Handycam and Kamera,kira2 tempat Shopping Elektronik yang murah dan aman dimana ya….?!
Thanks Pak Indra
TQ

73. Indra A. - 24 February 2008

Dear Pak Indra,

Pak Indra, Saya mau ke USA tepatnya di New York..so saya mohon bantuan dari Bapak untuk brikan beberapa pandangan ataupun advise sebagai berikut :
1. harga IT (kamera digital & laptop) sudah termasuk GSTnya blum pak??
2. Kalo masuk indonesia masih ditodong pajak tidak???
3. Ada batasan belanjanya untuk berapa Rupiah??

TQ

74. adi - 8 March 2008

Saya punya pengalaman “hunting” nikon D40 kit di sim lim square. semua toko rasanya sudah saya coba tawar paling murah pada saat itu (sekitar bulan january 2008 / desember 2007 kalau tidak salah) saya lupa dollarnya tapi jika dirupiahkan dengan kurs pada saat itu sekita Rp.5.2 juta (non-garansi) yang mana tidak begitu jauh dengan harga di JPC kemang sekitar Rp.5.5 (tapi garansi). tanpa di duga saya iseng tanya sebuah toko elektronik di harbour front ferry terminal (toko paling dekat dgn pintu keluar imigrasi) mereka jual dengan harga Rp.4.9 jt. yg mana lebih murah dari sim lim.tapi ternyata di batam saya tanya di top100 jodoh center D40 kit pada saat itu harganya Rp.4.5 juta (non garansi) dan belum ditawar.
jadi intinya lebih murah di batam daripada di singapura.

75. wensy - 7 April 2008

pak hendra,bisa minta tolong cari tau alamat/no telpon toko yang jual spearpart camera digital/handycam di singapura.kalo bisa untuk semua merk camera.
terimah kasih

n/b:nanti ada feenya koq……..

76. seagate - 19 April 2008

klo beli barang murah di malaysia dmn ya pak?
seperti lapto, hp, ipod,digital camera,psp?

77. Martin - 24 April 2008

Kang Indra kamana ya…udah setahun euy,,

78. indra - 11 May 2008

di KL yg plg “murah” di bukit bintang lebih murah drpd sim lim apalg mangga2

79. dian - 15 August 2008

kalo beli barang murah di Singapura seperti hp, camera digital bagusnya dimana?
gimana dengan harganya?? apa lebih murah daripada di Indonesia??

80. audi - 15 August 2008

klo mo dpet brang murah di singapore, terutema psp tempt nya d mana?

81. Agung - 26 August 2008

salam kenal Mas Indra,
saya mau tanya,
maaf sebelumnya kalau menyimpang dari topik.
saya akhir tahun ini mau ke Singapura.
saya mau tanya,kalau di Singapura apa ada tempat jual buku2 bekas seperti Kwitang di Jakarta??
soalnya saya lagi butuh buku2 untuk kuliah.
kalo college textbook baru kan mahal di kinokuniya.
jadi kalo ada saya mao beli used book nya saja.
mohon bantuannya ya Mas.
terima kasih..!!

82. Novi - 12 September 2008

pak indra,saya mau tanya yg disc ipod sblum jam10 pagi apa itu benar? dan dmana lokasinya? apa ada syarat2 tertentu?
dan untuk d KL apa lebih murah dengan jaminan garansi yg jelas?
terimakasih sebelumnya.

83. Scannerfm77 - 13 September 2008

Kalau beli iPhone dimana ya?
Second juga tidak apa-apa.

84. yarahasa - 25 October 2008

trimakasih pak in….atas infonya
kebetulan pas saya baca saya sedang di johor masu ke Singapura..
pak kalau bisa…info yang lain tentang singapura…tks

85. jimmy - 15 November 2008

mau tanya tempat belanja di singapura yg murah dimana?? hotel yg murah dan dekat bandara di kualalumpur dimana??? kalau dari kualalumpur ke genting ( hotel arwana ) naik apa? apa bisa langsung nyampe hotelnya???? kalau harus naik cable car apa dipernolehkan bawa tas/koper brg??? airport tax di kualumpur berapa ya?
tx.

86. Maap - 14 February 2009

Mohon maaf semua.. Pak indranya ngga ada..

87. lite - 26 March 2009

aduh…kasian deh lu, lu pade…. nanya2 melulu ama pak indra, udah tau dianya kagak pernah jawab-jawab, masih juga nanya2, cape deh……

88. Tiara Putri - 7 March 2010

I love this blog.. informatif bgt. :)

89. Annisa - 20 April 2010

Hi,

butuh barang2 dari singapura gak?
saya bersedia menjadi kurir pembawa barang2 anda.

Tinggal bilang barangnya apa harganya berapa, dan kalau bisa belinya dimana.
Bayar stengahnya dan selanjutnya saya bawakan ke Indonesia paling lama dalam waktu 5 hari.

Wassalam,
Annisa (annisa.tarub@gmail.com)

90. delbert - 24 November 2010

mau nanya kalo di singapore tmpt yg cocok buat beli iphone 4 atau htc gtu bagusan di toko mana ya? harganya murah tapi asli jg barangnya..

rncana sih taon dpn pgn ksana. dr skg lg nabung dlu buat bli gadget dsana.. btw dr baca comment2 diatas.. lbih bagus bli di changi airport ato di singaporenya lgsng ya?

91. Ardan - 18 January 2011

mau tanya,apa bnr kalau beli gadget gooood price disingpore itu lokasinya daerah geylang ? Ex: hampir 80% pedagang BB di indo belinya di geylang.tp disaat sy tanya lokasinya di jawab “sorry man,this business” hahahaaa
thx

92. sarah - 1 April 2011

klo produk fashion singapore gimana?
di info donk….
thx

93. baduy - 3 April 2011

thx banget gan,, manfaat skalinih,, minggu depan ke TKP

94. dzikra - 19 April 2011

jangan belanja di lucky plaza. saya cari bag. di lt2, ada toko bag, yang ketika keponakan saya 10thn, pegang aja, penjaga tokonya marah2. karena harganya jauh banget dari yang di lt bawah, saya sempat bingung. apa kualitasnya beda. begitu kita pergi, penjaganya teriak teriak, kamu orang indonesia ya. orang indonesia ga mampu beli tas kualitas bagus. tempat belanja kamu tuh di mustafa centre. mana mampu beli disini! dia menggunakan bahasa campuran melayu dan english. saya dan keponakan, rame2, cuma bisa bengong dan ga percaya, sampe saya ngomong sama ponakan yang besar, untuk mencatat nama tokonya, kita ekspose di internet, biar tu toko kena blacklist, saking sakit hatinya dengan kata kata orang itu. kalau dia singgung pribadi saya ga masalah. tapi begitu menyinggung nama bangsa, pengen rasanya saya datangin dan meninju mukanya.

95. Nada - 15 May 2011

Kak apa harga laptop di singapura lbh murah di banding di indonesia bisa kasi tau aku nda harga laptop di singapura termasuk toshiba,apple dll dlm hitungan rupiah trm ksh

96. Zul - 26 June 2011

pak indra, saya berencana membeli kamera DSLR di Singapura sebanyak 1 unit untuk dipakai sendiri. saya mau tanya apakah nanti pas mau saya bawa pulang ke Indonesia di bandara changi saya akan kena pajak atas kamera tersebut atau tidak? di bandara soekarno hatta kena pajak juga atau tidak? kalau iya berapa biayanya? terima kasih pak indra.

97. gagak belang - 15 July 2011

aaaahhhh ,,, banyak comment tapi cuma repost doank isinya…. aseeeem !

98. ando - 11 October 2011

permisi, mau nanya…
kalo misalnya kita beli ipod yg harganya sekitar S$400, di bandara singapur ato indonesianya kena pajak ga?
kalo kena berapa ya kira kira?
makasih

99. juli - 23 November 2011

Pak Indra , di Singapore di daerah mana yg dapat kita beli Sound System Secound yg kwalitas tinggi / bagus & harga yg murah , penjualnya yg jujur sampaikan keadaan barang yg akan kita beli , Thank’s atas informasinya .

100. Arief - 7 February 2012

thx berat atas info yang berguna ini rencana berangkat minggu depan bro..

101. maria - 6 June 2012

harga iPhone 4gs 32 gb di singapura itu berapa ya? tolong dijawab ya :) makasi :)

102. dyan - 1 October 2012

dimana refund GST kalo kita lewat batam pulangnya pak,slama ini saya refund GST diChangi,mhn infonya,,

103. donny setiawan - 10 October 2012

pengen belajar susah bgt

104. GLENN LENgKEI - 31 October 2012

kalau mau yg resmi dan bergaransi beli di retail yg ada PTE LTD nya saya br plg dr singapore 3 hari yang lalau tapi bebberapa barang disita di banud soeta hati2 membeli barang tanya dulu di pabean barang apa yg boleh masuk ke indonesia

105. samiadji - 1 January 2013

Benar jangan beli elektronik di lucky plaza .karena saya baru saja ditipu toko D2 technology PTE LTD, saya beli BB curve untuk anak saya setelah harga deal ,segel dilepas dan saya ditawari garansi international. Saya setuju saja,tampa memberi tahu akan dikenakan biaya tambahan untuk garansi international, dan pada akhirnya saya dikenakan biaya sebesar S$ 200. Hati2 belanja di lucky plaza.

106. Antony - 27 January 2013

Pak Indra, ada informasi ato kenalan yang sering bolak balik jakarta-Singapura / Jakarta-Malaysia? …. tolong kalau ada infonya. Thx.

107. Budi - 11 April 2013

Selamat siang pak Indra n salam kenal.
Semalam sy jg barusan nyampe rumah dari Singapore. Perjalanan sy hanya 2 hari dalam rangka dinas kantor, cek barang proyek saya di Jurong Engineering. Saya stay di King’s Hotel Havelock Road. Sebelum check out sy sempatkan hunting di Orchad Road namun yg sy dapatkan price barang2 di Singapore hampir sm dengan di Indonesia. Cuman yg cukup mahal adalah rokok as a Malboro Light SGD 12 atawa setara Rp. 90 ribu n taxi first open door SGD 2,2 setara 32 ribu rupiah. I sugest ifyou go around the city better use MRT. Cukup sekian thx.

108. johny - 12 June 2013

Pak indra mau tanya, d sgp tmpt jual audio hi-end bekas di mana ya? Trima kasih

109. kiki - 16 September 2013

pak,aku mau tanya klu beli produk apple yg second di singapore di mana,yah ?
thanks,

110. Tips Belanja | Belanja Murah di Singapore - WisataAsia.com - 28 October 2013

[…] http://ip.sg.or.id/2006/12/15/tips-membeli-barang-elektronik-dan-it-di-singapura/ […]