jump to navigation

Lagu-lagu Indonesia di Singapura/Malaysia 11 May 2006

Posted by indra in : Opini, Obrolan Santai , trackback

Lagunya Ratu yang berjudul “Teman Tapi Mesra” adalah lagu yang sudah cukup lama, kalau ngga salah tahun lalu (2005) popular di Indonesia. Pada waktu itu, lagu ini belum terlalu populer di Singapura sini. Saya ingat pertama kali kenal Pak JaF, tetangga yang juga sama-sama tinggal di Singapura, adalah pada waktu saya membaca artikel mengenai lagu ini di blog-nya. Saya inget waktu itu sampai ketawa ngakak membaca artikel tersebut, saking lucunya.

Waktu itu saya ngasih komentar buat ngajak kenalan beliau sekaligus bilang, untung anak-anak saya (pada waktu) itu tidak ada yang hapal sama lagu itu, karena lagu itu (pada waktu itu) tidak populer disini. Eh, ternyata saya kecepetan ngomong. :P

Sejak sekitar dua bulan yang lalu, ternyata lagu ini mulai populer di kalangan masyarakat Melayu di Malaysia dan tentu saja, di Singapura sini. Lagu tersebut telah bertengger lebih dari 9 minggu di chart MTV Jus Top-5. Di Singapura sini, lagu ini sering diputar oleh Ria 89.7 FM, dan radio ini adalah radio favorit pembantu saya di rumah, sekaligus juga radio favorit sopir bus sekolah anak saya.

Akibatnya, mudah ditebak. Anak saya yang laki-laki, Irza, jadi sering terekspos dan sering mendengar lagu ini, dan pada akhirnya menyukai lagu ini. :)

Saya tidak bisa menyalahkan anak saya untuk menyukai lagu ini. Lagu ini iramanya enak didengar, suara si penyanyi-nya (kalau ngga salah namanya Wulan? atau Mulan?) lumayan merdu, musiknya juga enak didengar. Sampai salah satu teman kantor saya yang asli orang Melayu Singapura minta bantuan saya untuk mencarikan MP3-nya biar dia bisa pakai untuk jadi ringtone handphone-nya dia. :)

Untungnya, anak saya masih berusia 4.5 tahun, jadi yah dia tidak begitu mengerti dengan maksud lirik yang dinyanyikan. Walaupun dia minta lagu ini dimasukkan kompilasi CD yang saya buatkan untuk dia, saya yakin dia memang suka dengan musiknya, dan bukan dengan liriknya. :) Irza memang dari kecil suka dengan lagu-lagu yang berirama cepat dan riang, dan tidak pernah suka dengan lagu-lagu yang slow dan mellow. Dan apresiasi dia terhadap musik jauh lebih tinggi dibandingkan kakaknya, Inka yang sekarang sudah berusia lebih dari 6 tahun.

Bagaimanapun, saya melihat bahwa dalam beberapa bulan terakhir ini, lagu-lagu dari Indonesia mulai merajai radio-radio Melayu di Singapura dan di Malaysia. Kalau dulu, persentase antara lagu Melayu (Malaysia/Singapura) dengan lagu Indonesia yang diputar adalah 70:30, sekarang sudah hampir 50:50, bahkan mungkin 40:60. Lagu-lagu yang sering diputar dan populer disini kebanyakan adalah lagu-lagu dari group musik dan bukan individual. Sebagai contoh: Ratu, Radja, Peter Pan, Ungu dan Dewa.

Mengapa lagu-lagu Indonesia bisa menyaingi lagu-lagu Melayu yang harusnya bisa lebih merajai pasar disini? Saya melihat kreativitas dari musisi-musisi Indonesia yang menjadi kunci sukses lagu-lagu Indonesia bisa berjaya disini. Kreativitas ini menjadikan lagu baru yang ditampilkan akan selalu berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya. Bandingkan dengan lagu-lagu Melayu hasil karya artis Malaysia atau Singapura, yang kayaknya lagunya gitu-gitu aja dari dulu. Tidak ada improvisasi, kreativitas dibandingkan lagu-lagu sebelumnya.

Saya hanya bisa bilang ke artis-artis Indonesia yang bisa menembus pasar Malaysia dan Singapura: keep up the good work! Sebagai orang Indonesia, tentu saya bangga kalau lagu-lagu Indonesia bisa digemari oleh teman-teman saya yang orang Singapura. Walaupun lagu-nya berjudul “Teman Tapi Mesra”… :)

Comments»

1. JaF - 12 May 2006

Hehehe.. betul sekali pak.. Kata seorang teman, Indonesia itu udah kayak Hollywoodnya Asia Tenggara. Menurut beberapa teman, musik Indonesia lebih progresif. Nggak monoton..

Soal “Teman Tapi Mesra”, seorang penyiar Ria sampai kaget ketika saya cerita ‘makna’ lagu itu. Soalnya mesra dalam konteks bahasa melayu kan cenderung positif.. hehehe

2. Coni - 12 May 2006

teman tapi mesra……positif yak :) ditakol geura ku kampak :)

3. dian - 13 May 2006

sampe siti nurhaliza pun nyanyi lagu itu. pdhl biasa aja ya lagunya hehehe

4. indra - 13 May 2006

Pak JaF: Setuju, musik Indonesia tidak monoton, selalu ada yang baru. BTW, iya “mesra” kalau dalam konteks bahasa Melayu artinya “ramah”. :)

Teh Coni: Positiiiiif!! *kabur heula ah sieun ditakol ku Teh Coni* heuheuheu…

Dian: Wah saya malah baru tau kalau Siti Nurhaliza pun sempat nyanyi lagu itu… :)

5. didats - 16 May 2006

hehehe………
disini banyak digugat loh lagu itu… :) )

tapi memang beat nya enak kok

6. indra - 16 May 2006

didats: Digugat sama siapa? :)

7. arief - 20 May 2006

Vokalisnya Ratu kyknya Mulan ya …

Musik Indonesia, bener kata temen2 JaF, tidak monoton dan progresif.
Saya kebetulan ketemu penyanyi Singapura, Susanti Arshad - runner up Anugerah 1999, dia bilang: saya kagum dengan orang Indonesia, produksi musiknya cepat sekali, kualitas musik bagus, dan yg terpenting, org2 Indonesia mencintai musik negerinya sendiri. Beda dengan org Singapura yg lebih suka musik luar.

Satu lagi lagu Indonesia yg populer di Singapura: BENGAWAN SOLO…
Karena saya native, temen-temen kantor nyuruh saya mengaransemen lagu itu untuk acara Dinner and Dance di kantor. Jadilah Bengawan Solo versi jazz … hehehe …

Hidup musik Indonesia !!

8. indra - 22 May 2006

#7: Hidup musik Indonesia! Hehehe :)

BTW, beneran saya tidak tau kalau lagu Bengawan Solo itu populer di Singapura. Kayaknya belum pernah denger lagu itu diputer di radio sini.

Mau dong dengerin aransemen versi jazz-nya Mas Arief. :D

9. agis - 24 May 2006

Bengawan Solo
Begawan solo bukan popular malah udah menjadi sala satu lagu denagn Nota musik bersama liriknya dalam buku teks pelajaran Musik sekloah SD kelas 4.

10. indra - 24 May 2006

#9: Terima kasih info-nya. :)

11. Alexs - 5 June 2006

Hi…salam kenal .
Lumayan ya buat ngademin citra indonesia yg agak negatif di luar…ternyata ada karya anak negri yg sangat diminati di negri orang…mudah2an banyak lagi anak negri yg bisa berkiprah dinegri tetangga dan internasional…..HIDUP INDONESIA,
…Ngomong2 klo lagunya RATU yang Lelaki Buaya Darat ( LBD) klo di bahasa melayu apa jadinya ya……..

12. indra - 6 June 2006

#11 - Alexs: Kalo ngga salah, “Buaya Darat” artinya sama kalau diartikan di Melayu. Tapi kurang tahu pasti juga sih. :)

13. alex - 9 June 2006

oo..gitu ya, Sekarang di jakarta lg ngetop band baru yg namanya samsons.mgkin di singapure dah sampai blm? Pendapat musisi tempatan bgaimana reaksi mrkatas banyaknya lagu indonesia yg membanjiri pasaran singapura apakah ada sintimen negative? krn sy baca di malysia musisi tempatan byk yg merasa dianaktirikan oleh promotor2 tmpatan krn mrk lebih memeilih artis kita dari pada artis mrk sendiri…..Btw selain ratu siapa aj band kita yg disuka. thanks

14. indra - 11 June 2006

#13 - alex: Saya juga suka lagunya Samsons yang berjudul “Kenangan Terindah” *ehem* sayang lagunya belum ngetop di Singapura. Biasanya butuh waktu 6-12 bulan sebelum lagu Indonesia ngetop di Singapura/Malaysia.

Betul sekali, banyak sentimen negatif dari musisi Malaysia mengenai ngetop-nya lagu2 Indonesia di Malaysia sana. Kalau di Singapura, para artisnya bisa menerima dan melihat ini sebagai suatu “tantangan” bagi mereka untuk berprestasi lebih baik lagi.

15. indra - 11 June 2006

yupz….gua setuju banget ama om indra yang namanya sama dengan gue juga hehe
btw emang ga salah kata bokap gua, dia pernah bilang klo indonesia tuh negara yang ekspresif so pantes dunk klo sekarang indonesia menikmati kejayaan dengan majunya entertainmentnya mulai dari musik,sinetron,film maupun yang laen,,,,,,,,gue dulu pernah ke malaysia, and loe semua tau nggak disana tuh film kita negara indonesia banyak yang diputer, bangga nggak sech! gue dukung banget dengan filmaker2 indonesia yang gak habis2nya buat film2 remaja populer coz di malaysia tuh remaja nya ga ada yang se kreatif dan se gokil remaja indonesia yang berani pake baju terbuka ato yang laen dan di musik pun banyak diputer di radio dan tv malaysia

16. indra - 11 June 2006

menurut gue di indonesia sekarang nggak hanya samsons doank banyak lagi kan band dan penyanyi laen yang berbakat seperrti letto, nidji, de el el dan sekarang pun di malaysia lagi musimnya album ungu dan radja serta dewa 19 yang baru trus cokelat juga nyusul di belakang. dan kemaren saat pesta malam indonesia di stadium merdeka kl yang dimeriahkan oleh 10 artis indonesia seperti dewa 19,gigi,cokelat,ratu,ungu,ada band,padi,rossa,audy & ari lasso pun bikin heboh malaysia. u know all??? bukan hanya konsernya yang heboh ditonton ribuan orang tapi melainkan juga penyanyi2 malaysia yang nggak terima ngliat negaranya diserbu musisi negeri seberang that’s negeri kita tercinta indonesia hehehe coz mereka merasa di anaktirikan. klo menurut gue sech itu biasa2 ja coz musisi malaysia sendiri kan nggak bisa ngambil hati publiknya sendiri so ya gitu dech…apalagi sinetron indonesia yang tayang di malaysia seperti ku tlah jatuh cinta dan dia………….uhhhhh keren banget. indonesia gitu loh^_^

17. tisa - 11 June 2006

Kata teman saya, Samsons 2 beberapa inggu yg lalu sempet manggung di Singapore. Tapi saya sendiri yg di Singapore juga tak tau..hehehe.. =P

Btw, salam kenal.

18. indra - 13 June 2006

#15 #16 - indra: Terima kasih atas tambahan informasinya.

#17 - tisa: Saya juga ndak tau tuh. :) BTW, salam kenal juga. :)

19. denizz x nathan - 21 June 2006

baruk gitu nyyyaaa…

weleh weleh…saya baru tahu kalo indon teh hebat di negeri org..

tapi da betekul pisan…saya kemaren ada konser artis malaya n

singapura di batam…meni pikarunyaeun…hidup lah indopnesia..

20. vie - 22 June 2006

Ia neh,,,klo mnurut gw artist2Na malaysia g mesti ngerasa kek gtu donk,sportif dikit napa kek artist2 yang d singapur gtu.
Dulu kan ada masanya lagu2 malaysia merajai pasar lagu di Indonesia,,tapi orang indonesia nyante2 aja tuh,,,emang lagu2 dan artist2 Indonesia tuh kreatif2 mo gmn lagi??? jadi wajar ja kalee klo karya2 artist2 Indonesia lebih bisa di terima…
Siti Nurhaliza ja make Erwin gutawa buat konser internasionalnya,,malah sering juga buat videoclip make nsutradara Indonesia,,,gmn tuh??? jd jangan ngerasa gtu donk,,,kitakan satu rumpun,jadi udah semestinya kita saling membantu,,,
Peace, Love, Unity and Respect!!! PLUR katanya anak2 Slank

21. indra - 22 June 2006

#19, #20: setuju! :)

22. Dito - 18 July 2006

joint 2 friendster SamSonS ke-11:
samsons_satu@yahoo.co.id

milis SamSonS :
http://groups.yahoo.com/group/samsons_ku

website ;
www.samsoniaku.com

thanks

SAMSONEWS

23. Dito - 18 July 2006

SamSonS bakal ke KL- Malaysia untuk launching album Naluri Lelaki di KL, tgl 24 Juli 2006 …

thanks

24. indra - 18 July 2006

#22 #23: Terima kasih atas tambahan informasinya.

25. @rIs - 13 September 2006

SaMsons “” Bagus … kalo Di kaset ,, Tapi Live Permormance Juga Bagus Cuma SayaNg Kayanya Bams Perlu Istirahat DuLu,,, Gw PunYa SolUsi Supaya Samsons Lebih Baik Lagi ,,, Gw Sanggup Jadi Additional Vocalnya Samsons Ko,,, Budjet ??? Bisa Diatur ,, Gw ProFesional …

Plizz Contact Me at :
My E-mail , Hp , Or fax

26. herman - 19 October 2006

halo salam kenal juganya . gua

27. dewi - 15 December 2006

gue mau dong kirimin lagunya ungu dari albm lana sampe album terbarunya… lam kenal..: )

28. sandra - 11 January 2007

hay lam knal smuanya….
aq jg mau donx dikirimin lagunya ungu

29. naya - 3 February 2007

emang lagu Indonesia gak ada matinya
hebat pisan euy!!

30. naya - 3 February 2007

eh ngomong-ngomong salam kenal untuk aa Indra

31. Masdilla - 14 February 2007

hi,,,,salam kenal semuanya……???
Saya sangat bangga dengan lagu2 Indonesia yang bisa merajai industri musik malaysia dan singapura.
Emang sich lagu-lagu Indonesia akhir-akhir ini emang ngetop abizzzz, liat aja contohnya Radja, Peter pan, Ungu, Samsons dll. Bukan itu aja penyanyi solo sepertinya gk mau ketinggalan Bunga Citra Lestari (Cinta Pertama Sunny) Astrid (Jadikan Aku yang Kedua) Rossa (Aku Bukanlah Untukmu) dll lagi ngetop2nya skrg.
Saya berharap Industri musik Indonesia bisa menembus pasar eropa dan amerika bahkan kalau bisa merajai tangga2 lagu disana? Gk ada yang gk mungkin didunia ini asal berusaha serta diiringi dengan do’a.
Menurut saya musik indonesia gk kalah bagus dengan musik luar terutama Barat tapi cuma pemasarannya yang kurang sehingga selalu kalah dari musik luar dari segi penjualan.
Saya cinta lagu Indonesia, saya menghargai hasil karya anak bangsa.
Maju terus musik Indonesia, semangatmu takkan pernah padam semagat ‘45.
Bravo Musik Indonesia…………………..!!!

32. Masdilla - 14 February 2007

Hi…..Naya orang sunda ya?
dimana nich sundanya?
lam nal ya?

33. satria - 19 February 2007

hai salam kenal
aku ahmad satria

untuk para comment yg cool
semua commment kalian itu bisa dibilang
melambangkan persatuan pemuda dalam musik

he……

34. nit not - 4 April 2007

Horeee..hidup Indonesia
I love Indonesia dan bangga sebagai Indonesian
Yah memang kebanyakan yang terkenal dari Indonesia di Malaysia adalah musiknya dan filmnya.
Saya punya kenalan orang Malaysia, but dia bilang dia tak suka orang Indonesia cuz katanya sering melakukan kriminal di negaranya, buat gaduh dan sering melakukan pendatang illegal. Yah pokoknya gitulah, kalau diceritain terlalu panjang kali.
But dia kata dia suka musik dan film from Indonesia.

So majulah Indonesia, baik musiknya, filmya, dan lain-lainnya….

Ok salam to all ya..

35. agustina - 23 May 2007

Pokoknya Indonesia ngga usah diragukan lagi
kerena emang bener band band indonesia memiliki banyak imajenasi sehingga dapat menghasilkan lagu-lagu yang keren

36. miftah - 27 June 2007

Urusan film, apalagi musik, malaysia and singapore emang gak level. hari gini masih ngandalin musik cengeng n kampungan? kemana aja kreativitasnya musisi malaysia and s’pore sih? kayaknya mereka emang sepuluh taun ketinggalan dibanding INA, asli..!!

37. ANDI - 4 July 2007

HIDUP INDONESIA GANYANG MALAYSIA DAN SINGAPORE YANG KAMPUNGAN…

38. Inung - 7 July 2007

Saya sangat bangga dengan hasil karya music anak bangsa,dari semua jenis music saya sangat suka,blom lg musik2 dari berbagai daerah yg ga kalah bagusnya. Teruslah berkarya para musisiku yg hebat!!!!

39. NAS - 9 July 2007

MERDEKA!!!!!!

40. m-nure_cikoko js - 22 July 2007

waktu dengerin radio TMI[alm] saya dengar slank ngomong begini ” musik malaysia tu gak ada yg bagusss” [1996]. sekarang terbukti insan2 malay tu sependapat ma yang diatas tadi. saya suka baca blog2nya malay, bahawa mereka sendiri lebih suka muzik seberang//indonesia. tapi yang aneh kakiseni malay, ramai2 ingin menjegal musisi indonesia. harusnya mereka itukan tingkatkan prestasi bukan seperti katak dalam tempurung ye tak? setelah baca2 yg begini saya justru bangga dengan keindonesian saya lho?.

HIDUP INDONESIA RAYA !!!!!

41. dan - 24 July 2007

jika indonesia raya dibuat untuk memperssatukan rakyat, suku dan rakyat indonesia
maka lagu-lagu indonesia dibuat untuk mempersatukan indonesia, singapura, dan malayssia.
tidak di rdaio, tidak di bis, bahkan dio mobil pribadi lagu2 indonesia terdengar
ada peterpan, letto dan samsons
bakan di monorail di malay ada TV yang terkdng nampilin RATU dan DEWA 19
chayooo musik indonesia

42. thia - 25 July 2007

Otai rock kecewa artis tempatan dianaktirikan
Oleh Serimah Mohd Sallehuddin

Amy Search, Hattan harap persatuan, pihak berkuasa, radio kawal kemasukan artis Indonesia, Barat

INDUSTRI hiburan tanah air akan berada di ambang bahaya jika kita terus memberikan laluan mudah kepada produk dari Indonesia memasuki negara kita.

PeterPan, Slank, Ungu, Yuni Shara, Krisdayanti, Acha Septriasa, Irwan Syah, Letto antara barisan artis Indonesia yang baru berkunjung ke negara kita. Ramai lagi artis Indonesia yang bakal menyusul dan ada yang sudah mempunyai benteng yang kukuh kerana sikap kita yang terlalu terbuka.

Silap sebenarnya adalah kita juga kerana membuka tangan seluas-luasnya menyambut kedatangan artis Indonesia ke sini. Tetapi apabila artis kita ke sana adakah kita dilayan seperti mereka? Adakah lagu milik penyanyi tempatan berputar di corong radio mereka selang beberapa saat seperti stesen radio kita?

Keadaan itu cukup membimbangkan. Karya mereka kita angkat sementara karya artis kita dipinggirkan begitu saja dengan alasan kualiti kita tidak setanding mereka. Yang untungnya mereka tetapi yang ruginya kita sendiri kerana wang kita akan mengalir kepada mereka dengan pembayaran royalti, bayaran persembahan dan sebagainya.

Siapakah sebenarnya yang harus dipersalahkan di dalam hal ini adakah syarikat korporat kerana tidak memberi peluang kepada artis tempatan, persatuan industri muzik, artis atau media? Bila perkara ini akan berakhir memang sukar untuk diramalkan.

Ibarat kata Hattan, kera di hutan disusukan, anak di rumah mati kelaparan. Hip menemui dua nama besar dalam dunia nyanyian, Amy Search dan Hattan di kediaman vokalis kumpulan Search itu. Kedua-duanya begitu senang memberikan kerjasama tetapi mereka bersuara bukan kerana benci mahupun cemburu dengan kehadiran artis Indonesia.

“Kami bukan benci atau cemburu. Kami bukan menentang kehadiran mereka tetapi kami kecewa kerana persatuan seperti tidak mahu ambil tahu. Persatuan perlu peka dengan keadaan industri muzik kita, mereka tidak baca ke apa yang berlaku sekarang? Bukankah objektif utama sesebuah persatuan itu untuk melindungi artis.

“Jangan jadi ahli jawatankuasa di dalam persatuan dengan tujuan untuk menjadi ahli politik. Mereka sepatutnya perjuangkan perkara yang berlaku kepada industri,” kata Hattan yang kecewa kerana persatuan yang ada seakan tidak peka dengan keadaan dunia seni yang semakin meruncing.

Selain itu kata mereka, kementerian yang berkenaan juga harus peka dengan mengehadkan kemasukan artis dari luar negara untuk masuk ke negara kita dengan mudah. Kekerapan kemasukan artis seberang ke negara kita kata Hattan dan Amy tidak memberi keuntungan kepada ekonomi negara sebaliknya ia hanya akan menguntungkan pihak lain.

Keadaan yang semakin meruncing itu kata mereka boleh dilihat menerusi pengagihan royalti Badan Perlindungan Hak Cipta Penulis Muzik Malaysia (MACP) berjumlah RM20 juta yang turut diagihkan kepada pengkarya dari negara jiran itu. Jumlah yang diagihkan kepada penulis dan pencipta lagu dari Indonesia juga difahamkan lebih besar daripada pengkarya kita sendiri.

“Kami bukan cemburu dengan artis Indonesia kerana Search pernah mencatat kejayaan di sana. Kita ok kerana kita ada pengikut setia, yang kami kasihankan adalah bakat baru. Mereka tidak akan ke mana kalau setakat menyanyi untuk mempromosikan produk tertentu.

“Benda itu tidak akan bawa mereka ke mana. Memang mereka dibayar selepas nyanyi dua tiga lagu tetapi kepuasannya tidak ada, mereka hanya membantu mempromosikan produk saja. Senario pasaran sekarang cukup teruk, dulu banyak juga artis luar datang tetapi artis tempatan tidak dipinggirkan.

“Setiap kali kalau kita lancarkan album baru saja mesti ada promosi di banyak tempat tetapi bakat baru sekarang tidak berpeluang merasa semua ini. Kasihan dengan mereka, kalau setakat nyanyi dua atau tiga lagu sampai bila pun mereka tidak akan berkembang,” kata Amy meluahkan rasa simpatinya kepada pendatang baru.

Lebih mengecewakan biarpun ada konsert membabitkan artis Indonesia ia tidak begitu mendapat sambutan seperti konsert Agnes Monica tetapi penganjur masih membawa mereka masuk ke negara kita sekalipun keuntungannya tidak berbaloi. Malah jika bergandingan dengan artis tempatan menjayakan sesebuah majlis mereka dibayar dengan harga yang lumayan dan angka itu ternyata jauh bezanya dengan artis kita sendiri.

“Sudah berapa lama artis kita tidak buat konsert besar? Saya pernah menjayakan sebuah majlis dengan sebuah kumpulan Indonesia. Apabila hos tanya mahu lihat kumpulan itu buat persembahan mereka kata tidak mahu. Sebenarnya masih ada lagi peminat yang rindukan artis kita tetapi syarikat korporat tidak berminat.

“Saya tidak pertikaikan kedatangan mereka, mereka datang sebab dibayar. Tapi kami juga memerlukan sokongan daripada syarikat korporat. Kalau kami tidak mendapat sokongan syarikat korporat macam mana kami hendak pergi jauh,” kata Hattan.

Selain syarikat korporat dan persatuan yang tidak peka dengan masalah ini, stesen radio juga bertanggungjawab dan perlu mengambil serius hal ini kata Hattan dan Amy. Kata mereka, jika stesen radio tidak memutarkan lagu milik artis Indonesia, peminat tidak akan taksub.

Justeru, mereka tidak bersetuju dengan alasan stesen radio yang memutarkan lagu Indonesia kerana permintaan pendengar. Jika stesen radio tidak mendedahkan kepada peminat lagu dari seberang, mereka tidak tahu dan pastinya tidak akan meminta. Lebih kesal lagi, stesen radio juga berlumba-lumba menerbitkan program carta lagu Indonesia.

Stesen radio yang terbabit pula adalah stesen radio gergasi yang mempunyai pengaruh yang kuat terhadap pendengar. Sepatutnya kata mereka, stesen radio harus memantau lagu yang diputarkan di stesen mereka seperti yang dilakukan stesen radio milik Radio Televisyen Malaysia (RTM).

“Stesen radio sepatutnya kena ada garis panduan macam yang dilakukan oleh RTM. Mereka ada peratus kekerapan lagu Indonesia yang boleh dimainkan, bukan seperti stesen lain yang berlumba-lumba memainkan lagu Indonesia setiap berapa saat.

“Alasan mereka kerana permintaan peminat, tapi kalau mereka yang tidak perkenalkan kepada pendengar adakah mereka akan tahu atau kenal dengan lagu Indonesia?” kata mereka lagi.

Sikap peminat yang sering menyamakan produk tempatan yang dikatakan meniru produk Indonesia juga salah satu punca yang akan menjatuhkan industri muzik kita. Keadaan itu hanya akan menyekat kreativiti pengkarya kita daripada terus berkarya apabila kerap dimainkan. Walhal muzik yang dimainkan Indonesia adalah muzik global yang sudah terlebih dulu dimainkan oleh artis Barat.

Malah kata Hattan, jika melihat lagu daripada kumpulan Padi contohnya adalah genre yang dipopularkan kumpulan U2. Jadi janganlah kita terlalu mengagungkan artis Indonesia.

NB:
Artist malaysia sungguh nggak dewasa menerima persaingan. merasa kalah, tapi nggak mau berjuang. bilangnya nggak iri, tapi mau menjagal musik indonesia. Pinginnya selalu dielu-elukan tapi nggak mau menghasilkan kualitas yang baik. Aku pikir kalau kualitas mereka baik, mau musik darimana saja masuk bakal nggak ada efeknya. coba lihat musik kita, terserah deh musik apa aza masuk, tapi kita tetap bisa jadi tuan rumah dinegara sendiri. Mulailah bangga akan Indonesia-mu sendiri.

43. m-nure_cikoko js - 28 July 2007

KC Ismail: Muzik Indonesia lebih progresif dari muzik Malaysia
by fairy (25-Mar-2002)

Kenapa muzik Indonesia? What about muzik Malaysia?
“Lagu-lagu dari Indonesia best, fresh, tidak seperti majoriti lagu-lagu kita di sini, lembik, kurang variasi!”
Begitulah pandangan KC yang kebetulan juga seorang Baladewa (fans Dewa) setia……dst// kc ismail: DJ radio red m’sia.

“Bayangkan, penjualan album kumpulan popular Indonesia Sheila on 7 di Malaysia itu saja berjaya mengatasi jualan album Siti Nurhaliza! Artis kita sendiri kalah di gelanggang kampung”. Is it time for change? You betcha!….dst.

[PDA gue.]
Nah ! tu baca deh kutipan2nya dari webs orang malay sendiri yang coment spt itu. jelas bangget ada yang salah didunia muzik malaysia khan?
lagipula yang mereka agung2kan bolak balik cuma itu2 aja sprti SEARCH, EXIST, SLAM, CT, SHEILA MAJID, IKLIM.etc
alamaak oii… takde ka artis kat M’sia yang baru n’ best ke? manalah bisa kumpulan muzik korang bersaing jika tu je yang ada?, nak moram induztri muzik korang !!! [insya Allah, tak lah!]

GO MUSIC INDO GO !
mba thia lam kenal nih HE3..

44. Henry - 28 July 2007

ada yang tertarik untuk mendengarkan acara musik dan interview artis indonesia ? bisa dengarkan melalui Sing FM Batam di Sabtu jam 4 - 6 PM nama acaranya ASLI INDONESIA. Setiap minggu ada artis yang di interview dan di putarkan lagu2 baru mereka.
mau nya bisa di putarkan di radio di Singapore namun beluma ada yang berminat. Acara ini sudah di siarkan di 37 radio yang menjangkau lebih dari 45 kota di Indonesia. Target nya adalah 50 radio hingga akhir tahun ini.

45. abi - 31 August 2007

mau dong dikirimin mp3 ungu

46. mey - 19 September 2007

kayanya sekarang orang2 malaysia ga berdiam diri,aq dengar musisi malaysia yang di ketuanya amy @hattan sudah pun mengirim somasi ke radio-radio yang memutarkan lagu-lagu indonesia.
di pikir-pikir makin lama tinggal di malaysia,aq makin meluat + bengang dengan sikap picik dan sikap dengkinya orang-orang malaysia,ga pernah terima kekurangan diri dan ga pernah terima kenyataan yang memang lagu-lagu indonesia memang oke banget…musisi malaysia bengang dengan rakyat indonesia yang ga mau terima musik mereka sehingga mereka membalas dendam dengan cara licik + picik,aq sich ga ada masalah walaupun diradio ga diputer lagu2 indonesia tapi aq boleh dengar lagu2 indonesia dan mengikuti perkembangan lagu indonesia melalui internet karena otak aku ga sebodoh otak malaysia,aq yakin musik malaysia ga akan maju karena musik mereka hanya menjiplak dan musik mereka ga murni di hasilkan dari jiwa yang bersih jauh dari hasad dan dengki…

47. Kay - 2 October 2007

Wkt lg di malay gw dgr di radio dputer lagu acha yg bahkan gw ga pnah dgr!Hwahahah..Lagu indonesia mo diboikot?Paling yg menderita org2 malay jg tpksa dgrin sampah mendayu2.Tp kl liat di channel v kynya mrk lg mati2an majuin band lokal tuh lwt program amp..Gw?Sama skali ga tertarik dgr atopun liat lagu2 mrk!Sorry guys,i’ll stick to my beloved local music! Haha. Peace

48. kaghi - 5 October 2007

Indonesia jauh lebih unggul., dari segi lirik, irama, dan jenis musik, serta tampilan di panggung; jadee jangan salahkan rakyat kalu lebih memilih muzik indonesia…, musisi malaysia harusnya segera berubah mengikuti perkembangan zaman.., sekarang buka era cengeng…, sebenarnya dalam vokal malaysia tidak kalah dengan INdonesia lhooo…,

49. kaghi - 5 October 2007

eh tau ga lo.., kate si “miller” (artis malaysia, pemeran cintapucino). anak muda di KL lagi gandrung pake kata (gw, lo), duh…, kita hebat ya bukan hanya musik, sinetron, n film.., bahasa kita pun dah mulai di pake di sana…., senang bangaaaat

50. SEV - 10 October 2007

KAWAN INDONESIA COB CEK DI SITUS INI ADA FORUM SEDANG BERDEBAT KEABSAHAN KEPEMILIKAN LAGU RASA SAYANGE YANG DI JIPLAK MALAYSI WAH KATA2NYA KASAR BANGET DEH. DASA MALAS-YA LIAS MALING-SIAL. CEK DIhttp://forumctx.topix.net/forum/world/malaysia/T49982MFIEVG9AC58/p87#

51. Santy - 12 October 2007

Mas Indra, salam kenal ya. Saya beserta keluarga (suami, ibu, putri 10th) berencana ke Singapore & Malaysia bulan depan, 19-23 Nov’07. Pekerjaan utama saya Dosen di Jurusan Arsitektur, Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang. Tujuan saya ke Singapore & Malaysia sebenarnya mau melengkapi penelitian saya tentang perilaku anak pada obyek wisata. Tapi dengan memanasnya kondisi diplomatik kita saat ini, saya jadi agak ragu. Karena rombongan ada anak & ibu saya. Oh ya, mas. Jadwal saya, 19-20 di Singapore, 21-22 di Johor Baru, 23 di Kuala Lumpur. Dari JB ke KL naik airasia, pulang dari KL ke Jakarta juga dengan airasia. Mas khan tahu kondisi disana yang sebenarnya, kira-kira ada saran buat saya? Terima kasih. Minal Aidin Wal faidzin. Selamat Idul Fitri 1428H.

52. Santy - 12 October 2007

Mas, apa benar, kalau kita book hostel via internet dg kartu kredit, kalau pembatalan kita ga dapat kepastian jawaban dari hostelnya langsung, tagihannya langsung didebet dari kartu kita ? Suwun, mas.

53. rauf - 25 October 2007

dear ibu santy,

saya orang malaysia dan tinggal di kuala lumpur. jangan risau datang saja ke malaysia. apa yang di lapor oleh media massa indonesia tentang malaysia tidak seburuk seperti yang di gambarkan. media2 indonesia suka memperbesar hal2 yang remeh temeh sehingga menjadi besar seolah olah orang malaysia atau orang melayu sebagai penjahat perampok maling dan pelabagai nama yang di beri.hanya kerna 2-3 case yang berlaku melibatkan warga indonesia di malaysia maka semua 24 juta orang malaysia jahat2 belaka. jangan dengar sangat berita2 yang kurang tepat itu. datang kemari dan ibu boleh lihat keadaan sebenarnya. terdapat 2.5 million warga indonesia dari pelbagai ceruk rantau indonesia ada di malaysia. tanya mereka apa pendapat mereka tentang malaysia dan orang2nya. rasakan sendiri pengalaman dan kemudian bagi tahu pada media indonesia apa saja tang malaysia selepas itu . jika masih tak berpuas hati maka lapor lah apa sahaja tentang keburukkan kami kepada rakyat indonesia. jika mau keterangan lanjut sila hubungi saya di raufa@tego.com.my.

54. igoy cavalera - 2 December 2007

Hallo saudaraku para musisi indie di Malaysia & Singapure, silahkan gabung di komunitas sixteenhole.com untuk promosi lagu anda & cari teman sesama musisi, silahkan click : http://member.sixteenhole.com

Thanks

55. sita - 19 December 2007

sumpah……
gw bangga banget lahir dan jadi warga negara indonesia ga dari segi musik aja yang baguuus tapi dari segi budayanya juga buktinya banyak kan negara2 “TETANGGA” indonesia yang seenaknya aj ngaku2 kepunyaan budaya kita.

aku cinta INDONESIA

56. unname - 22 December 2007

gmn ga nganggep negara tetangga maling, kalo pada kenyatanya mereka suka mencuri aset budaya negara kita.hoho….
emanknya merek ga punya kebudayaan sendiri apa yang lebih bagus dari indonesia.

hidUp INDONESIA!!!!!
Dunia tau ko negara mana yang punya kebudayaan lagu rasa sayange….

57. abyanz - 15 January 2008

Jangan lupa satu lagi milik kita
ANGGUN CIPTA SASMI

www.anggunesia.com
www.anggunist.co.nr

58. Mhd uya - 25 February 2008

Sekedar informasi! 50% penduduk melayu malaysia adalah warga INDONESIA yg sudah berpuluh thn tinggal dsana(minimal 15thn)!

59. dwi - 21 April 2008

apa kabar APM. tadi malam aq nonton, dan yang menangin orang malaysia semua. gigi indonesia tinggal dua. yi gigi dan KD. gimana menurut kamu? fair ga sich ajang itu?

60. hery suseno - 16 June 2008

apa lagi lagu-lagu jaman dulu seperti: broeri, teti kadi, erni johan, bob tutupoli, dsb….emang dari dulu sih lagu indonesia udah terkenal di malay dan singapore

61. yudha - 4 July 2008

yupp…musik indonesia lumayan maju…dari pop standar sampe..rap yang nyela band laen..sampe anggota DPR yang terhormat..(chek eight ball) ..

bahkan..katanya malaysia yang sentimen ma indonesia… ternyata lagu indonesia cukup populer disana..

maap maap nih..selain twophat..lagu malay…dari jaman isabella..ya gitu2 aja..gak berubah…ha ha ha…maap kalao ada yang tersinggung

btw..per mei jun 2008 ini afghan lagi merajai hits di indonesia nih

62. desta - 12 July 2008

maju terus musik indonesia… aku salut sama musisi kita dorang hebat gak kayak orang itu tu…..

63. kriik - 12 July 2008

meet uncle husain,, suara seperti tong nyaring tapi asal boleh jadi menang kat planet musik 2008. faizal tahir kalo nyanyi suka buka baju.. jangan jangan kalo,,,,,,,
ohhh
malaysia,,, musik kamu ok tapi hanya satu musisinya tak tau cita rasa masa kini.. ini jaman ungu,gigi, bukan jaman p. ramli,,,

64. arana - 17 July 2008

industri musik kita sangat fair. kalo enggak bagus ga akan diterima.apa iya dari sekumpulan artis malaysia cuma siti nurhalizah dan towphat yg bisa eksis.intinya dunia entertain kita welcome aja dgn artis jiran mis miller,bahkan indonesia secara kontroversi rela ga rela ikut andil memberi gelar asian idol pada hady mirza yg penduduknya aja ga lebih padat dari jakarta.malay if you dare be brave yg fair lah berjuang untuk exist,learn more.jgn act local think globalLah jgn maunya diprotect pemerintah.karya tak bagus mau dipuja.hidup musik indonesia

65. Anonymous - 2 August 2008

wewew

66. nara - 1 September 2008

wew afgan always go internasional.
siti nurhaliza ja pengen bgd duet ma afgan og.
ganbatte..

67. Ampex_Vista - 10 September 2008

Kita boleh bangga, kita boleh senang, dalam hal musik Indonesia berhasil mengalahkan mereka. Tapi kita tak boleh larut. Ingat, dunia pendidikan, dunia pendidikan agama, dunia teknologi, kita juga pernah berjaya atas Malaysia, tapi sekarang?

Jangan larut, jangan lengah, lakukan apa yang perlu dilakukan untuk mempertahankan kejayaan ini.

M. O. mereka : mempelajari, meniru, mengiming-iming dengan uang, setelah tahu caranya, membuat yang lebih baik. Kalau masih gagal juga, ya tinggal mengklaim dan mempatenkan…

68. Dhyka - 14 September 2008

Indonesian music is the best. Maju truss musisi indonesia & bt karya yg lbh unique lagi.

69. tenez - 15 September 2008

teruz berjaya bwt lagu2 indonesia…??
bahkan klo bs menjadi tuan rumah di indonesia sendiri n di asia tenggara…??atw bahkan bs ke seluruh dunia…???
cia you..???

70. yudil - 19 September 2008

indonesia itu unik,biar carut marut tapi kreatifitas jalan terus ,…musik oke ..dan satu lg pendidikan …biar sekolahnya pd ambruk tetap saja dapat juara olympiade internasional,..memang Indonesia itu….(PD abis)

71. kempot - 5 October 2008

woi gua cari cewek ni

tp yang di banjarmasin

72. hanie - 6 October 2008

sumpah!!! gw bangga banget jadi org Indonesia. biar kata mereka gak maju2 tapi klo ngomongi musik dan lagu2 Indonesia is number 1. cayo Indonesia !!!

73. Ninda - 8 October 2008

Weisssssssssssssss,,,,,,,,,
lgu2 indnesia emang top abiez dech.. siip markusiip….
dngan musik, kta sbgai bangsa indnesia bsa mnunjukkan kpada negra lain klo kta bsa lbih dr mreka..
truz,, stiap thun indnesia punya regenerasi yg bgus tuch.. cntohnya d’massiv n afgan nech.. tnggal tunggu aja afgan am d’massiv ngebuming..
BRAVO MUSIK INDONESIA!!!!!

(VitaLovers)

74. orang banjar - 14 October 2008

aleh,kitaorang x heranlah sekurang-kurangnya kami nyanyi lagu dlm bahasa kitorang sendiri bahasa melayu kamu indon nyanyilah dlm bahasa kamu sendiri,bahasa jawa ke,minang ke,acheh ke,ini tidak nyanyi lagu pop dlm bahasa melayu,nyanyi dangdut dlm bahasa melayu tiup saxofon pun dlm bahasa melayu he he he!pendek kata serba serbi dlm bahasa melayu.bravo musik indonesia kerana menggunakan bahasa melayu sebagai bahasa utama.bahasa menunjukan bangsa orang indon maling namanya

75. dave_77 - 9 December 2008

kl menurut owe..seharusnya musisi malaysia terutama band-bandnya yg dlm arti ‘kumpulan2 anak tk’ ga malu utk belajar dan ambil sisi positif dr musik2 indon.jgn mlh sentimen..huh.bisanya ngedumel…mknya lagunya cengeng cengeng..kaya cireng gepeng..salam kompak aje deh..malaysia…malu donk..donk dong

76. teguh - 7 January 2009

go musik indonesia

77. cilok - 11 January 2009

kmarin aku lagi iseng ngenet,computer yang mau kupakai,rupanya bekas dipakai orang tuk download lagu.karna aku emang lagi ga punya tujuan alias iseng,jd aku ikutan aja download lagu,walo aku ga tau lagu tsb dari band apa ato jenis musik apa…
stelah selesai download,buru-buru ponsel kucabut,trus..kubayar sewa marnetnya.
sampai dirumah ku dengerin hasil downloadtanku diwarnet tadi…
ternyata….hahahaha ….lagu yg kudownload tadi jenis aliran musiknya lain-dari yg lain…pokoknya aneh deh…tapi keren kok…syairnya nyeritain kekecewaan sang composer pada PAMAN JIRAN ,,,,ASWAT(askar wtaniah),dll…pokoknya seru deh..
Besokannya aku balik lagi kewarnet…trus aku minta tolong penjaga warnet tuk cariin data band yang nyanyiin lagu yg kmarin kudownload(maklum aku agak gaptek)
Kata simas warnet,,,ktik aja digogle:gatel band
stelah kuktik gatel band digogle,ternyata bener aja…
yg nongol dimonitor: gatel band dg 14 lagunya….
so….kudownload smua…
kayaknya kalo orang-orang malaysia denger lagunya gatel band yg berjudul PAMAN JIRAN,ASWAT,ORANG PINTAR….pasti pada marah…
tapi ya gimana ya…?itukan karya seni…
au ah…?kalo ada yg marah…knapa aku jd pusing mikirin…
yg penting aku seneng karna tambah koleksi lagu yg aneh…gratis lagi…
.

78. chrysal15 - 15 January 2009

# 42 hurm…setelah gw baca artikel di atas secara objektif, musisi2 malaysia sangat berpikiran sempit. Mereka bilangnya bukan cemburu/dengki dengan musisi Indonesia, tapi lihat dari apa yang mereka katakan semuanya sangat jelas berisi kedengkian & jealousy. Semestinya mereka menanggapi kejayaan musik Indonesia dengan positif. Tingkatkanlah kreativitas musik mereka sendiri. Musisi Indonesia tidak bisa disalahkan krn memang kenyataannya dari segi music INDONESIAN MUSICIANS IS MOREEE BETTER THAN MALAYSIAN. Sbg Indonesian, kalo ditanya APA YG BIKIN GW BANGGA JD ORANG INDONESIA ? GW TANPA RAGU BAKAL JWB -> MUSIK - NYA! karna jujur gw ngerasa musik Indonesia selalu fresh dan progresif. karna itulah musik Indonesia bisa jd tuan rumah di negerinya sendiri. sebenarnya rakyat Indonesia sgt sportif karna ngeliat musik dari kualitasnya. kalo musik malaysia bagus kita terima dg tangan terbuka kok. TAPI kan kenyataannya lagu2 malaysia ga ada yg bagus, sangat membosankan, mendayu-dayu, cengeng, tidak kreatif etc. majority orang Indonesia kalo ditanya kenapa ga mau dengerin lagu2 mlaysia ya begitu dech jawabannya. kalo gw? jujur nie, sorry sebelumnya kalo ada yg tersinggung..lagu2 mlaysia adalah pilihan terakhir yg bakal gw dengerin kalo ga ada choice lain..mending gw dengerin west music dech (or indian music…? hehehe). And bt artis mlaysia yg ngebangga2in Search, exist,slam, iklim etc yg pernah jaya ( ? ) di Indonesia, jangan besar hati dulu karna band2 di atas musiknya jg sama aja dg band2 mlaysia yg lain: membosankan!. lagipula ga populer2 banget kok.paling 1-2 lagu yg populer hehe.
sementara kalo di singapore agak beda menurut gw..musik Indonesia bisa lebih baik dari artis lokalnya karna di singapore majority didominasi lagu2 mandarin. disana lagu2 mandarin lebih banyak dan lagu2 melayunya sedikit. Anyway, BRAVO 4EVER MUSIC INDONESIA , YOU ARE THE BEST!!! peace :)
^_^ btw di Indonesia now lg populer lagu HELLO -> ular berbisa (lagu ini baguzzz bgt, lo harus dengerin), Dewi Lestari ->Malaikat Juga Tahu, Project Pop -> Goyang Duyu .. and many moreeeeeeee, gw ga bisa sebutin one by one karna banyak lagu2 yg GOOD here in Indonesia :) :)

79. Saya Anak Malaysia - 29 January 2009

syukur alhamdulillah lagu malaysia smakin mendapat tempat di kalangan peminat muzik tempatan(malaysia),singapura dan brunei..
Situasi industri muzik malaysia tidak separah 2005-2007..
Indie band makin di gilai peminat muzik remaja…BUNKFACE,ESTRANGED,MEET UNCLE HUSSIEN,HUJAN,BUTTERFINGERS,THE TIMES,POP SHUVIT
Artis popular malaysia dan digilai di singapore & brunei:JACLYN VICTOR,ADAM AF2,MILA,ALIF,AMYLEA,AIZAT,DAFI,STACY AF6,Ahli Fiqir,The Fabulous cat,SIXTH SENSE (Di indonesia dikenali sbg TIRTA),WINNIE K,SOFAZ,Legendary SITI NURHALIZA

Dan turut tidak ketinggalan..artis indonesia {malaysian made}..seperti THE LIMA,MENDUA,PIANKA (Cuba dengar lagu2 mereka,mmg enak dan penciptanya adalah komposer MALAYSIA)

TAKE TIME TO RECOVER,MUZIK MALAYSIA selalu di minati terus oleh pendengar di SINGAPURA dan BRUNEI..Hidup muzik malaysia.. lagu indonesia makin pudar dr telinga kami..Peace

p/s sekarang lagu malaysia makin top..di carta2..

Sebangga manapun anda (org indonesia) ttg kejayaan muzik indonesia di malaysia(2005-2007)..begitulah juga bangga kami jadi rakyat malaysia apabila melihat kereta(mobil) jenama malaysia di jalanraya LONDON,AUSTRALIA,SINGAPORE,EUROPE.. dan Indonesia…
Order now proton car MADE IN MALAYSIA!

80. alfath - 3 February 2009

buat musisi indonesia berkreasilah terus demi kejayaan musik indonesia, saatnya kita mencintai hasil karya sendiri ……. MAJULAH INDONESIA…….!

wong nogiri

81. ico - 7 February 2009

kpan ne band2 dari indonesia manggung di malaysia.
i tuggu

82. anak malaysia - 18 February 2009

anda pernah dengar band independant malaysia butterfinger?laila lounge?wawasan 2020?indonsia mungkin menang pada seni muzik, tetapi dari segi kemajuan teknologi, lebuhraya, cara hidup, malaysia lebih maju..

83. dondro - 20 February 2009

anak malaysia…..coba dengar lagu paman jiran GATEL BAND pasti anda suka

84. anak malaysia - 22 February 2009

Jangan gaduh2 org malaysia & indo, kita serumpun, masing2 ada kekuatan & kelemahan..hehe,

dondro-bagi link:-

bukti kita serumpun dan seagama baik kita kuatkan ukhuwah islam kita …lihat artikel bawah

Raja berasal Minangkabau

Dalam naskah pengiriman raja-raja yg delapan seorang diantaranya dikirimkan ke Rembau, Negri Sembilan bernama Malenggang Alam tetapi bila mana ditinjau sejarah Negri Sembilan raja Minangkabau pertama dikirim yaitu Raja Mahmud yg kemudian bergelar Raja Malewar.

Raja Malewar memegang kekuasan antara tahun 1773-1795. Beliau mendapat dua orang anak Tengku Totok dan putri bernama Tengku Aisah, beliau ditabalkan di Penajis Rembau dan kemudian pindah ke istana Sari Menanti. Sehingga sekarang masih populer pepatah yang berbunyi : Ber raja ke Johor, Bertali ke Siak, Bertuan ke Minangkabau.

Kedatangan beliau ke Negri Sembilan membawa rambut sehelai jika dimasukan kedalam sebuah batil atau cerana akan memenuhi batil atau cerana itu. Benda pusaka itu masih tetap dipergunakan bila menobatkan seorang raja baru. Sesudah Raja Malewar wafat pada tahun 1795 tidak diangkat putranya menjadi raja melainkan sekali lagi diminta seorang raja dari Minangkabau. Dan dikirimlah Raja Hitam dan dinobatkan dalam tahun 1795. Raja Hitam kawin dengan putri Raja Malewar yg bernama Tengku Aisyah sayang beliau tadak dikaruniai putra. Raja Hitam kawin dengan seorang perempuan lain bernama Encek Jingka. Dari istrinya ini beliau medapat empat orang putra/putri bernama Tengku Alang Husin, Tengku Ngah, Tengku Ibrahim, dan Tengku Alwi. Dan ketika beliau wafat dalam tahun 1908, juga tidak diangkat salah seorang putranya sebagai pengganti raja. Tetapi dikirimkan perutusan ke Pagaruyung untuk meminta seorang raja baru. Dan dikirimlah Raja Lenggang dari Minangkabau.

Raja Lenggang memerintah antara tahun 1808-1824. Raja Lenggang kawin dengan putri Raja Hitam dan berputra dua orang bernama ; Tengku Radin dan Tengku Imam. Ketika Raja Lenggang meninggal dinobatkan Tengku Radin menggantikan ayah beliau. Dan inilah raja pertama Negri Sembilan yg diangkat oleh pemegang adat dan undang-undang yg lahir di Negri Sembilan. Dan keturunan beliaulah yg turun-temurun menjadi raja di Negri Sembilan. Raja Radin digantikan oleh adiknya Raja Imam, tahun 1861-1869.

Dan selanjutnya raja-raja yg memerintah di Negri Sembilan :

Tengku Ampuan Intan (Pemangku Pejabat) 1869-1872.
Yang Dipertuan Antah 1872-1888.
Tuanku Muhammad 1888-1933.
Tuanku Abdul Rahman 3 Agust 1933-1 April 1960.
Tuanku Munawir 5 April 1960-14 April 1967.
Tuanku Ja’far 18 April 1967-
Demikian olahan dari Dato’ Idris. Dan dari “Tambo Alam Minangkabau”

TERBENTUKNYA NEGRI SEMBILAN

Semasa dahulu kerajaan Negri Sembilan mempunyai hubungan kekeluargaan dengan Minangkabau. Yang menjadi raja dinegri ini berasal dari keturunan Raja Minangkabau. Istananya bernama Seri Menanti. Adatnya, peraturan sebahagian besar menurut undang-undang adat Minangkabau. Mereka mempunyai suku-suku seperti orang Minangkabau tetapi berbeda cara pemakaiannya.

Perpindahan penduduk terjadi bermula pada abad ke XIV yaitu ketika pemerintah menyarankan supaya rakyat memperkembang Minangkabau sampai jauh-jauh diluar negrinya. Mereka mencari tanah baru, daerah baru, dan menetap disana. Begitu jaga adat, undang-undang, kelaziman dinegri asalnya yang dipergunakan dinegri yang baru.

Pada abad ke XVI pemerintahan negri sudah mulai tersusun, mereka mendirikan kerajaan kecil sebanyak 9 kerajaan dan kesatuan kerajaan kecil itu mereka namakan NEGERI SEMBILAN. Negara kesatuan ini terjadi waktu Minangkabau mempersatukan kerajaan-kerajaan kecil ini dan diperlindungkan dibawah kerajaan Johor. Sebabnya ialah kerajaan persatuan yg baru berdiri ini selalu diganggu oleh gerombolan anak raja Bugis yg dipimpin Daeng Kemboja. Setelah negara kesatuan ini terbentuk dengan mufakat bersama dengan kerajaan Johor dimintalah seorang anak raja Pagaruyung untuk dinobatkan menjadi raja Yang Dipertuan Seri Menanti.

Maka hubungan yg demikian rapat sejau berabad-abad itu menjadikan hubungan antara negara yang akrab : Minangkabau - Negeri Sembilan pada khususnya, Indonesia - Malaysia pada umumnya.

KETURUNAN MINANGKABAU di KALIMANTAN UTARA

Daerah Sabah dan Serawak adalah daerah bahagian timur Malaysia. Sejak berabad-abad yang lampau telah mengenal suku bangsa Minangkabau. Dalam tahun 1390 suku bangsa Minangkabau telah menjejakkan kakinya dipesisir Kalimantan Utara. Orang itu bernama Rajo Bagindo bersama dengan rombongannya. Ia menetap di negara bagian Serawak sekarang ini, dan sampai sekarang gelar datuk itu masih ada di Serawak.

Keturunan Rajo Bagindo tidak hanya di Serawak saja, tetapi mereka terdapat juga di Berunai dan dipulau Sulu Pilipina. Disana terdapat kuburan tua dibatu nisannya bertuliskan bahwa asalnya dari Minangkabau. Jaga menurut seorang anggota Senat Philipina yg bernama Olonto nenek moyangnya berasal dari Minangkabau yg bergelar Rajo Bagindo. Beliau raja di Sulu pada tahun 1410. Demikian keterangan yang diberikan Prof DR Hamka.

85. nur cute - 6 March 2009

aku suka lagux bagus bgt …..!

86. imelda cute - 6 March 2009

aq itu tipe cwek yang tidak suka sama cwok yang ngeliatin akukecuali kalau aq suka sama dia…….gitulooooooooh!

87. sukadamai - 9 April 2009

Guys, topiknya jd panjang lebar ya. Yah, sebagai org indo, I bangga sm negeri ini, pastinya org malay jg bangga sm negarany. Msg2 pny kelebihan dan kekurangan. Makanya generasi qt hrs bs berjuang utk lebih baik dari negara tetangga. Its take time memang, krn negara kita sangat besar dan penduduknya bnyk, jgn bandingin dong ngatur penduduk ky indo yg ratusan juta jiwa lebih dan negara seluas ini dengan ngatur penduduk yg cuma puluhan jiwa dan luasnya lebih kecil dari pulau jawa. So kita sbgi wrg indo keep learn and working to make a good future. Someday bukan cuma musik, budaya dan alam yg qt banggain tp jg segala bidang, othre guys??

88. Tigis - 13 April 2009

kalo menurut gue justru musik malaysia keliatan lebih maju dr musik Indonesia. Kenapa? Karena mreka lebih bisa bikin lagu/musik berbahasa Inggris yg bagus dibanding INdonesia. Artinya kesempatan mreka utk go international jauh lebih terbuka. Memang utk urusan lagu2x berbahasa Indonesia/melayu mgkin artis2x dr Indonesia lebih unggul, tp hrs diakuin kalo dlm perkara lagu2x berbahsa Inggris mreka jauh lebih jago. Coba cek di youtube beberapa samplenya. Bahkan ada yg sampe diambil buat sontrek Grey Anatomy misalnya.
So utk musisi2x Indonesia, cobalah utk skali2x bikin lagu berbahasa Inggris juga.

89. syaelendra - 22 April 2009

Indonesia emang maju di bidang entertainment nya…….. Tapi philliphines bisa jadi saingan Indonesia coz , lagu mereka banyak yg memakai bhs Inggris……

90. abel - 8 May 2009

jaaah…..baru band segitu saja udah sombong(anak malay) di INDONESIA lebih banyak kaleee!!!!!
so..band INDONESIA juga bnyak kok yang lagu2 nya dr bhs inggris seperti nidji(shadows) di gunakan sbg soundtrack dari film Heroes
yup…filipina mang jago bikin lagu2 inggris, mereka mungkin dibawah/sejajar dgn kita
klo malay sih jgn tanya

91. abel - 8 May 2009

klo gw sbutin satu-persatu band nya sih ga kehitung
dari pop,rock,jazz,rock n roll,reagge,metal,dankdut,bahkan kroncong pun ada
jadi jangan sombong deh,
music malay is entry level

92. abel - 8 May 2009

HA HA HA HA HA HA HA HA HA HA HA
TAKE THAT !!! MALINGSIA

93. Rara - 10 May 2009

Malaysia plagiat… tukang copy… nyontekk mulu…
Mana karya loe, tunjukin dunk…
Jangan cuma ngebajak karya n budaya negara lain…
Miskin kreatifitas banget sih Loe…

MALU KALI JADI WARGA MALAYSIA… GA PUNYA APA2 YANG BISA DIBANGGAIN… INDONESIA KEREN…
Pelatih bulutangkis aja pake mantan pemain Indonesia (Rexy Mainaky), ga punya pelatih lagi ya yg handal… kasiaaannnn!!

94. Nata - 23 May 2009

Eh anak malay,bsany jgn gacor ja?Byk kok lgu2 indonesia yg dari bhs.Inggris kmu aja yang ga pernah dengar??Lebih kreatif bahkan??And tau g sich loe if music by maia and nine ball di translate ke bhs.Inggris ma orang asing!Jd klo kalah ngalah aja…G usah malu ling maling?And secara pendidikan kita jg g kalah?Yang dpet gold medal phisic siapa?Indonesia!Yg brusan menang teknologi robot siapa?Indonesia brow…Dr segi olhraga jg g kalah ngomong2 rexy mainaxi dr mana?Indonesia men!So jangan cpat bangga ma negara kamu yg cuma selebar daun kelor yg bisanya cuma nggeser perbatasan wilayah!Yah namanya jg maling

95. Medy RD - 28 May 2009

yuhuu….Panjang dan lama yang komen…Semuanya saya mau promosi Band aja GUCIE…Gue cinta Etnik….gucie.co.cc

96. willy - 10 July 2009

upsssssss. heboh….////???????????
musik malaysia bagus…….
musik indonesia juga bagus………
musik bwt di dengarkan bukan didebatkan…….
musisi malaysia harus belajar dewasa….ikhlas menerima keadaan dan terus berjuang.
tapi jangan lupa peminat2 dan musisi indonesia harus arip menanggapi pemboikotan musiknya. karna hukum alam. globalisasi. dan majunya teknologi
dari ketiga point tersebut tidak akan bisa membendung lagu-lagu indonesia masuk kenegara mana saja selama msh ada peminatnya di negara tersebut dan serumpun
indonesia sangat terbuka kok. siti nurhaliza sangat dibanggakan di indonesia. bahkan artis philipin pun bisa berjaya di indonesia, dan juga sebaliknya ada penyanyi cantik dan muda dari indonesia berjaya di philipin. padahal tidak begitu terkenal di negrinya sendiri
hukum alam akan memperlihatkannya. sewaktu lagu malaysia berjaya di indonesia kita tidak boikot lagu2 dari malaysia. dan tidak bawa2 pemerintah buat memboikot. tapi artis, produser dan major label indonesia pintar menyiasatinya, karena hampir semua artis indonesia seperti popy mercury, nike ardila, inka cristy, sultan, sonia, mayang sari. meniru aliran musik malaysia, bahkan ada yg menyanyikan lagu ciptaan composer malaysia. syah kan ………….? ini industri harus saling menguntungkan… bukan pemboikotan..!!!!!!!!!!!!!!!!!
yang jadi pertanyaan kenapa tidak ada lagu malaysia di TV nasional dan Radio2 di indonesia mulai dari tahun belakangan ini…….? karena artis2 malaysia genre musiknya hampir sama mulai dari group band, solo pria, solo wanita, lembek semua. dan pemboikotan itu bukan dari musisi indonesia dan pemerintahan loh. tapi sistem pemboikotan oleh alam. karena penduduk indonesia lebih banyak dari malaysia dan singapore. jadi lebih banyak ide dengan latar belakang berbeda budaya dan pulau, bahkan persaingan untuk merebut kursi menjadi musisi indonesiapun sangat sulit dan saling sikut semua orang mau menjadi artis di indonesia, makanya artis2 baru indonesia selalu berusah mengeluarkan genre musik yang fress agar bisa bersaing dengan yang lain. ada sebagian berhasil membawakan genre yang baru dengan ciri has performnya dan menjadi terkenal, tapi banyak pula yang muncul lalu tenggelam bukan ratusan mungkin ribuan. dan yang muncul ke public malaysia itulah yang berhasil survive, bahkan masuk chart tangga lagu indonesia, banyak juga yang jatuh miskin, perjuangan mau jadi artis di indonesia susah dan kejam….jadi kalo musisi malaysia mau berjuang bisa masuk belantika musik indonesia silahkan saja. jangan lupa penduduk indonesia 3 kali mungkin 5 kali lebih banyak dari penduduk malaysia, indonesia punya bnyak bibit2 muda untuk jadi musisi.
tidak hanya itu banyak album Indie anak2 muda indonesia sebagian bisa di terima di komunitas negri eropa, australia dll khususnya yang berbahasa inggris, tidak terhitung berapa banyaknya album2 indie compilasi yang di produksi tiap tahunya mungkin ribuan dan semua kota2 di pulau jawa baik kecil maupun besar punya indie album, sebagai ajang anak2 muda berkreasi. karena mereka tidak terjamah industri mungkin karena tidak sesuai dengan kriteria industri.
anak2 remaja junior high school di indonesia cenderung akan populer di sekolahannya jika punya grup band atau sekolah musik di sekolahan musik ternama, jika di persentsasikan dari 100% siswa laki2 di indonesia 60% bisa main musik. mayoritas guitar…………………..
namun bila larangan lagu2 indonesia di malaysia, bisa membuat lagu malaysia di hargai di negrinya, syukur alhamdulilah.. gak jadi masalah hak nya orang2 malaysia tp jangan lupa ada pelanggaran hak asasi manusia. manusia butuh hiburan salah satunya mendengarkan musik yang disukainya? akan tetapi jika larang pasti dia akan merasa sedih.
sama saja jika kita di larang beragama dan percaya tuhan pasti tidak akan bisa………. thank damai pak ci…

97. willy - 10 July 2009

oh iya lupa gw juga suka lagu percayalah sm isabela waktu itu gw umur 10 thun…….gw mw tantang musisi malaysia, tidak usah pake pemboikotan, tapi teruslah berkarya sukuat tenaga sampai darah penghabisan, agar bisa sejajar dengan lagu-lagu indonesia, kalo sanggup dengan lagu2 asing, if you say no way…………… i can do it
i think all musicion malaysian …………….loser…. menyerah sebelum berperang
terus berjuang…………………………..pak cie

98. indie band malaysia - 18 July 2009

band indie malaysia dah maju..jgn terkejut kalu band indie malaysia akan terjadi seperti band indo yg ada di malaysia..sekaarang pun lagu indo udah kurang “best’..rakyat malaysia udah mahu dengar lagu malaysia..indosial..

99. yuhu - 4 August 2009

aku masih saja suka musik indonesia…
Ada yang mau nonton java rockin`land tgl 7-9 agustus nanti tidak??

100. fay - 10 August 2009

hidup music indonesia

101. heru cahyono - 31 August 2009

teman tapi mesra jangan tikam dari belakang (pecundang) heehe!

102. d.zuki - 11 September 2009

malingsial…..malingsia kamu memeng tak punya kreatifitas,.,.,.,.

103. d.zuki - 11 September 2009

sumpah demi Allah SWT….TAK ADA SATUPUN lagu malingsial yang enak didengar.contohnya pikiran lagi suntuk dengar lagu malingsia maka kita jadi gila jadi memeng lagu jadul baget…….. oh iya salam kenal gue tinggal di pekanbaru,

104. ANAK INDONESIA - 30 September 2009

@indie band malaysia : Whahahah.coba tuh Liat Musik Indie Indonesia udah maju pesat…….coba Liat WHITE SHOES AND THE COUPLE COMPANY yang di dukung sama MINTY FRESH dari CALIFORNIA, n THE S.I.G.I.T yang album mereka dikeluarin sama AUSTRALIA liat tuh smua potensi ANAK BANGSA INDONESIA……..Mereka dari musik INDIE INDONESIA ,so pliz Don’t Just Talk rubbish indie band malaysia……!!! LET PROVE IT

@TIGIS : ud ad koq kyk NIDJI (Shadows)jadi OST HERO loh…..

I LOVE INDONESIA………………BE PROUD A PART OF IT

105. joelin - 2 October 2009

duuuuh,,kyknya p’cuma klo debat soal kualitas musik,,gk bakal ada hbsnya. knp?krn musik itu erat kaitannya sm selera msg2 pndngarnya,,debat smpai kmnpun msg2 akan m’prthnkan pndptnya. So guys drpd perang otot tnpa hnti,mnding kt ttp pd selera msg2 aja gk ush diributin, sy akuin kt lbh maju dlm bdang entrtainmet,,tp u tknlgi sj mmg pd knyataannya kt kalah jauh dbanding mereka,,itu nyata guys..sy bkn liat di TV/dpt info dr mnpun tp sy mmg pnh ksana ..tp,krn sy org indonesia asli,,sy pasti ttp akan m’bnggakan ngara ini dgn sgla minusnya..so..keep rock n’ peace :)

106. joelin - 2 October 2009

satu hal lg,,saat ini yg mmpu kt banggakan adalah krya cipta seni dan budaya indonesia..tp bgmna dgn hal2 lain,,msh bykkah yg kt bnggakan??sy sngat sedih melihat budaya kt bnyak yg ‘hampir lepas’..shrsnya kt bljr dr prstiwa itu,sy jg sngat miris stiap mlwati daerah KOTA,sngat tk terawat skli bhkan trkesan kumuh dan kotor,,pdhl itu mrpkn bagian sejarah kt bkn??,,blm lg betapa malasnya mayoritas anak muda kt prgi ke museum yg b’hub.dgn sejarah ind??,,apakah kt jg pnh b’pikir,,knp sih bnyak dr rkyat kt yg sngat mudah t’provokasi wlo hnya krna mslh pribadi ssorang mjd mslh instansi/daerah dll??,,ayo guys perubahan hrs dr dlm diri kt sndiri,,msh bnyk dr kt yg hrs dibenahi demi negara kita ini,,sungguh sayapun sngat m’cintai negeri ini,,indonesia,,

107. khariezma - 2 November 2009

108. bunkface - 20 November 2009

memang muzik indon lg 0k dr msia tp itu dluu…i’m admit that ind0n s0ng semakin kurg d minati 0r d main kan d radio…sekarang INDIE BAND MSIA PALING FAMOUS SKALI…try 2 listen kt radio d msia..byk lagu2 dr indie band d main kn…lagu2 dr indon semakin brkurgan d radio msia…we have HUJAN..BUNKFACE..POP SHUVIT(famous in Japan)..MEET UNCLE HUSSEIN..BUTTERFINGERS..n so 0n..lgu2 indie band msia juga semakin byk d putar kn di Singapore…n Brunei..trnyata their like indie band music…..DJ2 di Singapore juga suke lgu2 dr indie band msia…@~@ ITS REALITY @~@

109. ngengek - 18 December 2009

bunkface…aliran2 or style band2 negara goblok lu itu bnyak kmajuan setelah copycat style band indonesia..kalo ga artis2 lu cuman bisa nyanyi lagu dengan style melayu doang..diIndonesia band or artisnya lengkap dengan semua aliran musik.

110. Lirik Lagu Ari Lasso - Ari Lasso – Penjaga Hati | Kumpulan Lirik Lagu Indonesia, Melayu dan Barat Pilihan - 30 December 2009

[…] .. Minda Indra .. » Lagu-lagu Indonesia di Singapura/Malaysia […]

111. oneil - 18 June 2010

ahhh… biasa aja tuhh…. kalo bisa kita yang berada di singaporelah yang harus tunjukan…apa yang kalian bisa..progressnya sampe dimana… jadi tak terpaku dengan yang tak nampak…hehehheh.
ayo sapa yang bisa nari, nyanyi atau sulap…. pencak silat barangkali…hehehe

112. minerva - 24 July 2010

klo pingin tahu kiprah musik and penyanyi indonesia di kancah internasional liat you tube ketik sandhy sondoro anda malingsia akan tercengang….bravo musik indonesia ….go sandhy i the best fan of you……hidup indonesia

113. tony - 11 August 2010

Senang membaca komen2 yang dewasa dan membangun, kenapa harus beri komen seperti kanak2. dengan menghina tidak membuat mu menjadi lebih besar di mata orang lain tapi jadi semakin tau piciknya kamu.
Mengenai lagu adalah mengenai rasa, rasa tidak akan pernah bohong dibatasi dengan apapun dan akan mencari jalan sendiri untuk memuaskannya.
Saya dahulu pencinta lagu Malaysia yang dimulakan oleh Amy Search, distesen radio indonesia juga dahulu di rajai lagu2 malaysia, TAPI BAGI KAMI TIDAK MASALAH, TIDAK IRI, TIDAK CEMBURU, TIDAK MELARANG.
Membaca pernyataan dari Amy search, saya SANGAT KECEWA DENGAN SIKAP DAN PERNYATAANNYA YANG SEPERTI KANAK-KANAK,
TIDAK CEMBURU DENGAN LAGU INDONESIA TAPI MELARANG STESEN RADIO MEMPERDENGARKAN LAGU INDONESIA
TIDAK CEMBURU DENGAN PENYANYI INDONESIA TAPI DILARANG MASUK UNTUK KONSER DI MALAYSIA
Setahun Yang lalu saya Hairan apa bagusnya Cartoon Upin dan Ipin
Setelah saya tonton alamak Film Upin dan ipin bagus sangat, jalan cerita yang bagus dan alami, pesan-pesan ke anak2 yang meluncur dengan baik tanpa kesan dipaksakan. I love Upin & Ipin, Kapan kartun anak2 indonesia seperti Upin & Ipin
Catatan lagi di film Upin & Ipin saya banyak menemukan kembali kata bahasa indonesia yang telah lama hilang ( Tidak dipakai lagi akibat pengaruh bahasa daerah/asing lain yang dijadikan padanan atau bahasa prokem/bahasa gaul)

114. fitawari zircona - 15 August 2010

saya/aku/gue benci orang malaysia karena orang malaysia tdk ada habisnya menghina negara indonesia. Negara Indonesia menggunakn bahasa indonesia bukan bahasa melayu, itu sdh ada sejarahnya. Jadi orang malaysia itu salah & fitnah bilang org indonesia klo ngomong (bicara) pake bhs melayu dI MINDRA INDRA. Kalo kalian orang malaysia sebutkami indonesia jadi indosial/ indonesial, maka kami orang Indonesia akan menyebut Malaysia itu jadi Malingsia, Malingsial, dan Malaysial. Jadi negara malaysia selain di sebut maling juga bisa di sebut pembawa sial.

115. fitawari zircona - 15 August 2010

MALAYSIA PAYAH,KERANA MAU BIKIN LAGU AJA PAKE BHS INGGRIS. APA TAK PD/TAK PRCAYA DIRI.

116. fitawari zircona - 15 August 2010

BAHASA INDONESIA ITU BEZA, BERBEZA(BERBEDA) DENGAN BAHASA MALAYSIA/ BAHASA MELAYU, JADI TAK SAMA. KNAPA ORG/MUSISI MALAYSIA DI MUZIK, KALO MAU BUAT LAGU PAKE BHS INGGRIS, TAPI TAK PAKE BHS MALAYSIA/ BHS MELAYU ? BERBEZA DENGAN INDONESIA, KALO ORG/ MUSISI INDONESIA KALO BUAT LAGU PAKE BAHASA INDONESIA. ITU BERARTI MALAYSIA TAK BERSYUKUR & TAK BANGGA DENGAN BAHASANYA SENDIRI YAITU BAHASA MELAYU/ BAHASA MALAYSIA. JADI UNTUK APA MAU BUAT LAGU AJA HARUS PAKE BAHASA INGGRIS ? INGIN JADI ARTIS INTERNASIONAL ? TAK BANGGA JADI ARTIS MALAYSIA ? INDONESIA PUNYA ARTIS INTERNASIONAL YAITU ANGGUN C. SASMI, DAN INDONESIA PUNYA PEMAIN SPAKBOLA INTENASIONAL DARI BELANDA GIOVANNI VAN BRONCKHORST ASLI INDONESIA KERANA KE2 ORANG TUANYA BERASAL DARI NEGARA INDONESIA DI DAERAH AMBON.

117. fitawari zircona - 16 August 2010

MAKSUD GUE MALAYSIA MEREBUT AMBALAT DARI INDONESIA.

118. dennish - 19 September 2010

Sebenernya kita patut berterimakasih kpd malaysia.karena malaysia buat kita mencintai batik, mencintai reog, mencintai tari pendet, mencintai wayang, mencintai angklung, mencintai lagu rasa sayange, dan banyak lain nya. Sikap malaysia yg suka mengclaim budaya kita adalah obat manjur buat orang indonesia yg sebelumnya lupa akan keindahan batik, reog, tari pendet, wayang, dan masih banyak lainnya. Melalui malaysia kita menjadi bangga menjadi bangsa indonesia, melalui malaysia kita jadi patriotik dan berjiwa nasionalisme yg tinggi. Seperti pepatah bilang “kita akan merasa sesuatu itu berharga ketika sesuatu tersebut hampir hilang”. Jadi, I would like to thanks to malaysian people for doing what you people doing..

Sekarang, batik sudah dipakai di kehidupan sehari2..bukan pakaian khusus resepsi pernikahan saja. Sekarang reog digemari anak2 muda indonesia, sekarang pendet mendapatkan promosi gratis di discovery channel..saya percaya masyarakat luar tidak bodoh..mereka tahu apa yg terjadi antara indonesia dan malaysia..mereka tahu darimana asalnya semua budaya yg di claim malaysia itu berasal..its from our country..indonesia.

Lepasnya pulau sipadan dan ligitan karena malaysia meresa mereka telah melakukan perawatan kepada dua pulau tersebut sejak dulu..jadi tak ada tanda2 indonesia di pulau tersebut, baik tanda pendidikan, mata uang, monumen, dan bendera.
Kita ambil itu swbagai pelajaran, jangan menunggu mereka mencuri baru kita melarang saudara2 ku sebangsa dan setanah air..
Mari kita jaga,rawat, kembangkan agar tak satupun budaya kita dicuri kembali..dan tak ada satu jengkal tanah bumi pertiwi ini yang akan kita serahkan kepada malaysia..NKRI adalah harga mati.
*maaf agak jauh dari topik.

119. Billy - 23 October 2010

Yea ialah Nama Juga Orng Indonesia OTak Penuh Kreatifitas Yang Tinggi Gitu Loch . Hidup Musik Indonesia

120. iron - 21 December 2010

tidak usah berdebat disini mendingan bilang tu ama pemerintahan loe disana …coba bersaing secara terbuka aja…..biarin..musik indonesia masuk kesana jgn di batasin begitu juga musik loe di sini….jadi lihat saja musik mana yg paling diminati……nanti ketahuan pangsa pasar yg….. disukai…..kalau itu dibatasin…ketahuan sekali…loe pada takut….musik loe mati sendiri…dinegara sendiri………..

121. dennis - 19 May 2011

Indonesia sekarang juga punya stasiun tv satelit khusus lagu Indonesia + Korea + west fresh yang dapat ditangkap di seluruh kawasan asia menggunakan parabola biasa - LBS Inet music tv

http://www.lyngsat.com/freetv/Indonesia.html

thanks

122. Melayu_Palembang - 21 August 2011

Boleh berkomentar, asal jangan saling menghujat..

123. Whateverer - 21 October 2011

sekarang di indo udah jamannya boyband-girlband, udah masuk ke radio/tv/chart-chart di malaysia belum? coz di sini lagi HOT

124. zulfikar putra benfatto - 29 October 2011

malaysia bagaikan katak dalam tempurung .
hanya bisa berkreasi di negara asal saja , tidak bisa menembus dunia luar, jgn kan amerika, indonesia pun gak tau penyanyi2 malaysia itu siapa saja, artis2 malaysia itu siapa saja,,
negara maju tp kreasi terbelakang .

bua yg debatin masalah pulau, pemerintahan,dan lain2 .

kalian pernah sekolah tidak ? pernah menuntut ilmu tidak ?? punya wawasan tidak ??
page ini menceritakan masalah LAGU,MUSIK
perlu belajar lg ,kalau bicara pakai IQ , PAKAI OTAK jgn asal keluar dr mulut yg gak berpendidikan.

125. Erpi - 3 May 2012

Band Indie Indonesia MOCCA BAND….terkenal di korea, jepang, malaysia, thailang, singapore, beberapa lagunya jadi soundtrack drama korea yg judulnya Happy begitu jugan song I remember byk jd soundtrack iklan di bbrp negara…

LOVE MOCCA BAND

126. Erpi - 3 May 2012

Coba masing2 anda searching di Google

127. webpage - 22 July 2013

Hey there, You’ve done an incredible job. I’ll certainly digg it and personally suggest to my friends.

I am sure they’ll be benefited from this web site.

128. rendra - 23 July 2013

minta link buat penyebaran lagu di malaysia donk