jump to navigation

Tips dan Trick ke Singapura lewat Batam - 1 3 May 2006

Posted by indra in : Jalan-jalan, Informasi , trackback

Di blog personal saya, saya pernah menulis pengalaman saya dan keluarga waktu pulang ke Jakarta melalui Batam, dan kemudian pulang kembali ke Singapura melalui jalur yang sama. Tulisan tersebut bisa dibaca disini, disini, disini dan disini. Ternyata, banyak juga yang membaca artikel tersebut dan menghubungi saya, baik melalui e-mail, YM ataupun shoutbox, untuk minta lebih banyak informasi, terutama mengenai tips dan trick-nya untuk pergi ke Singapura melalui Batam.

Ini cukup dimengerti, mengingat tiket pesawat Jakarta-Batam sekarang sudah demikian murah dengan menjamurnya budget airlines di Indonesia. Sekarang Anda bisa membeli tiket Jakarta ke Batam one-way hanya sebesar 150 ribu rupiah dengan Indonesia AirAsia, belum termasuk pajak, tentu saja. Bandingkan jika Anda harus membeli tiket pesawat langsung dari Jakarta ke Changi. Walhasil, semakin banyak orang yang memilih rute Batam ini untuk berkunjung ke Singapura, untuk menghemat ongkos.

Penerbangan ke Batam

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Batam yang murah dan nyaman, saya menyarankan Indonesia AirAsia, yang merupakan anak perusahaan budget airline terkenal dari Malaysia, AirAsia. Service-nya bagus dan efisien, dan harga tiketnya juga terbilang murah dibandingkan budget airline yang lain. Pembelian tiket juga bisa dilakukan melalui Internet, dengan pembayaran langsung di-charge ke kartu kredit. Sistem-nya tanpa tiket, jadi kita tinggal print tiket-nya yang dikirim melalui e-mail dan menunjukkan hasil print dengan paspor/KTP pada waktu check-in. Sangat efisien.

Indonesia AirAsia terbang dari terminal 1A di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Selain AirAsia, airline lain yang terbang dari Jakarta ke Batam adalah Lion Air, Adam Air, Wings Air (anak perusahaannya Lion Air) dan tentu saja, Garuda Indonesia.

Transportasi di Batam

Anda akan mendarat di bandara Hang Nadim, Batam. Bandara ini cukup besar dengan fasilitas yang cukup lengkap. Perlu diketahui bahwa Anda bisa membeli tiket feri ke Singapura di bandara, dengan harga yang (katanya) lebih murah dibandingkan jika Anda beli di pelabuhan. Kalau tidak salah, Anda bisa beli harga feri pulang pergi Batam-Singapura seharga S$18 saja, sedangkan kalau Anda beli di pelabuhan, harganya S$21 (belum termasuk Batam seaport tax $7 dan Singapore seaport tax $16). Namun saya tidak bisa konfirmasi apakah informasi tersebut benar karena saya belum pernah beli tiket dari Batam.

Dari bandara Hang Nadim, taksi adalah mode transportasi yang terbaik untuk pergi ke pelabuhan. Anda tinggal keluar dan naik salah satu taksi yang berjejer di parkiran taksi pas di depan pintu utama bandara. Tidak ada antrian, jadi naik aja taksi yang kosong. Harga-nya pun sudah ditetapkan secara resmi (borongan, bukan menggunakan argometer) seharga 70 ribu rupiah untuk tujuan pelabuhan Batam Center.

Pelabuhan feri Batam Center

Perlu diketahui bahwa ada beberapa pelabuhan feri di Batam. Pelabuhan yang paling dekat dari bandara adalah Batam Center. Batam Center adalah pelabuhan baru yang menggantikan pelabuhan Batu Ampar yang sudah tua dan tidak layak pakai (Update: pelabuhan Batu Ampar ini pun sekarang sudah digantikan oleh pelabuhan Harbour Bay yang lokasinya berdekatan, dan sekarang dilayani oleh feri Wavemaster). Selain Batam Center, juga ada pelabuhan feri di Sekupang yang juga melayani tujuan Singapura, tapi lokasinya lebih jauh dan harga taksinya pun akan pasti lebih mahal.

Segera setelah Anda sampai di pelabuhan Batam Center, Anda bisa langsung membeli tiket feri di counter resmi perusahaan feri-nya. Ada beberapa perusahaan feri yang melayani tujuan Singapura, tapi saya sarankan untuk menggunakan Penguin Ferries, karena perusahaan feri tersebut yang paling banyak melayani rute Batam Center-Singapura (hampir tiap jam pasti ada keberangkatan), dan feri-nya juga lumayan baru.

Update on 7 May 2007: Berlian Ferries/Wavemaster sudah tidak lagi melayani jalur Batam Centre - Singapore. Ferry Wavemaster sekarang berangkat dari pelabuhan baru Harbour Bay di Batu Ampar. Informasi lebih lanjut bisa dilihat disini.

Harga tiket feri untuk pulang pergi adalah S$21, dan harganya sama untuk semua perusahaan feri. Selain itu juga ada pajak pelabuhan sebesar S$7, jadi total biaya tiket adalah S$28, dan ini masih belum termasuk seaport tax Singapore sebesar $16, yang harus dibayar di pelabuhan Harbourfront di Singapura pada saat kembali ke Batam. Jika Anda membeli tiket pulang-pergi dari Singapura, maka Anda harus membayar $S7 pajak ini waktu kembali dari Batam. Siapkan uang dollar Singapura Anda, karena harga tiket dalam dollar Singapura ternyata lebih murah dibandingkan harga tiket dalam rupiah.

Pada saat membeli tiket dan booking feri-nya, Anda juga harus menyiapkan paspor Anda karena petugasnya akan membuat boarding pass sesuai dengan nama Anda di paspor. Nama tersebut harus sesuai dan tidak bisa dipindah tangankan. Selain itu, petugas feri juga akan memberikan Anda dua kartu imigrasi, yang satu adalah kartu imigrasi Indonesia dan satu lagi adalah kartu imigrasi Singapura, dengan nama Anda sudah tercetak disitu.

Setelah urusan tiket selesai, dan Anda sudah memastikan tempat sudah di-booking untuk pemberangkatan feri selanjutnya, baru Anda harus pergi ke kounter fiskal untuk membayar fiskal. Biaya fiskal ini sebesar 500 ribu rupiah, dan harus dibayar kecuali jika Anda adalah pemegang paspor Batam, atau jika Anda bermukim di Singapura dan masih punya jatah bebas fiskal. Jika Anda mau mengurus bebas fiskal, maka Anda mengurusnya di counter yang sama dengan tempat Anda membayar fiskal. Counter ini lokasinya agak sedikit di pojok, dan harus agak teliti mencarinya.

Setelah Anda membayar fiskal, langkah berikutnya adalah mengurus bagasi Anda. Jika Anda tidak mau repot-repot membawa koper Anda ke feri, Anda bisa pergi ke counter bagasi untuk memasukkan koper Anda sebagai bagasi. Nanti Anda akan mendapatkan tag untuk bagasi Anda, mirip seperti di bandara untuk perjalanan menggunakan pesawat terbang. Tapi perlu diketahui, Anda tetap harus mengurus bagasi Anda nanti pas sudah sampai di Singapura. Ada biaya porter yang harus dibayar sesuai dengan jumlah dan berat bagasi Anda.

Setelah urusan bagasi selesai, Anda kemudian naik ke lantai dua dan melewati imigrasi. Setelah itu, Anda akan turun kembali ke lantai satu dan menunggu di ruang tunggu sampai feri Anda dipanggil. Barulah Anda naik ke feri, dan petugas akan meminta boarding pass Anda sebelum Anda naik ke feri.

(Bersambung ke Bagian 2)

Comments»

1. Minda Indra » Tips dan Trick ke Singapura lewat Batam - 2 - 3 May 2006

[…] Sambungan dari postingan sebelumnya… […]

2. Enda Quicklinks - 25 May 2006

Tips dan Trick ke Singapura lewat Batam - Part 1…

http://ip.sg.or.id/2006/05/03/tips-dan-trick-ke-singapura-lewat-batam-1/……

3. Dedhi - 25 May 2006

Memang betul harga tiket Penguin Ferry yang dibeli di bandara Hang Nadim dekat tempat ambil bagasi itu lebih murah daripada beli di Batam Centre.
Saya beli di Hang Nadim hanya 73 ribu, di Batam Centre dijual 110 ribu. Jadi saya beli di Hang Nadim dan di Batam Centre-nya tinggal Check in saja.
Di Batam Centre masih kena pajak pelabuhan S$2

4. indra - 26 May 2006

Terima kasih Mas Dedhi atas tambahan informasinya. :)

5. [indo-sing] Indonesian Community in Singapore :: Singapore-Jakarta via Batam (dan sebaliknya) :: May :: 2006 - 27 May 2006

[…] Tips dan trick untuk pergi dari Jakarta ke Singapura lewat Batam, atau sebaliknya, pergi dari Singapura ke Jakarta lewat Batam, bisa dilihat disini (part 1) dan disini (part 2). Semoga bermanfaat. Comments » […]

6. oón - 27 May 2006

emang lebih ngirit ongkos, kalau ke sg lewat batam gak perlu bayar fiskal :p

7. indra - 27 May 2006

#6: Sebenarnya ke SG lewat Batam tetep harus bayar fiskal, cuma biaya fiskalnya memang lebih murah (Rp 500 ribu) dibanding di Cengkareng (Rp 1 juta). Kecuali kalau punya KTP Batam atau Riau, bisa bebas fiskal. :)

8. william - 31 May 2006

Kalau pakai KTP dan Pasport Medan dari Batam ke SG kena fiskal gak yah? Thanks.

9. indra - 1 June 2006

#8: William, saya kurang tahu pastinya, tapi dulu pernah baca (lupa di milis mana) katanya paspor Sumatera (bukan cuma Batam) bisa bebas fiskal kalau mau ke SG lewat Batam. Tapi mohon maaf, tidak bisa konfirmasi benar tidak-nya.

10. ratnawati - 1 June 2006

berapa lama naik feri dr batam ke singapura? bisakah anda tunjukkan nama2 hotel yang murah,(sejenis losmen)..krn saya mau berkunjung ke singapura bersama teman2 dg hemat biaya(maklum biaya pas2an) apa saja yang harus di jaga dan dihindari sesampainya di singapura,karena awam tentang singapura..

terima kasih.

ratna

11. indra - 2 June 2006

#10: Perjalanan feri dari Batam Center ke Harbourfront Singapura akan memakan waktu sekitar satu jam. Hotel yang murah di Singapura adalah backpacker hotel seperti Inn Crowd Hotel di Little India.

Semoga membantu. :)

12. nevid - 7 June 2006

dari batam ke sing,untuk anak2 bayar fiskal gak ya?untuk org dewasa Rp.500.000,tp ada yg bilang fiskal anak2 hanya Rp.250.000.Apa benar?

13. Dwi Handayati - 9 June 2006

saya tertarik untuk pp dengan Indonesia AirAsia, tapi ga yakin dengan pembayaran pake kartu kreditnya. Apakah bapak pernah pakai pembayaran kartu kreditnya dengan aman alias tidak terjadi kebocoran? karena harus tulis 3 angka dibelakang kartu yang buat saya itu bener2 ga aman..

14. indra - 10 June 2006

#12 - nevid: anak-anak usia dibawah 12 tahun bebas fiskal. Cukup siapkan fotokopi paspor anak untuk pengurusan bebas fiskal. Tidak perlu bayar Rp 250 ribu, itu hanya tipuan dari calo fiskal supaya Anda tetap bayar (ke mereka, bukan ke petugas fiskal).

#13 - Dwi: saya sudah beberapa kali membeli tiket AirAsia (baik Indonesia AirAsia maupun Malaysia AirAsia, satu website kok dibawah satu pengelolaan) dan selama ini tidak ada masalah dengan kartu kredit saya, tidak terjadi kebocoran. Pastikan bahwa SSL berfungsi dengan aktif pada waktu Anda melakukan transaksi (lihat tanda kunci-nya di bagian bawah kanan browser sudah terkunci).

Semoga membantu. :)

15. sultan - 11 June 2006

saya berencana ke Kuala Lumpur lewat S’pore. Ke S’pore-nya lewat Batam, tapi inginnya balik ke Jakartanya langsung dari Kuala Lumpur dengan pesawat. Apakah bisa??

Selain itu, apakah ada rekomendasi hotel murah di KL??

16. wilson - 12 June 2006

ikutan nimbrung ya pak indra.

Btw Informasi blognya bapak sangat membantu & cukup informatif loh!

Sekedar tambahan infromasi pak,
Khusus bagi pemegang paspor dari wilayah batam, riau & sumsel emang bebas fiskal,
dan denger2 sih untuk pemegang paspor dari wilayah lain di sumatera juga.

Untuk menginap bila biaya murah, kebersihan, dan lokasi adalah pertimbangan utama,
saya pikir hotel 81 yg terletak di chinatown boleh dicoba, hotelnya murah dan bersih serta dekat kemana2.

atau dapat juga sewa kamar apartment di lucky plaza (di orchard road)
atau apartement di chinatown (dekat2 people’s park),
disana ada banyak apartement yang kamarnya dapat disewa dengan harga memadai,
punya views bagus (tergantung posisi kamar), lokasinya juga sangat strategis dekat sekali dgn pusat perbelanjaan dan public transportation (MRT, Bus, Taxi). Malah bila sekalian ingin medical check up letak apartment yang lucky plaza sangat2 dekat dengan MT. Elizabet.
hanya sayang untuk apartment2 ini ngak ada room service.
Dan khusus u/ yg di lucky plaza biasanya mereka pilih2 orang,
jd kita harus ‘get lucky’ dulu baru bisa sewa tuh tempat,
he2x… sepertinya sesuai namanya ya?

tarif perkamar per hari berkisar S$50-S$80,

O, ya pak mau tanya dikit nih?
(tapi ini mungkin agak melenceng sedikit dari topik blognya bapak)
Apa benar bila kita ke bangkok naik pesawat dari singapore atau dari malaysia,
dan hanya beli tiket 1x jalan, kita akan dikenakan fiskal pada saat kedatangan.
Tapi bila beli yang pulang-pergi kita tidak kena fiskal.

Kalau kena fiskal berapa ya biayanya?

Sebelum dan sesudahnya Thank’s ya pak.

17. indra - 13 June 2006

#15 - sultan: Bisa. Jadi Anda bisa membeli tiket pesawat AirAsia Jakarta-Batam, dan Kuala Lumpur-Jakarta. Dari Batam naik ferry ke Singapura, sementara dari Singapura bisa naik bus atau kereta api ke Kuala Lumpur.

Hotel murah di KL rata-rata di sekitar Chinatown. List hotel di KL, dari yang mahal ke yang murah bisa dilihat disini.

#16 - wilson: terima kasih atas tambahan informasinya.

Fiskal itu cuma harus dibayar pada saat kita meninggalkan Indonesia. Biayanya Rp 1 juta untuk perjalanan udara, dan Rp 500 ribu untuk perjalanan laut. Kalau udah keluar Indonesia, dari satu negara ke negara lain (selain Indonesia) tidak akan dikenakan fiskal. Demikian juga pas pulang ke Indonesia, tidak perlu bayar fiskal lagi. Fiskal itu cuma harus dibayar pada saat kita pergi meninggalkan Indonesia.

Semoga membantu. :)

18. sultan - 13 June 2006

Pak Indra, terima kasih sekali ya…

Kemudian, mengenai rekomendasi hotel2 ‘backpacker’. apa cukup nyaman kalau kita membawa anak2?? Bagaimana dengan NSS Hotel di kawasan Bugis??

Sekedar sharing, apa benar kalau kita ke malaysia, lebh murah kalau kita menggunakan armada bis-nya malaysia, ketimbang langsung menggunakan armada bis-nya singapur? Tetapi, kalau ingin menggunakan bis-nya malaysia kita harus ke johor dulu, baru dari sana kita pindah bis, tujuan KL dengan bis-nya malaysia.

Terima kasih sebelumnya, Pak.

Terima kasih sebelumnya

19. indra - 13 June 2006

#18 - sultan: Kayaknya hotel backpacker semacam New Seventh Storey (NSS) atau Inn Crowd kurang nyaman kalau untuk anak-anak. Kalau bawa anak-anak, mungkin bisa coba hotel yang kelas menengah (rate sekitar SGD80-100). Bisa coba Hotel 81 Bencoolen (jangan yang di Geylang), Supreme Hotel atau Park View Hotel. Daftar harga hotel dari yang murah ke mahal bisa dilihat disini.

Betul, naik bus dari Johor Bahru ke Kuala Lumpur (antar-kota dalam-negara) jauh lebih murah dibandingkan naik bus dari Singapura ke Kuala Lumpur (antar-kota antar-negara) karena harga tiketnya dalam Malaysia Ringgit. Dari Kranji MRT di Singapura, naik bus kota 160 atau 170 (bus dalam-kota antar-negara) ke Larkin Bus Terminal di Johor Bahru, dari sana naik banyak bus antarkota ke Kuala Lumpur.

Semoga membantu. :)

20. eki - 14 June 2006

Dear Pak Indra,

sebaiknya transport apa yg dipilih u/ dari s’pore ke JB…??? klo taxi, kira2 berapa tarifnya ? klo pilih naik bis, berapa biayanya dan naik dari mana..???. Thx

21. indra - 14 June 2006

#20 - eki: Bus kayaknya public transport yang paling murah dan efisien ke JB. Bisa naik bus 160, 170 atau bus Causeway Link yang kuning, naiknya dari seberang stasiun MRT Kranji. Biayanya kalau ngga salah S$1 one way SG-JB, dan RM 1 one-way JB-SG.

Kalau naik taxi, bisa naik shared taxi dari Rochor Road/Queen Street, biayanya kalau tidak salah S$8 per orang.

22. rio - 17 June 2006

Pak Indra,

Kalau boleh saya mau tanya, umpamanya saya berencana untuk backpackers ke SG lwt Batam bersama 3orang teman saya sekitar akhir Juli/akhir Agustus. Kira2 budget per orangnya berapa yah yang dibutuhkan?

Terima kasih banyak sebelumnya

23. indra - 18 June 2006

22- rio: Agak susah memperkirakan biayanya karena tergantung dapat harga tiket pesawatnya berapa. Tergantung apakah musim peak atau tidak, dan berapa jauh hari sebelumnya memesan tiket.

Terima kasih.

24. gadis - 23 June 2006

dear pak Indra..
saya mo tanya neh bapak punya situs yang memberikan gambaran tentang singapore gak ya ? misalnya peta singapore , saya rencana mo berangkat kesana, tapi saya biongung karane ini adalah akan menjadi perjalanan pertama saya ke singapura, dan saya berencana tidak menggunakan jasa Tour and Travel

25. indra - 23 June 2006

#24: Peta Singapura yang lengkap bisa dilihat di http://www.streetdirectory.com/. Kalau website travel guide resmi Singapura ada di http://www.visitsingapore.com/. Semoga membantu. :)

26. Minda Indra » Penginapan Murah di Singapura - 28 June 2006

[…] Setelah saya menulis tips dan trick perjalanan ke Singapura melalui Batam disini dan disini, cukup banyak pertanyaan yang saya terima mengenai penginapan yang murah dan bagus di Singapura. Hal ini cukup dimengerti, mengingat banyak para backpacker Indonesia, yang sudah mengirit dengan pergi ke Singapura lewat Batam dibandingkan langsung, juga ingin mengirit dengan menginap di hotel yang murah. Toh kebanyakan waktu para backpacker tersebut akan lebih banyak untuk jalan-jalan, sehingga tidak perlu untuk menginap di hotel yang mahal. […]

27. vita - 1 July 2006

halo Pak Indra.
Saya berencana mengadakan perjalanan Indonesia-Bangkok-Singapura-Indonesia. Yang belum beres adalah perjalanan Singapura-Indonesia. Saya bingung lebih murah via Batam atau langsung ke Jakarta ya? Karena saya cek di jetstar air tiket ke jakarta hanya S$230 untuk 2 orang. Kalau dari Batam ke Yogya mahal-mahal (oh iya, saya orang yogya jadi harus mempertimbangkan transport ke yk juga).
Terima kasih

28. vita - 2 July 2006

ralat pak Indra, maksud saya Valuair bukan yang jetstar, bahkan kalau tidak hari sabtu ada yg lbh murah,mungkin sama seperti yang dimaksud Bp. Budi S, yg mau ke Sin 11 Juli.
Thx!

29. indra - 2 July 2006

#27 #28: Vita, memang harga tiket Valuair/JetstarAsia ke Jakarta itu tergantung apakah lagi ada diskon atau tidak. Kalau lagi ada promosi, bisa murah kok. Coba aja lihat di website-nya Valuair, ada promosi tuh ke Jakarta cuma $58 (belum termasuk tax). Tapi memang tergantung tanggalnya juga, apakah tiket yang murah itu masih ada atau sudah habis (tinggal tiket mahalnya aja). Jadi musti pinter cari2 tanggal yang murah. Agak susah kalau tanggal pulangnya udah fixed. Makanya bagusnya pesan tiketnya jauh2 hari sebelumnya.

Coba bandingkan dengan AirAsia dari Batam ke Jakarta, bandingkan mana yang lebih murah setelah dihitung harga tiket ferry dan taksi. Harga ferry one-way Singapore-Batam itu lumayan mahal, sekitar $20-$25 kalau ngga salah (saya ngga inget pastinya).

Kalau pesawat langsung ke Yogya memang mahal. Mendingan lewat Jakarta kali ya? :)

30. vita - 2 July 2006

Terima kasih Pak Indra atas infonya, baru tau nih kalau tiket ferry one way lebih mahal,bisa jadi bahan pertimbangan. Saya sebetulnya sudah dapat tiket amat sangat murah : Jkt-KL-BKK BKK-KL-Jkt pakai Airasia berangkat 8 Juli cuma Rp 800.000 komplit dengan taxnya!!!! Murah meriah kan pak! Tapi di saya berubah pikiran dari BKK saya mau ke Singapore aja, sepertinya lebih menarik, jadi tiket BKK-KL-Jkt saya “buang”.
Ok deh Pak Indra,ntar kalau saya perlu bantuan saya tanya2 lg ya pak & saya akan berbagi pengalaman setelah dari perjalanan nanti.
Sekali lagi terima kasih!

31. indra - 2 July 2006

#30 - Ditunggu laporan perjalanannya. :)

32. Herry - 3 July 2006

Finally,…ketemu juga info JKT - BTH - SIN,…makasih pa’, sangat membantu sekali, soalnya 2 minggu lagi saya bakal ke Singapur via Batam, dan ini first time buat saya keluar negeri,……kalo ada info lain soal kondisi di Singapur kaya gimana kasih info lagi yach……

33. indah - 3 July 2006

ke singapura dari batam dengan pasport padang (sumatera barat) apakah perlu fiskal? berapa biaya fiskalnya? berapa kurs $ singapur sekarang? kalau dengan fery, apakah orchad road bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari pelabuhan singapura? berapa lama? kalau dengan bus, apa nama bus dan trayeknya serta berapa ongkosnya ke orchad road? apa saja tempat wisata lainnya didekat orchad road? apakah bulan juli-agustus ada SALE di singapura?
terimakasih

34. indra - 3 July 2006

#32: Sama2, silahkan add comment disini atau kirim e-mail ke saya jika ada pertanyaan lebih lanjut.

#33: Setahu saya, paspor Sumatera Barat tidak perlu bayar fiskal kalau ke Singapura lewat Batam, tapi saya tidak bisa memastikan. Kalau harus bayar, biaya fiskalnya Rp 500 ribu. S$1 sekarang sekitar Rp 5800.

Dari pelabuhan Harbourfront Singapura, jalan kaki ke Orchard jauh sekali. Mendingan naik bus SBS nomor trayek 65 dari bus stop seberang Harbourfront Centre ke Orchard Road, cuma $1.10 kalau ke Lucky Plaza. Alternatif lain, naik MRT ke Dhoby Ghout lalu pindah kereta api ke Orchard.

Tempat wisata rata2 bukan di sekitar Orchard, karena Orchard itu tempat berbelanja. Kalau mau ke tempat wisata bisa ke daerah City Hall (Esplanade, Merlion, etc) atau ke Sentosa (dekat pelabuhan Harbourfront).

Di Singapura saat ini sedang berlangsung Great Singapore Sale yang akan berakhir bulan Juli ini.

Semoga membantu. :)

35. dianpaham - 3 July 2006

Pak, minta contact # yg nyewain kamar di Lucky Plaza dong. Katanya ada jg kamar2 disewain di Paragon Apt. tp dah search kok ga nemu2. Tq sblmnya Mr. “Full Info of Spore”…;-)

36. nanda - 4 July 2006

pak Indra, minto tolong dong…
pergi ke Malaysia via Batam lewat Johor, naik feri nya apa, berapa biaya nya, atau mungkin dari teman-teman yg lain barangkali ada yg punya tips trip pergi ke Johor dgn biaya murah, trima kasih byk yah semuanya

37. indra - 4 July 2006

#35: mohon maaf, saya tidak tahu informasinya. Mungkin bisa coba berlangganan milis indo-sing dan bertanya disana, biasanya ada yang bisa jawab. :)

#36: Dari Batam Center, ada ferry langsung ke Pelabuhan Stulang Laut, Johor Bahru, Malaysia. Saya sempat lihat counter-nya waktu di Batam Centre, tapi sayangnya saya lupa nama ferry-nya dan berapa biayanya.

Saya sendiri udah pernah ke Stulang Laut (walaupun belum pernah naik ferry-nya), lokasinya tidak jauh dari kota Johor Bahru, naik bus ke kota cuma RM 1. Dari kota, bisa naik bus ke terminal bus Larkin, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur atau kota lain di Malaysia.

Semoga membantu. :)

38. amel - 4 July 2006

hai…
mao nanya donk.. kalo cuman beli tiket ferry one way doank kena brapa yah.. soal na saya denger kata nya jadi lebih mahal yah..??

trus mao nanya lage.. berhubung rokok di singapore mahal.. saya ingin bawa rokok dari jakarta… kalo dulu 1 orang bole bawa 1 slop.. sekarang ?? mohon bantuan dan pencerahan na…

39. indra - 5 July 2006

#38: Kalau tiket ferry one-way Batam-Singapore murah. Seaport tax di Batam cuma $3. Tiket one-way Singapore-Batam yang mahal karena seaport tax dan surcharge di pelabuhan Singapore-nya saja udah $10. Sayang saya kurang tahu berapa harga tiket ferry one-way baik Batam-Singapore maupun Singapore-Batam.

Singapore custom tidak memberikan concession untuk rokok. Jadi sebenarnya kita tidak boleh bawa rokok walaupun cuma satu kotak, harus kena duty. Tapi kalau ngga ketahuan ya ngga apa2. Jadi kalau mau bawa 1 slop juga ngga apa2, asal ngga ketahuan. Kalau ketahuan, harus bayar duty.

Semoga membantu. :)

40. nevid - 6 July 2006

hi pak indra,thank bgt buat info-nya.
Insya Allah besok saya n kel jalan ke sing-genting-kl thru batam.
I’ll share my travelling in your blog after i am back.
Hope I could enjoy this travelling.

41. be - 6 July 2006

hai
dari batam ke singapur naik fery apa dan jam berapa aja? dari singapur ke batam naik feri apa dan jam berapa aja? jam berapa fery terakhir dari singapura? berapa ongkos dan biaya lainnya? apakah bisa beli tiket batam-singapur PP di batam? fery apa yang terbaik dan termurah?

dimana sebaiknya menukar mata uang rupiah dengan $ singapur? di batam atau singapur?

dari plabuhan singapur ke sentosa bagaimana caranya? bisa jalan kaki? naik bus atau kendaraan apa dan berapa biayanya? kalau ingin melihat merlion dimana selain di sentosa dan bagaimana cara menuju kesana dari pelabuhan singapur? bisa jalan kaki?

dari orchad road apa tujuan wisata terdekat? bagaimana cara menuju ke tempat wisata tersebut?

apa tempat pertama yang wajib dikunjungi jika ke singapur?bagaimana cara menuju kesana? dengan apa dan berapa biayanya?

makasih….

42. indra - 6 July 2006

#40: selamat berlibur. :)

#41: ferry batam-singapura dan singapura-batam berangkat hampir tiap jam. ferry terakhir dari singapura sekitar jam 10 malam. biayanya $15 return batam-singapura-batam (tidak termasuk tax) dan bisa beli tiket pp di batam. ferry terbaik adalah wavemaster/berlian dan penguin. harga semua ferry sama.

mendingan nukar rupiah ke dollar singapura di batam, kalau di singapura rupiah dinilainya kecil.

dari pelabuhan harbourfront singapura, jalan ke bus interchange harbourfront terus dari sana naik bus ke sentosa. jalan kaki juga bisa nyebrang jembatan, ngga jauh kok. merlion yang besar cuma di sentosa, ada lagi di depan fullerton tapi lebih kecil dan sekarang lagi renovasi. bisa naik mrt ke city hall atau raffless place (ganti kereta api di outram park).

orchard road sendiri adalah tujuan wisata untuk belanja. :) tempat wisata lain adalah di sekitar city hall (gedung bersejarah seperti fullerton, esplanade, chijmes), jurong bird park, singapore zoological gardens, night safari, dll. silahkan lihat di http://www.visitsingapore.com/ .

wajib dikunjungi: esplanade/city hall dan sentosa. kalau ada waktu, bisa ke zoo dan bird park.

semoga membantu. :)

43. anne - 7 July 2006

bagaimana caranya agar tetap stay di spore tapi ngga punya PR?..apakah harus lapor tiap bulan?..saya tidak punya PR tapi pengen cari kerja di spore..kemungkinannya gimana ya? tunangan saya uda di spore dan punya PR..kalo ngekos bareng ada larangan ngga ya?kan lumayan untuk ngirit..kira-kira ada ngga ya kos-kos an yang murah..ada tahu info soal ini ngga?soal tempat dan biaya…

makasi untuk infonya…

44. indra - 7 July 2006

#44: Cari kerja kan gak hrs tinggal di SG, bisa cari kerja lewat Jobstreet atau JobsDB, interview bisa lewat telepon, kecuali kalau memang dipanggil untuk datang ke SG, biasanya kan dibayarin.

Ngga ada larangan untuk tinggal bareng tunangan :) tapi karena belum resmi menikah ya tidak bisa ikutan dapat PR juga. Mungkin coba minta tunangannya apply long term social visit pass, mudah2an bisa dapet.

Sewa kamar di SG sekitar $450-$550 per bulan, tergantung lokasinya.

Semoga membantu. :)

45. Hendri - 9 July 2006

Saya rencana mau ke Bangkok dari Singapura Via Batam. Travel agent yang bagus di Batam bisa Pak Indra beritahu travel yang bonafide di Batam untuk tour tersebut ?
Kalau bisa yang ada email dan web sitenya ? Thnaks

46. anne - 10 July 2006

Pak Indra, maksudnya long term social visit pass apa ya?..gimana caranya ya untuk apply? kalo saya datang trus belum dapat kerjaan..apa saya boleh kerja part time gitu?..sambil nyari kerjaan yang OK..ada aturannya ngga?thanks..

47. indra - 10 July 2006

#45: Mohon maaf, saya kurang tahu mengenai travel agent yang bagus di Batam. Mungkin rekan-rekan yang tinggal di Batam bisa bantu? :)

#46: Berikut informasi untuk aplikasi social visit pass whose spouse is a Singapore citizen or permanent resident. Saya tidak tahu apakah tunangan Anda bisa apply pass itu untuk Anda, mengingat “spouse”-nya masih berstatus “tunangan” bukan “married”.

Alternatif lain, kenapa ngga register marriage aja di ROM? Toh cuma register aja. :)

Kalau datang sebagai social visitor dan belum dapat kerjaan, ngga boleh kerja part time tanpa ijin, itu ilegal.

Semoga membantu. :)

48. anne - 10 July 2006

makasi Pak buat infonya..:) mau nanya lagi ya Pak..untuk register marriage apa keuntungannya ya Pak buat saya?ada batas waktunya ngga berhubung ini cuma register..apakah suatu saat bakal ditanyakan kapan marriagenya?kemana registernya?dikenakan biaya berapa ya?
kalo social visitor mau minta ijin kerja sulit tidak?diperbolehkan apa tidak?makasih banyak buat infonya..

49. indra - 10 July 2006

#48: keuntungan register marriage: status Anda adalah istri, bukan tunangan lagi. Jadi akan lebih mudah untuk suami Anda untuk daftar visa yang lebih lama untuk Anda, seperti long term social visit pass (LTSVP) atau permanent residence (PR).

Loh, register ini berarti Anda sudah resmi jadi suami istri. Jadi tidak akan ditanyakan lagi kapan marriage-nya, lha wong marriage-nya ya pada saat Anda register itu. Kalau yang dimaksud Anda adalah kapan perayaannya (customary, berdasarkan adat istiadat atau agama), itu tidak akan pernah ditanyakan oleh ROM.

Kalau di Indonesia, register di ROM itu sama kayak proses di KUA (untuk Islam) atau catatan sipil (untuk non-Islam).

Registernya di ROM (Registry of Marrriages) deket Fort Canning Park. Informasi lebih lengkap bisa dilihat disini. Mohon maaf, saya juga kurang tahu lebih lanjut karena saya menikah di Indonesia, bukan disini.

Semoga membantu. :)

50. anne - 10 July 2006

makasih banyak pak infonya…saya mau nanya satu lagi nih..kalo cuma turis biasa..bisa ngga stay di spore terus?tiap bulan harus lapor atau tiap berapa bulan?
maaf nih nanya melulu..:)..thanks..

51. indra - 10 July 2006

#50: Kalau datang ke SG melalui jalur udara (Changi), biasanya dikasih 1 bulan (30 hari) social visit pass. Setelah itu, bisa minta apply untuk perpanjang ke ICA di Lavender (gedungnya pas diatas Lavender MRT station). Bisa minta bantuan tunangannya untuk mensponsori aplikasi tersebut. Biasanya bisa untuk perpanjang maksimum sampai 3 bulan, tapi tiap kali perpanjangan cuma dikasih 2 minggu. Jadi 2 minggu sekali harus perpanjang.

Semoga membantu. :)

52. teddy runadi - 10 July 2006

pak indra yth,

punya info lokasi apartement di singapore, berikut price list sekitar mont elizabeth, boleh juga situsnya.

salam
teddy

53. anne - 11 July 2006

Pak..mau nanya lagi nih..semoga ngga bosan menjawabnya..kalo saya datang ke spore trus nyari kerja disana apa boleh? perusahaan di spore apa mau nerima yang ngga punya PR tapi ada di spore? peluangnya berapa besar ya pak?..ada agen yang mau bantuin ngga untuk nyari kerjaan tapi ngga punya PR?..ada larangan ngga kalo social visit apply working permit?..butuh biaya berapa dan apa bisa di approve?..thanks buat jawabannya..

54. indra - 11 July 2006

#52: Saya tidak tahu kalau apartment, tapi saya tau ada beberapa rumah di sekitar Mount Elizabeth Hospital yang kamarnya disewakan. Di Jalan Lada Puteh, belakang Lucky Plaza, coba kontak Kartini ato Leni (67356437 ato 67379029).

Informasi lebih lengkap bisa dilihat disini.

#53: Boleh kalau datang ke SG terus nyari kerja (tidak ada larangan), tapi tetep aja perusahaan yang hire anda harus apply employment pass/work permit untuk anda. Kebanyakan perusahaan lebih prefer Singaporeans atau PR karena tidak mau repot dengan urusan administrasinya untuk ngurus EP/WP.

Ada juga agen headhunter yang bisa membantu mencarikan pekerjaan, tapi biasanya agen tersebut nyarinya justru ke Indonesia dan bukan hunting di Singapore sini.

Semoga membantu. :)

55. Eny - 11 July 2006

Hi Pak Indra,
saya pengen ikutin tipsnya pak Indra nih. rencananya mau berangkat ke sg via batam itu tgl 17-21aug. nah itu kan pas liburan pastinya rame… apakah tiket di batam-sg itu selalu tersedia ya?
trus untuk book tiket airsia jkt-batam, baiknya pada saat kapan? saya cek harganya sudah 200rb an - 400rb an skrg one way…
thanks.

-Eny-

56. indra - 11 July 2006

#55: Tiket ferry Batam-Singapore selalu tersedia, jangan khawatir. Paling kalau ferry berikutnya penuh, kita biasanya bisa naik ferry yang berangkat berikutnya lagi.

Tiket pesawat AirAsia Jakarta-Batam, book lebih cepat lebih baik. Nanti kalau makin deket tanggalnya, akan semakin mahal. Kalau pas tanggal tersebut udah mahal, mungkin bisa dicoba tanggal lain.

Semoga membantu. :)

57. Eny - 11 July 2006

ok pak Indra.. thx untuk masukannya.. nti saya coba n saya update pengalaman saya klo udah balik lagi deh. thanks berat.

58. anne - 12 July 2006

pak indra..saya mau mencoba pergi ke spore lewat batam..kalo saya berangkat sendirian kira-kira aman ngga ya? saya rada takut sih..karena ngga pernah ke batam..kalo lewat KL lebih mahal ya Pak?trus hotel yang bintang 3 yang bagus dan bersih ada rekomendasi ngga pak? saya uda nyari2 tapi rada takut untuk book karena ngga tau macamnya gimana..tolong saya diberi nama hotelnya ama tarifnya..kira2 yang 50-100SGD..thanks buat infonya..

59. indra - 12 July 2006

#57: Selamat berlibur. :)

#58: Di bandara Hang Nadim maupun di pelabuhan Batam Center termasuk aman, resikonya paling pada waktu naik taksi dari bandara ke pelabuhan, tapi resikonya kecil.

Saya pernah menginap di Garden Hotel, lumayan enak, cuma $105. Dulu juga pernah menginap di Strand Hotel, dulu sih $75, ngga tau sekarang. Hotel Supreme juga katanya lumayan bagus, cuma $80, tapi saya belum pernah menginap disana.

Semoga membantu. :)

60. agi - 13 July 2006

pak indra sy mau tanya, pusat belanja yang murah n bagus2 untuk oleh-oleh dr singapore d mana ya? terimakasih sblmnya.

61. indra - 13 July 2006

#60: Kalau mau beli kaos atau gantungan kunci sebagai oleh-oleh, mungkin bisa dicoba di Chinatown (daerah People’s Park dan sekitarnya), banyak tuh. Di Lucky Plaza juga ada beberapa toko souvenir.

Semoga membantu. :)

62. sendy - 13 July 2006

pak indra, klo penginapan di singapura yg murah dimana ya? harganya kira2 berapa?

63. agi - 13 July 2006

pak indra klo cari magazine tentang laut (sea) diving d singapore d mananya ya Pak? sy skrng tinggal d jurong west, kira2 yang dekat dengan sy tinggal.

64. indra - 13 July 2006

#62: Silahkan baca artikel saya mengenai penginapan murah di Singapura.

#63: Di toko buku biasanya ada Pak. Kalau di daerah Jurong West, mungkin bisa coba ke toko buku Popular di Jurong Point.

Semoga membantu. :)

65. Jacky - 13 July 2006

Pak Indra, patung Merlion yang paling besar ada dimana ? Yang di Sentosa apakah yang paling besar?

Kalau ke Jurong bird park, apa berdekatan dengan Singapore Science center dan apa ada objek wisata lainnya yang berdekatan ?

66. indra - 13 July 2006

#65: Patung Merlion di Sentosa yang paling besar.

Jurong Bird Park agak jauh dari Singapore Science Centre, walaupun jalannya searah kalau dari arah Orchard/kota (ke arah West). Bisa kalau mau sekalian dikunjungi dalam satu hari.

Semoga membantu. :)

67. Eny - 14 July 2006

Pak, tanya lagi, kalau dari bandara Hang Nadim mau naik taxi ke Batam Center, lgs naik aja n bayar seharga 70rb? atau perlu ditawar2 lagi apa gmn pak? thanks ya.

68. indra - 14 July 2006

#67: Ada daftar tarif resmi-nya di counter taksi bandara. Tapi bisa aja sih coba nego pas mau masuk taksinya.

69. nevid - 14 July 2006

hai pak indra…saya mo sharing pengalaman nih mumpung msh anget…(hehehe..kyk pisang goreng aja).
Tgl 7/7 2006 saya holiday : Jkt-Batam-Sing-Genting-KL.
Oke,dari Batam ke Sing naik ferry, lebih murah beli tiketnya di Hang Nadim.Saya beli cuma $12.5 (kalo di Batam Centre $ 15)-adult & child sama.Taxi 70.000,tarif sdh resmi kok ada papan tarifnya.Taxi tdk perlu antri,tinggal pilih saja.
Saya naik Wavemaster,kapalnya bersih,besar dan lebih bagus dari Penguin.Yang jelas kursinya lebih bagus dari kursinya Air Asia (jakarta-batam).Saya masih punya jadwal ferrynya,kalo ada yg berminat bisa email saya di neviderlina@yahoo.com.
Perjalanan ferry 50 mnt.Kalo sdh di Sing jalan2 by taxi aman,krn drivernya gak aneh2.Kl mo cepat naek MRT-anak2 costnya cuma 55 cents(jarek jauh -dekat sama),kalo dewasa tergantung jarak tujuannya.Kmrn saya pakai kartu.jd kalo mo naik atau turun bis/MRT cuma tempelkan saja di mesin ticket.nanti nilai yang ada di kartu akan didebet sendiri sesuai dgn jarak tujuannya.Sing kotanya bersih n teratur sekali.
Saya sempat ke Science Centre,naik MRT lalu sambung bis lagi yg lewat science centre.Ada tmp science untuk : aviation,physical science,DNA Lab,water,dll juga musium Dynasaurus + tmp b’main anak2 tp menggunakan energy air.Tiket untuk family package (2 adult + 2 child = $32,anak2 aja $8.Disana ada juga SNOW City,waduh dinginnya lebih dari -2 derajat.Tiket masuknya $12 (1 hour).Sewa srg tangan $1.5,sewa pants(untuk anak2) $3.
Ada juga yg 2 hour,tp siapa yg kuat selama itu di sana-dingin buanget loh.Disana kita naik ke atas sbl bawa ban lalu meluncur-asik jg sih.Sewa lockernya cuma 1 cent.
Ke Sentosa Island ada paketnya - tergantung apa yg mau diliat.Kmrn saya ambil paket yg isinya : naik cable car (return)+underwater world+cinema+dolphin lagoon =$49.90 (adult) ,anak2(33).
Tapi panasnya masya Allah lebih panas dari Jakarta.
Yang lainnya saya sempat ke orchard,merlion,parkway parade (mall),Tampenis,lavender,city hall,mustafa.
Oya pak Indra,bis dari Sing ke Genting yang saya tahu hanya Transtar.Nice ++ & plushliner tidak ke genting tp cuma ke KL saja.
Saya sdh cek langsung ke 2 bis itu.Transtar bisnya bagus.Yang premier tiketnya $52 (double deck-bis tingkat),seatnya n design dalam bis bagus.Yang first class lbg bagus lg $70,seatnya single,ada TV-nya dg acara:Movie,Music,Games,Other Entertainment dll untuk Adult n Child.Dpt lunch,snack,drink,bantl jg selimut.Perjalanannya 7 jam.Anak saya enjoy sekali.
Dari Genting ke KL,bisa naik bis di Stasiun Bis-First World,disana byk loketnya tinggal pilih tergantung tujuannya.Kalo ke Pudu Raya (dkt Bukit Bintang) RM 7.5 (adult),RM 5.8 (child).Bisnya bagus.Naik taxi RM 65.
Di KL taxinya ada yang pake argo ada jg yg borongan.Harus pintar nawar deh.
KL-Jkt,naik airasia yg seatnya lbh bagus drpd wkt brangkat.
Oke segitu dulu,semoga bermanfaat.

70. indra - 14 July 2006

#69: Pak Nevid, terima kasih atas sharing informasinya. Mungkin jadwal ferry-nya bisa dikirim ke saya, nanti bisa saya post juga disini untuk rekan-rekan lain yang mungkin membutuhkan. :)

Terima kasih.

71. indah - 14 July 2006

mau nanya lagi ni..
saya mau liburan sehari (jam10pagi-8malam waktu singapur) di singapur. saya dari harbourt jam 10 pagi ingin ke orchad, sentosa,& city hall. bagai mana cara menempuhnya (dengan biaya termurah,transportasi yang digunakan,harga dan dimana membeli tiket transport) serta rutenya agar perjalanan lancar dan ringkas (nggak perlu bolak balik) dan kembali lagi ke harbourt singapur jam 8 malam.

dengan waktu sesingkat itu (seharian) kira-kira apakah saya sempat ke johor sebelum saya kembali ke harbourt?naik apa,berapa jam perjalanan dan berapa biaya transpornya(yang termurah dan pulang-pergi)? apa saja yang bisa saya lihat di johor? apa sedang ada sale atau barang-barang yang dijual disana murah-murah dan berkualitas? jenis produk apa yang dijual disana?

terimakasih sudah membantu saya!!

72. indra - 17 July 2006

#71: Bisa aja sih tapi agak terburu2 juga. Usulan itinerary dari saya: pagi-pagi dari Harbourfront, naik MRT ke City Hall, terus jalan-jalan dan foto-foto di sekitar City Hall, Supreme Court, Padang, Esplanade, Merlion, Fullerton, semua bisa dengan jalan kaki. Kalau mau bisa juga coba naik bumboat keliling Singapore River, naiknya bisa dari Esplanade atau dari Boat Quay (deket Fullerton).

Setelah makan siang, bisa naik MRT atau taksi ke Orchard, keliling buat shopping disana. Dari Orchard MRT, susur Orchard Road untuk shopping di semua mall yang ada di sana.

Sore (tapi jangan terlalu sore, mungkin jam 3-an), naik bus atau MRT ke Harbourfront, terus naik bus yang ke Sentosa. Setelah lewat pintu masuk, naik bus ke Cable Car Plaza. Banyak tempat atraksi menarik di Sentosa itu ada di daerah Cable Car Plaza, seperti Merlion, Sentosa Luge, Calsberg Sky Tower, 4D Magix dan Images of Singapore. Mudah-mudahan aja sempet kekejar semuanya, kayaknya sih sulit. :)

Dari sana, bisa naik cable car ke Mount Faber dan nyempetin foto-foto disana, terus pulangnya naik cable car lagi tapi jangan terus ke Sentosa, tapi berhenti di stasiun Harbourfront yang di tengah-tengah. Dari situ tinggal jalan untuk kembali ke pelabuhan Harbourfront.

Tidak akan sempet ke Johor Bahru. Waktu yang dibutuhkan di imigrasi, terutama weekend, bakalan lama.

Semoga membantu. :)

73. Diah S - 17 July 2006

Pak, berapa biaya rata-rata tiket masuk wisata disapur?

Trims, Diah

74. indra - 17 July 2006

#73: Tergantung obyek wisatanya. Tiket masuk Sentosa cuma $2, tapi untuk masuk ke tiap-tiap atraksinya lumayan mahal, berkisar $10-$20. Jurong Bird Park dan Zoo juga cukup mahal, sekitar $15. Kalau mau foto-foto di Padang, Esplanade atau Merlion itu tentu gratis, tapi kalau mau naik bumboat (perahu bermotor) keliling Singapore River, lumayan mahal, sekitar $12-$15. Duck Tour yang dari Suntec malah lebih mahal lagi, $33.

75. Yunita - 18 July 2006

Pak Indra saya berencana pergi dr jakarta-batam-singapura-malaysia-jakarta.
nah, yg mau saya tanyakan adalah dari singapura menuju malaysia jika saya ingin naik bus itu saya harus naik dr mana ???
tolong dijelaskan yg lengkap yah pak …
Thanks

76. indra - 18 July 2006

#75: Bus-bus yang ke KL biasanya berangkat di Lavender Street atau Golden Mile Complex. Bagusnya beli tiket sehari sebelumnya, terutama kalau weekend. Jadi bisa kesana sehari sebelumnya untuk beli tiket sekaligus survei lokasi, jadi besoknya tinggal berangkat aja tanpa kesasar.

Semoga membantu. :)

77. debby - 20 July 2006

Pak Indra, aku mau ngajak nyo untuk pertama kali ke S’pore via batam. Tolong diberikan itinerary di S’pore untuk tour selama 3hari 2 malam. Thanks berat sebelumnya..

78. jay - 21 July 2006

thanks buat tips n trick bos, sy rencana mau ke spore-KL, trus cari info bus ke KL nih ada link nya munkgin berguna buat rekan2 http://www.virtualtourist.com/travel/Asia/Singapore/Singapore-1495679/Transportation-Singapore-FromTo_Malaysia-BR-3.html

79. jay - 21 July 2006

ada lagi nih lengkap dengan harga dan jadwalnya

http://www.journeymalaysia.com/ptasingkl.htm

80. Ay Ling - 21 July 2006

Pak Indra, saya sangat senang dapat menemukan file Bapak mengenai tips & trick ke Singapura lewat Batam, ini sangat berguna banget pak.

Saya mau numpang nanya, saya baca pengalaman Bp. Nevid dari Singapura ke Genting naik bus Transtar, dari Singapura-nya berangkat dari mana yah, & sampai di Genting-nya dekat ke First World ngak? Kalau saya berencana stay di Phoenix hotel apakah jauh dari stasiun bis transtarnya?

Thanks atas info-nya yang sangat bermanfaat buat kami

81. indra - 21 July 2006

#77: Wah Deb, itu tergantung seleranya mau mengunjungi obyek wisata yang mana. :) Kalau bawa nyokap, mungkin harus banyak acara shopping kali ya? :)

Mungkin kalau saya bisa saran, hari pertama bisa shopping di Orchard, dan malamnya mengunjungi Night Safari. Esoknya bisa ikut City Tour keliling kota, dilanjut tour ke Sentosa. Hari ketiga bisa nyempetin shopping lagi sebelum pulang.

#78 #79: jay, terima kasih atas tambahan informasinya. :)

#80: Ay Ling, Bus Transtar yang ke Genting berangkat dari Lavender MRT, dan sampai Genting-nya di First World Plaza. Informasi lebih lengkap bisa dilihat disini.

Phoenix Hotel itu dekat banget ke stasiun MRT Somerset, dari sana tinggal naik MRT ke Lavender, ganti kereta api di City Hall.

Semoga membantu. :)

82. Hendri - 22 July 2006

Pak Indra, saya sudah booking tiket JKT - BTH PP untuk lebaran. Rencananya sich mau ke Bangkok dan Pattaya via Singapore. Kata teman - teman banyak travel agent di People’s Park yang jual paket tersebut. Apa saat peak season bisa langsung pesan dan langsung ada seat ? Bagaimana dengan rata-rata harga paket disana dan kualitas servicenya ?

Thank you.

83. indra - 24 July 2006

#82: People’s Park itu di daerah Chinatown, memang banyak travel agent di sekitar situ dan pada umumnya reliable. Kalau lagi peak season, bagusnya pesan in advance, kalau on the spot takutnya penuh jadi tidak bisa berangkat. Rata-rata harganya memang sedikit (tapi tidak banyak) lebih murah dibandingkan travel agent terkemuka seperti Chan Brothers.

Semoga membantu. :)

84. anne - 25 July 2006

Pak Indra..saya mau nanya nih..dari Changi ke daerah Tampines kira2 berapa menit dan taxinya berapaan ya kira2?..taxi di changi yang bagus dan jujur sopirnya apa ya pak namanya?..makasih pak buat jawabannya..:)

85. indra - 25 July 2006

#84: tampines itu dekat dari changi, sekitar 15-20 menit naik taksi, biayanya sekitar $6-$10 (tergantung surcharge di airport-nya).

rata2 semua taksi di singapura bagus2, jarang ada sopirnya yang curang atau ngajak muter2 kayak di jakarta atau kuala lumpur. jadi jangan khawatir. lagipula kalau di changi, kita tidak bisa milih taksinya karena ditentukan oleh petugas yang mengatur antrian.

semoga membantu. :)

86. Ina - 25 July 2006

Pak Indra……saya mohon bantuan informasi untuk nikah beda agama di singapore. kira2 persyaratan seperti kelengkapan surat2 apa saja yang diperlukan?

terima kasih.

salam
Ina

87. indra - 26 July 2006

#86: Mohon maaf, saya kurang tahu mengenai persyaratannya. Mungkin bisa cek ke website-nya Registry of Marriages Singapura. Atau bisa coba tanya ke milis indo-sing, disana banyak komunitas Indonesia di Singapura yang mungkin bersedia membantu.

88. Ina - 26 July 2006

Terima kasih Pak Indra……….atas info’nya

Pak Indra saya akan berencana nikah beda agama di singapore.
apakah masih bisa nikah beda agama di singapore?

89. indra - 27 July 2006

#88 - Ina: Harusnya sih bisa. Setahu saya disini tidak ada batasan agama untuk menikah. Tapi untuk prosedurnya saya kurang tau, mungkin bisa coba cek ke ROM.

Terima kasih.

90. Tia - 28 July 2006

hi friends, mungkin ceritaku dapat sedikit membantu teman2.. aku kemarin abis pulang dari singapore… trus kita hunting souvenir2, ternyata yang paling murah kalo kita beli di Mustafa Centre,…kalo naek MRT turun di Farer Park…. disitu dijual buanyaak banget souvenir dan segala macam barang yang harganya lebih miring dibanding di Chinatown or Bugis Street. Aku juga keliling ke Sentosa, singapore river park… chinatown.. bugis street Jurong… Zooo…dll Total waktu 5 hari aku di singapore…. Info tambahan di Takasimaya Orchard Road lagi ada Super Sale khusus untuk mainan anak2…. gila harganya emang super murah…. boneka Barbie aza cuma $6 trus Barbie Princess Pauper cuma $15… mana dapet harga segitu kalo di jakarta…??? Oke Friends… kapan-kapan aku cerita lagii yach!!!!!

91. meowmi - 29 July 2006

Buat ina yg lagi kebingungan, saya dapat memberitahukan apa saja prosedur yg mesti kamu penuhi utk menikah di Singapore. Akte kelahiran, kartu keluarga, kartu tanda penduduk, serta ijazah. kamu diharuskan untuk menterjemahkannya kedlm bhs Inggeris, kamu juga bisa meminta jasa penterjemah serta memfotokopy kesemuanya.Buat tunangan kamu dia hrs menyediakan pay slip 3 thn terakhir, income tax, ijazah, IC, cpf contributions, dan semuanya juga hrs difotocopy. Semoga dapat membantu kebingungan kamu. Semoga berhasil n secepatnya dpt tinggal disini.

92. Deri - 29 July 2006

Dear Pak Indra,
Asyik juga baca Blog ini,
salut deh untuk pak Indra,

Sept. nanti rencana saya mau bawa orang tua sama adik saya ke S’pore lewat batam, sekedar jalan saja.
cuma waktunya mepet nih,bisa kasih saya ,,,tempat menginap yang strategis yg dekat ke MRT juga murah merih (budget semalem SGD 70) , saya berangkat sabtu siang naik air esia tiba jam 1 dibatam(kalau gak ngaret) n jadwak pulang besoknya dari Batam jam 5 30 (sore)…..mepet banget yah..habis adik n saya harus kerja seninnya.

btw, saya sendiri sudah 3 x kesingapore cuma gak pernah lewat batam…itu juga gratisan (tugas kantor)

saya tunggu informasinya

terimakasih

93. indra - 30 July 2006

#90, #91: Terima kasih atas tambahan informasinya.

#92 - Deri: Saya bisa menyarankan Hotel Supreme atau Strand, tidak jauh dari Orchard dan dekat ke stasiun MRT. Lengkapnya bisa dilihat disini.

Memang agak mepet karena perjalanan dari Batam ke Singapura masih cukup jauh dan membutuhkan waktu lama, terutama pas di imigrasi.

Semoga membantu. :)

94. Winda - 31 July 2006

Hi Pa Indra.

Kebetulan agustus nanti saya dan kakak saya berencana ke KL, tapi kemungkinan mau lewat Batam. Hanya saja dari Batam kami ingin lewat Johor Bahru, karena melihat waktu sampainya lebih cepat dan harganya pun lebih murah jika dibandingkan melalui Singapore. Yang ingin saya tanyakan, kira2 bisa estimasi berapa biaya ferry dari Batam ke Johor Bahru dan lama perjalanannya? Kemudian dari pelabuhan di johor Bahru ke airport Senai memakan berapa lama dan berapa harga taxi/ bus nya? Dan yang terakhir kira2 untuk jalan2 di Johor Bahru ada mall apa yang direkomendasikan oleh Bapak, dimana tersedia tempat makan dan shopping centre yang lengkap dan tidak terlalu jauh baik dari airport maupun pelabuhan ferry di johor Bahru? Mungkin segitu saja pa. Terima kasih atas bantuannya.

Best Regards,
Winda

95. indra - 31 July 2006

#94 - Winda: Saya kurang tahu pastinya harga ferry dari Batam ke Johor Bahru, tapi seharusnya tidak jauh beda dengan harga ferry ke Singapura, mungkin sedikit lebih mahal karena perjalanan yang lebih jauh. Ke Singapura, harga ferry-nya sekitar 80 ribu rupiah.

Perjalanan dari Batam ke Johor Bahru mungkin akan memakan waktu sekitar 1.5 jam. Ferry akan mendarat di pelabuhan Stulang Laut, yang berlokasi di Kompleks Duty Free Zone, lengkap dengan shopping centre-nya. Tapi shopping centre-nya lumayan sepi, tidak seramai di pusat bandar.

Dari sana, Anda bisa naik bus ke pusat bandar (kota) Johor Bahru (RM 1, ini harga dua tahun yang lalu). Kalau taksi mungkin sekitar RM 6-10. Di tengah kota, tidak jauh dari imigrasi ke Singapore, ada shopping mall yang terletak cukup strategis, namanya Johor Bahru City Square. Ada food court (medan selera) yang lumayan lengkap (Food Junction) di lantai atas.

Dari sana, tinggal naik taksi ke Senai airport, mungkin harganya sekitar RM20, saya tidak tahu pastinya.

Semoga membantu. :)

96. anne - 1 August 2006

Pak Indra, saya mau ke spore minggu depan..rencananya ada 1 hari mau dipake buat jalan keliling2 tempat di spore yang bagus2 buat foto ama tempat yang jual oleh2 murah meriah..:)..saran pak indra kemana aja ya?thanks buat sarannya..:)

97. indra - 1 August 2006

#96 - anne: Foto-foto: Esplanade, Merlion, Fullerton, Boat Quay, Clarke Quay. Tempat jual oleh-oleh: Mustafa Centre, Chinatown, Bugis.

Semoga membantu. :)

98. rury - 2 August 2006

dear p’indra…
saya suka bgt bc2 blog bapak ttg singapore,.. saya py rencana ke KL-SP-Jkt, dan saya mo nanya pa’, ktnya dr KL ke SP by train bs juga,… kira2 keretanya gimana yah pak,.. bgs ga,.. soalnya saya bw anak say 2 th,.. ambil yg malem, enak ga ya… thx yah p’ indra

99. indra - 3 August 2006

#98: Pak Rury, bisa kok dari KL ke Singapore pake kereta api. Kereta api-nya mirip kereta api di Indonesia yang kelas bisnis gitu lah. Tidak terlalu mewah, tapi tidak terlalu jelek juga (seperti kelas ekonomi di Indonesia).

Kalau ambil kereta api yang malam, pilih tiket yang ada tempat tidurnya. Katanya (belum pernah sih), lumayan nyaman walaupun agak sempit. Jadi bisa tidur sepanjang perjalanan. Kalau sambil duduk kan lumayan capek. :)

Informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi website-nya KTM di http://www.ktmb.com.my/.

Semoga membantu. :)

100. rury - 3 August 2006

p’ indra…
thx ya pak atas info kereta apinya,… btw enakan naek kereta api or bus ya pak,.. kok lama bgt yah, nyampenya klo by train…

satu lg p’indra, klo kita ke KL, ada ga sih fasilitas antar jemput dr bandara ke hotel (dr hotel yg kita booking)…

thx bgt ya p’indra…

101. anne - 3 August 2006

Pak Indra, mau nanya nih..social visit pass di spore berapa lama ya?..saya datang lewat changi..thanks buat jawabannya..

102. Jessica - 4 August 2006

Pak Indra, saya dan keluarga berencana ke Malaysia Via Batam Singapore. Setelah naik ferry ke Sin, nginap semalam di daerah orchad. Mau ke Malaka atau Kuala Lumpur, naik bis dari mana dan berapa ongkosnya ?
Tempat wisata di Malaka A’Fomosa Resort apa cukup bagus ?
Thanks

103. indra - 4 August 2006

#100: Pak Rury, naik kereta api itu jauh lebih lama, 6-7 jam, sedangkan naik bus bisa lebih cepat, 4-5 jam saja.

Biasanya hotel tidak memberikan fasilitas jemput, karena lokasi bandara KLIA itu jauh sekali dari pusat kota KL (sekitar 80 km, yah kayak dari Jakarta ke Cikampek). Paling cepet memang naik kereta api cepat (ERL), cuma setengah jam, tapi lumayan mahal biaya per orangnya (RM 35 per orang). Kalau naik taksi, membutuhkan waktu sekitar satu jam, biayanya sekitar RM 70-80. Jadi kalau sendiri, naik ERL lebih cepat dan murah, tapi kalau rame-rame, naik taksi lebih murah.

#101: Ibu Anne, kalau datang lewat Changi, biasanya dikasih social visit pass selama 30 hari.

#102: Ibu Jessica, bus ke Melaka dan Kuala Lumpur berangkatnya di Lavender Street. Saya udah pernah ke A’Famosa Resort, yah biasa-biasa saja. Waterworld-nya lumayan bagus, mirip gelanggang renang Ancol. Tapi A’Famosa itu lumayan jauh loh lokasinya dari Melaka, taksi lumayan mahal.

Semoga membantu. :)

104. ryan - 6 August 2006

kalo ktp batam, paspor jogja kena fiskal ga pak?

105. indra - 6 August 2006

#104: Pak Ryan, paspornya harus ganti alamat dulu ke alamat Batam, ngikutin alamat KTP-nya. Baru bisa bebas fiskal kalau ke luar negeri lewat Batam.

106. anne - 8 August 2006

Pak Indra, saya akan ke spore kamis ini..saya mau tanya..apa boleh ya bawa gunting dalam koper?gunting kuku boleh tidak?perlu bilang ama petugas airlines tidak?thanks buat jawabannya…

107. indra - 8 August 2006

#106: Ibu Anne, gunting dan gunting kuku bisa dibawa, tapi harus masuk dalam koper yang dimasukkan bagasi. Tidak boleh dibawa ke kabin pesawat.

Semoga membantu. :)

108. syenny - 8 August 2006

pak indra…..

apakah kita waktu tiba disana kita tidak bakal nyasar ? maklum saya belum pernah ikut darat ke singapore dan KL.

thanks

109. Wibowo - 8 August 2006

Pak Indra, saya rencana tinggal di hotel Supreme, bagaimana
keadaan hotelnya? Diluar Orchard Road dan Chinatown , dimana
tempat2 belanja yang murah meriah?
Terima kasih.

110. nevid - 8 August 2006

Hi pak Indra..
Maaf baru bisa jawab permintaan pak Indra tentang jadwal feri Wave Master .
Jadwalnya sbb :
S’pore to Batam Ctr (Singapore time):
07.40, 09.10, 10.25, 11.05, 11.55, 12.40, 13.55, 14.45, 15.20, 16.50, 17.30, 18.05, 19.20, 20.15, 20.50, 21.30

Batam Ctr to S’pore (Indonesia Time):
07.00, 07.50, 08.50, 09.40, 10.55, 11.40, 12.30, 13.30, 14.35, 15.30, 16.30, 17.30, 18.10, 19.00, 20.00, 21.40

Total setiap hari ada 16 x pemberangkatan.
Oya melengkapi pertanyaan Ay Ling mengenai pemberangkatan bus Transtar,jenis bus Double Deck (tingkat) memang di Lavender,tapi kalo First Class berangkat dari Beach Road.
Sekian semoga bermanfaat.
Oya saya bukan Bapak tapi Ibu…hehehe…

111. Pandu - 9 August 2006

Bu Nevid,

Mau bertanya sedikit:
1. Bus Transtar S’pore - Genting dr Lavender brkt jam brp bu?
2. Selain Transtar, apakah ada bus lain dr S’pore yg tujuannya langsung ke Genting?

Terima kasih sblmnya.

Pandu

112. nevid - 9 August 2006

Pandu,
1.Berangkat dari Lavender ke Genting pagi sekitar jam 7.30.
Paling tidak jam 7.15 udah ada di sana.
Biasanya kalo telat di telpon ama mereka.Mereka jalan on time loh.
Jam2 lainnya saya tidak tahu pastinya.Tapi pernah saya tanya untuk tujuan genting hanya 1x perjalanan krn butuh waktu 6-7 jam.
Saya berangkat waktu itu dari Golden Mile Complex di Beach Road krn dpt bus transtarnya yg First Class.Berangkat 7.30 sampe Genting 14.00.
2. Selain transtar saya tidak tahu ada bis lain or not. Tapi saya pernah cek Nice++ and Plushliner gak ada yg ke genting.
Tapi kalo yg ke KL buanyak buanget.
Saya lihat di Genting ,lokasinya di First World Hotel (dibawah), ada byk counter tiket ke banyak jurusan di malaysia + singapore juga list harga2nya.

FYI,transtar bisnya bagus kok..recommend deh.Jangankan untuk yg first class,untuk yg bis tingkat aja bagus n bersih.

Semoga membantu.

Nevid

113. indra - 10 August 2006

#108 - syenny: Di Singapura jarang bisa nyasar, kalau di KL mungkin. Makanya, selalu bawa peta. :)

#109 - Pak Wibowo: Saya terus terang belum pernah menginap di Hotel Supreme, tapi rata-rata service level hotel di Singapura cukup bagus kok.

#110, #112 - Ibu Nevid: Terima kasih atas tambahan informasinya.

114. ryan - 10 August 2006

pak, klo feri yang dari singapura ke batam adanya sampai jam berapa ya pak?
saya dengar ada uang tunjuk, katanya kita diminta untuk menunjukkan jumalh uang kita setelah sampai di pelabuhan singapura.apa itu benar pak? makasih ya…

115. indra - 11 August 2006

#114 - Pak Ryan: Silahkan lihat komentarnya Ibu Nevid diatas (#110) mengenai jadwal ferry Wavemaster. Ferry terakhir dari Singapura jam 21:30 waktu Singapura.

Menunjukkan uang yang kita bawa di imigrasi itu sebenarnya adalah bagian dari proses pengecekan imigrasi. Cuma memang random, tidak semua ditanyakan. Jadi jawabannya: iya, kadang suka ditanyakan.

Semoga membantu. :)

116. nanda - 12 August 2006

pak indra & bu Nevid
Saya berencana jakarta-batam-johor-kuala lumpur, katanya di bandara soekarno-hatta pakai tax juga ga untuk tujuan batam? kalau tahu berapa kira-kira biayanya yah? terus untuk pembelian tiket kapal feri ke johor baru apa menggunakan mata uang rupiah atau RM yah? rencananya saya pulang via singapura ke batam, kira-kira bisa di beli di batam ga untuk tiket sng-batam? dan pakai mata uang apa? terima kasih sebelumnya

117. indra - 13 August 2006

#116 - nanda: Betul, Anda harus tetap bayar tax untuk penerbangan domestik, kalau tidak salah 75 ribu rupiah. Tapi Anda tidak perlu membayar fiskal.

Untuk pembelian tiket ferry Batam-Johor Bahru, Anda bisa menggunakan rupiah. Untuk pembelian tiket ferry one-way dari Singapore ke Batam, kayaknya sih harus beli di Singapura dan tidak bisa di Batam. Tapi Anda bisa coba tanyakan ke counter tiket ferry yang ada di Batam Centre. Pembayaran tiket yang ke Singapura bisa menggunakan rupiah atau Singapore dollar.

Semoga membantu. :)

118. Wibowo - 13 August 2006

Pak Indra & teman2,

Mohon informasinya kalau kita pergi dengan rute jkt-batam-singapura-malaysia-jkt, dokumen2 apa saja yg perlu diperhatikan utk dibawa selain paspor.
1. Jkt-batam-singapura: Di imigrasi batam & singapura, selain paspor & menunjukan tiket pulang (malaysia-jakarta), dokumen apalagi yg diperlukan?
2. Singapura-malaysia: Selain paspor & kartu imigrasi singapura, apalagi yg akan diminta?
3. Malaysia-singapura: Selain tiket pulang & paspor, apakah ada dokumen lain, apakah kartu imigrasi dr singapura msh diperlukan?

Terima kasih banyak sebelumnya :)

Wibowo

119. ikman - 14 August 2006

Beli Tiket Tiger Airways via Internet?
Pak Indra saya rencananya mao ke Thailand via Singapore via batam tanggal 19 agustus ini, saya mao terbang dari Singapore ke Phuket, saya check di internet ada budget airlines Tiger airways, Untuk pulang pergi SG-Phuket Rp. 800 kalo booking via Internet. Gimana rekomendasi Pak Indra, apa saya bisa book via internet dari sini Jakarta, amankah? saya takut bila semakin dekat jadwal makin mahal? Bagaimana kalo saya beli langsung di agent di singapore tanggal 19 untuk flight tanggal 21 Agt? mana yang lebih baik?
Terus bila penerbangan SG-PHU saya dari SG pagi banget jam 6.00 sudah ada di airport, bagaimana saya dari hostel (misalnya saya menginap di Incrowd Little India, ke Changi pagi2 sekali? bisa ngejar nggak, apa MRT atao bus sudah ada jam 5-an, atao saya nginap di Airport changi semalam sebelum keberangakatan, I’am afraid, I missed the flight. Terus please advise ttg Budget Terminal yang katannya agak jauh dari Changi, gimana cara mencapainya, mis dari Hostel Incrowd?
Apa ada tulisan Pak Indra ttg Phuket, mungkin bisa membantu
Thanks

Ikman

120. ikman - 14 August 2006

satu lagi pak Indra
Di mana di Singapore, tempat travel agent yang menjual tiket murah SG-PHU? katanya ada di People’s Park, ada dimana lagi?
Thanks- Ikman

121. indra - 14 August 2006

#118 - Pak Wibowo:

(1) Batam-Singapura: Di imigrasi Batam, Anda tinggal menyiapkan paspor, kartu imigrasi Indonesia, boarding pass ferry dan bukti pembayaran fiskal. Simpan kartu imigrasi Indonesia soalnya nanti akan diminta lagi pas pulang ke Jakarta. Di imigrasi Singapura: Anda harus menyiapkan paspor dan kartu imigrasi Singapura yang sudah diisi. Pastikan kartu tersebut diisi dengan benar, seperti tinggal di Singapura-nya (di hotel mana) dan next destination (Malaysia). Kadang Anda akan ditanyakan jumlah uang yang dibawa. Siapkan juga tiket KL-Jakarta jika diminta. Kartu imigrasi Singapura harus dipegang terus, jangan dilepas dari paspor.

(2) Singapura-Malaysia(Johor): Di imigrasi Singapura, Anda tinggal menyiapkan paspor dan kartu imigrasi Singapura yang akan diserahkan ke petugas. Di imigrasi Malaysia (Johor Bahru), Anda harus menyiapkan paspor dan kartu imigrasi Malaysia yang sudah diisi. Siapkan juga tiket pulang KL-Jakarta jika diminta.

(3) Malaysia(KL)-Jakarta: Di imigrasi Malaysia (KLIA), Anda harus menyiapkan paspor, kartu imigrasi Malaysia dan boarding pass pesawat ke Jakarta. Di imigrasi Indonesia (Jakarta), Anda harus menyiapkan paspor dan kartu imigrasi Indonesia yang Anda dapat waktu berangkat dari Batam.

#119, #120 - Pak Ikman: Untuk budget airline seperti Tiger Airways, lebih cepat dan murah beli tiket langsung di Internet. Jangan lewat travel agent. Pembayaran bisa langsung melalui kartu kredit, dan e-ticket tinggal di-print. Dan Anda bisa booking langsung dari Jakarta, lebih cepat lebih baik karena semakin dekat hari penerbangan, tiket murahnya takut keburu habis, tinggal sisa tiket mahalnya.

Untuk perjalanan pagi dari hostel, bagusnya naik taksi. Bisa berangkat dari hotel jam 5:15am, bisa sampai Changi (budget terminal) jam 6. Kalau naik bus/MRT, perjalanan jauh lebih lama, tidak akan keburu mengingat bus/MRT baru mulai beroperasi jam 5:30am pagi. Belum lagi dari stasiun MRT Changi (di terminal 2), masih harus naik shuttle bus lagi ke budget terminal Changi.

Sayangnya, saya belum pernah menulis tentang Phuket. Saya terakhir ke Phuket lima tahun yang lalu, jadi kalaupun saya tulis, pasti udah basi. ;)

Untuk travel agent, biasanya saya pakai online internet di Zuji. Tapi sekali lagi, untuk budget airline, jangan lewat travel agent, beli langsung di website airline-nya jauh lebih murah dan cepat.

Semoga membantu. :)

122. ikman - 14 August 2006

OK, pak Indra, hari ini saya coba untuk booking Tigerairways via internet,saya rencana tidak lama2 di Singapore, 1-2 hari saja dan terus terbang ke PHU, mudah2an bisa ya pak.
Saya tidak pernah book tiket via internet sebleumnya even Airasia di sini. Tapi tidak akan ada “fraud” khan pak, maksudnya Kartu Kredit saya di manipulasi? :)
Jadi nanti ada E-tiket atau nomor tiket, kita print dan tunjukkan ke counter check-in pada waktu keberangkatan beserta passpord kita sbagai id.card?
Yach semoga bisa, kalo gagal kan uangnya lumayan pak apalagi orang seperti kita.
Thanks

Ikman

123. ikman - 14 August 2006

I bought the tickets
Akhirnya saya hari ini sudah beli ticket Tiger Airways, cukup murah, Tiket PP SG-PHU utk 2 orang cuma SGD 265 = Rp. 1.5 jutaan
Paling saya sudah lega, pas sampai singapore nanti tanggal 19-an tinggal jalan, tgl 20 sore berangkat menujuh Phuket
Thanks pak atas tipsnya

Ikman

124. indra - 14 August 2006

#122, #123 - Pak Ikman: rata-rata sistem pembayaran di website budget airline itu aman kok Pak. Asal kita-nya hati-hati dalam menggunakannya, harusnya sih tidak akan menjadi korban fraud. Misalnya: gunakan komputer di rumah untuk melakukan transaksi, jangan menggunakan komputer di warnet. :)

Selamat berlibur. :)

125. inay - 15 August 2006

hallo pak indra, saya muikutan tanya nich mengenai tukar menukar uang,enaknya tukar disingapur atau malaysia atau dijakarta aja ?sebaiknya tukar pake rupiah atau dollar amerika ? untuk menukar uang RM / SGD ktnya gampang tukar disingapur/malay apa betul apa tdk lebih mahal di malay/singapur dibanding jakarta ? trim’s ya pak indra

126. Minda Indra » Nge-Blog, Pakai Bahasa Inggris atau Indonesia? - 15 August 2006

[…] Sebagai contoh, berdasarkan Google Analytics, salah satu artikel saya di blog ini yang paling populer adalah tips dan tricks pergi dari Jakarta ke Singapura melalui Batam (bagian pertama dan kedua). Artikel ini berisi panduan bagi orang-orang Indonesia, terutama yang di Jakarta, untuk pergi ke Singapura melalui Batam, agar bisa menghemat biaya tiket pesawat dan fiskal. Dengan sendirinya, artikel ini lebih diperuntukkan bagi orang Indonesia, sehingga saya menulis artikel tersebut dalam bahasa Indonesia, dan tidak membuat terjemahan bahasa Inggris-nya. […]

127. nanda - 16 August 2006

Saya lagi nih yang nongol…jgn bosen yah ditanya mulu…
1 bln seblmnya saya dah call ke lucky plaza untuk booking tempat dan sdh deal dgn harga 70 $ per kamar u/ 4 org, tapi begitu kmrn dikonfirmasi lg via telp mereka menaikan harga jd 100$, aduh sy jadi bingung bener, apa memang seperti itu yah untuk memesan tmpt di lucky plaza?or mgkn kl kita datang lgs kesana kira-kira menurut bapak apa ada kemungkinan tempat kosong?makasih yah pak sebelumnya

128. indra - 16 August 2006

#125 - inay: Enaknya beli RM/SGD di Jakarta aja. Nilai rupiah rendah sekali kalau kita menukarnya di Singapore/Malaysia.

#127 - nanda: Mungkin waktu itu baru booking, belum bayar? Kadang harga masih bisa berubah sampai pembayaran dilakukan.

Mohon maaf, saya sendiri kurang begitu tahu mengenai sistem dan prosedur penyewaan kamar di Lucky Plaza. Kayaknya apartemen itu disewa oleh yang punya apartemen, bukan oleh pengelola gedung. Beda dengan hotel atau service apartment.

Semoga membantu. :)

129. Pandu - 17 August 2006

Bu Nevid,

Sebelumnya terima kasih atas infonya di atas.

Saya coba cek di webnya (transtar.com.sg) kelihatannya yg langsung S’pore ke Genting cuma yg first class & premium ya bu (kelas yg termahal)? Utk yg kelas executive & VIP apa ada yg langsung ke Genting juga?

Terima kasih sebelumnya

Pandu

130. irna - 21 August 2006

buat nanda
apakah ada yang punya contact person buat booking kamar di lucky plaza?

131. liana - 21 August 2006

Dear Pak Indra,

Saya bersama teman ada rencana ke kl dan singapore tgl 16 September ini. Yang saya ingin tanyakan a.l :
1. Dari Dumai ke Melaka harus naik feri apa & berapa biayanya ?
2. Dari Melaka ke Penang harus naik bus apa ?
3. Rencananya saya naik mrt dari kl ke singapore. statiun akhir di singapore itu di mana yh ?
4. Dari stasiun itu harus naik kendaraan apa ke sim lim ?

Makasih banyak yh pak !

132. indra - 22 August 2006

#130 - irna: Mungkin bisa coba lihat disini, mudah-mudahan bisa membantu.

#131 - liana:

(1) Saya tidak ingat nama ferry-nya, tapi cuma ada satu ferry dari Dumai ke Melaka. Bisa ditanyakan nanti pas sudah sampai ke Dumai.

(2) Coba saja jalan-jalan di terminal bus Melaka (yang baru, Melaka Sentral), cari informasi apakah ada bus yang langsung ke Penang. Kalau tidak ada, berarti harus cari bus yang ke KL (banyak tuh), dari sana baru ganti bus ke Penang.

(3) Maksudnya naik kereta api dari KL ke Singapura? Stasiun akhir di Singapura adanya di Tanjong Pagar, Keppel Road.

(4) Ada bus langsung (SBS number 57) dari Keppel Road (Tanjong Pagar Railway Station) ke Rochor Canal Road (setelah Sim Lim Square). Informasi lebih lanjut bisa dilihat disini, pilih “Direction 2″.

Semoga membantu. :)

133. jay - 22 August 2006

@irna

ini kontak point apartment di lucky plaza sewa perkamar S$50 perkamar u/ 2 orang, yg punya orang indonesia jd lebih gampang negonya. sy sendiri baru berangkat ke spore tgl 31 sept ini jd belum tau juga kondisi kamarnya, bayar dp nya transfer via BCA

Lucky Plaza, 304 Orchad Road
Room & Apartment for rent Lucky Plaza
Lena/Thomas
Hp sg: +6597371587 / +6597665990
Hp indo :0811693088

#12-01 TEL : (65)67337173
#25-01 TEL : (65)67387365
#17-02 TEL : (65)68362162

Atau hubungi

Wira : 0812-6108565
Rosmiati : - 0812-9363601
(021) 64717795
(021)64717794

semoga membantu

134. irna - 22 August 2006

terima kasih buat informasinya

135. does - 23 August 2006

Tambahan untuk apartemen di LP:

1. Mrs Lee (Pengelola), LP lt. 24 telepon : #65 96239250. Tempat ini yg saya pakai bulan lalu. Kamarnya ada yg Double Bed ($50-60), ada juga yg untuk keluarga (1 double, 1 single) harganya $70-80, dan ada yg besar dengan kamar mandi sendiri ($90-100). Cukup nyaman dan bebas untuk menggunakan semua fasilitas, apalagi kalau bawa infant/child bisa masak sendiri. Pemesanan disarankan jauh-jauh hari dan terus kontak untuk konfirmasi ulang, karena tempat ini banyak sekali peminatnya.

2. Ummi (penjaga) di LP lantai 9, telepon #65 90680061, pernah digunakan teman saya, katanya sih hampir sama dengan yg saya gunakan di atas, hanya kalau di atas kamarnya lebih baru. Kalau disini pesannya harus 2-3 hari sebelum chek in, karena Ummi ini tidak bisa memastikan ada kamar kosong atau tidak, jd rada beresiko untuk kepastian mendapat kamarnya. Harganya antara $55-100.

3. Ibu Lili (pemilik) apartemen di belakang LP (dekat RS Mt. Elizabeth- Jalan Elok), kamarnya (rumahnya) lebih besar (bisa untuk 10 orang) dg fasilitas yg cukup mewah, hanya harganya mahal ($140-150). Telp melalui HP: 0811962288. Saya belum pernah coba tinggal di situ, harganya itu …sayang, bisa untuk keperluan lain.

Harga memang sering berubah-ubah, karena tidak ada ikatan terlebih dahulu. Tapi dari pengalaman saya kemarin, untuk nomor 1 di atas, rasanya orangnya bisa dipercaya asal kita telepon lagi untuk memastikan tempat kita tidak diambil orang lain.

136. nevid - 25 August 2006

Pandu,

Ya,first class n premium yg lgs ke genting.Tp premiumnya itu bagus juga kok.
Ada yg double deck (tingkat),lumayan lux kok bisnya - harganya kalo gak salah sekitar $55 (mohon di koreksi kalo salah).
Untuk executive n vip mungkin lgs ke KL.

salam,
nevid

137. liana - 26 August 2006

Dear Pak Indra,

Tanya lagi yh :
1. Kalau dari stasiun tanjong pagar ke harbourfront center harus naik kendaraan apa ? mrt atau bus ?
2. Dari tanjong pagar harus naik kendaraan apa ke inn crowd little india ?
3. dari inn crowd ke harbour naik apa ?
4. stasiun sentral kl ada di mana ?

sebelumnya sorry banget yh kalau pertanyaannya banyak banget !
thanks 4 info !

138. indra - 28 August 2006

#133, #135, #136: Jay, Does dan Ibu Nevid, terima kasih atas tambahan informasinya. :)

#137 - liana:

(1) Naik bus, dekat kok. Dari stasiun Tanjong Pagar, nyebrang Keppel Road, dari bus stop di seberang Keppel Road hampir semua bus-nya melewati Harbourfront. Ini nomor bus-nya: 10, 30, 57, 97, 100, 131, 145.

(2) Bisa naik bus 131 dari depan stasiun Tanjong Pagar (jangan nyebrang Keppel Road) langsung ke Little India market (blok 663). Dari sana tinggal jalan dikit ngelewatin Tekka Mall ke InnCrowd.

(3) Dari Little India ke Harbourfront tinggal sekali naik MRT (North East Line/NEL).

(4) Stasiun KL Sentral itu ada di daerah Bangsar. Dari sana bisa naik LRT atau monorail ke pusat kota KL.

Semoga membantu. :)

139. anne - 29 August 2006

pak indra, saya mau nanya nih..kalo tgl 24-25okt di indo kan tanggal merah untuk libur lebaran..di spore libur juga ngga ya pas tanggal merahnya?saya rencana mau ke spore pas libur lebaran karena kantor libur 1 minggu..ada saran ngga airlines yang harganya cukup murah di saat high season lebaran?..thanks buat infonya..

140. indra - 29 August 2006

#139 - anne: Di Singapore libur juga tapi cuma satu hari, tanggal 24 Oktober saja. Tanggal 25-nya bukan tanggal merah.

Silahkan dicoba Jetstar/Valuair, kalau ternyata mahal, mungkin bisa dicoba AirAsia lewat Batam. Lebih baik beli tiket jauh-jauh hari sebelumnya biar bisa dapat harga murah.

Semoga membantu. :)

141. amel - 29 August 2006

pak indra..
maaf sebelum nya rada keluar dari topik…

pak indra apakah ada kenalan yg ada blog yg menulis ttg informasi ke bangkok..??

saya masih buta banget soal transportasi yg lebih baik di gunakan di dalam kota bangkok…

mohon pak indra mao bantu saya…

terima kasih….

142. tety - 30 August 2006

pak indra…
rencananya saya mau ke singapura minggu depan dan anak anak saya..usianya 9 dan 4 thn,,,enaknya gimana ya melalui agent travel atau gimana..saya masih blank banget..syarat apa saja yg harus saya bawa….karena ini perjalanan pertama saya ke luar negeri….trus untuk anak2 biasanya ada aturan lain tidak….

makasih infonya

143. yuzuri’s blog :: notepad :: August :: 2006 - 30 August 2006

[…] http://indobackpacker.com/ http://ip.sg.or.id/category/jalan-jalan/ http://ip.sg.or.id/2006/05/03/tips-dan-trick-ke-singapura-lewat-batam-1/ http://ip.sg.or.id/2006/05/03/tips-dan-trick-ke-singapura-lewat-batam-2/ […]

144. indra - 31 August 2006

#141 - amel: Salah seorang sesepuh blogger Indonesia, Enda Nasution, saat ini tinggal di Bangkok. Anda mungkin bisa mengunjungi blog-nya beliau dan isi komentar kalau ada yang ingin ditanyakan.

#142 - tety: Kalau ke Singapura pake budget airline, biasanya beli tiket langsung di Internet lebih murah. Kalau pake airline biasa, beli di travel agent lebih murah. Anak-anak usia 9 tahun dan 4 tahun akan bayar harga tiket anak dan tetap dapat tempat duduk di pesawat.

Mengenai hotel/akomodasi, bisa pesan lewat travel agent di Indonesia, atau lewat Internet seperti di Asiatravel.

Semoga membantu. :)

145. ikman - 1 September 2006

Pagi Pak Indra
Saya Ikman yang dulu tanya tentang perjalanan ke Singapore, Saya telah kembali dari liburan ke Thailand dengan rute Jkt-Batam-Singapore-Phuket_Phi phi Island pp. Terima kasih atas semua infornya, sangat membantu sekali jadi perjalanan kita tepat waktu dan expenses dpat lebih efisien. Saya menulis juga blog dari hasil perjalanan saya tentang Tips Perjalanan Ke Phuket Thailand .: http://ikman.blogspot.com/ Semoga dapat membantu teman-teman yang ingin berlibur dengan tujuan yang sama.

Terima kasih

Ikman

146. shierly - 4 September 2006

Lam kenal Pak Indra,
Tgl 31 Agustus lalu saya sudah tulis email ini ke bapak, tapi kok hilang ya? Gak pa2 deh pak, saya ulangi lagi pertanyaannya:
Bulan maret 2006 lalu saya ke KL dan naik bus ke singapur lewat puduraya, turun di lavender st.
Tgl 27 dec ini, saya dan keluarga rencana akan ke singapur dan berangkat lagi ke KL dengan rute yang sama, tapi karena peak season saya takut ga dapet tiket bus (maret lalu saya beli tiketnya on the spot pak, ga pake reserve lagi dan busnya kosong).
KAli ini lebih baik gimana ya pak?Jadi rada takut ga dapet tiket juga nih, soalnya rencananya kita ga nginep di singapur dulu (untuk menghemat cost).
Emangnya kita bisa beli tiket bus secara online gitu pak?

147. indra - 6 September 2006

#145 - Pak Ikman: terima kasih atas tambahan informasinya.

#146 - shierly: Ngga kehapus, belum sempet di-approve aja kali. Pertanyaannya udah dijawab disini.

Semoga membantu. :)

148. lamrys - 6 September 2006

Hallo!
Pak indra, bapak tau ga harga tiket masuk ke genting-Island berapa?
Thanks before ;)

149. adimas - 6 September 2006

Hai pak indra,

Saya akan ke sing tgl 8 sept via batam, rencana kami berangkat 6 orang tapi 1 orang gagal berangkat, jadi saya ada lebih tiket one way Jkt-Btm-Jkt via air asia.
Departure Jkt-Btm 8 sept jam 15.30 dan pulangnya Btm-Jkt 11 Sept Jam 09:15.
Kalo ada yang berminat 1/2 harga bisa hub saya di 021-68148884, soalnya sayang kalo hangus nih.
1.O’ya pa’ Indra apa bisa nama di itenearynya air asia beda dengan orang yg beda?
2.Apa ktp adik saya yg batal di tunjukkan ke air asia trus tiketnya di berikan keorang yang beda?
3. Toko kamera digital yg murah di sing di mana ya?

Trims banyak pa’ Indra.

Wassalam,
Adimas

150. indra - 7 September 2006

#148 - lamrys: Genting itu bukan island, tapi integrated resort di atas gunung. Masuk ke Genting-nya sih gratis (paling bayar biaya transportasi), tapi masuk ke theme park-nya bayar.

Atau mungkin maksudnya Sentosa Island? Kalau Sentosa, biayanya $2 per orang, plus $1 biaya bus.

#149 - adimas:

(1) Harus ganti nama, kalau tidak salah. Ada biaya tambahan.

(2) Harusnya sih tidak bisa. Kan ada fotonya, bisa ketahuan. :)

(3) Untuk beli digital camera, bisa dicoba di Sim Lim Square. Tapi bagusnya tau harga dulu (check di Best Denki atau Harvey Norman atau Courts), baru bargaining dan hunting di Sim Lim.

Jangan ke Lucky Plaza, sering banyak toko yang nipu.

Semoga membantu. :)

151. Rona - 11 September 2006

Hai Pak Indra!

Tgl 16 Sept besok saya mau ke Singapore, dan ini baru pertama kali saya kesana….dgn rute p’jalanan JKT - Batam - Singapore - JKt
dan saya nginep di Hotel Supreme….!

Pertama saya minta tolong utk PROSEDUR PERJALANAN dgn Biaya2 nya, sampai tiba di Hotel Supreme.

Saya juga ada rencana mau ke KL……………tolong informasinya

Terima kasih

152. Eva Marrine Sagune - 11 September 2006

Dear Pak Indra, salam kenal yach..
Saya berencana ke Malaka dalam rangka berobat ke RS Mahkota Medical Centre. Ada informasi mengenai penerbangan yang langsung ke Malaka dari Jakarta atau ada saran lain?

Terima Kasih

153. indra - 11 September 2006

#151 - Rona: Informasi mengenai perjalanan dari Jakarta ke Singapura ke Batam bisa dilihat di postingan ini dan ini. Sementara tips perjalanan dari Harbourfront ke hotel bisa dilihat disini.

Untuk ke KL, saya masih belum sempat menulis artikelnya. Ditunggu, ya. :)

#152 - Eva: Tidak ada penerbangan langsung ke Melaka dari Jakarta. Paling mudah ke Melaka adalah naik pesawat AirAsia ke KLIA, dari sana bisa naik chartered taxi ke Melaka. Kalau naik bus juga bisa, tapi mungkin harus ke downtown KL dulu terus naik bus ke Melaka dari sana. Informasi lebih lengkap mengenai cara ke Melaka bisa dilihat disini.

Semoga membantu. :)

154. HENKYhendro - 12 September 2006

Pak Indra
Saya mau ke SIN via Batam dng air asia sampai batam 1705,bisa minta jadwal ferry yang tercepat ke HbrFrnt, dari btm Centr? untuk jam yang bisa terkejar dari 1705 hang nadim> Tks

155. Adri - 12 September 2006

Pak Indra,

Saya ingin menikah di Singapura, krn kami beda agama. Mohon bapak bisa memberikan panduan mengenai syarat-2 dan prosedur yang harus kami penuhi.
Terima kasih.

156. christien - 12 September 2006

Pak indra,

aku berencana ke singapore, KL, dan bangkok liburan idul fitri nanti.
aku mau tanya kalo mau ke s’pore via batam aku udah tau, tapi kalo dari s’pore ke kl gimana ya? aku mesti naek apa yang mudah dan tidak terlalu lama? kalo kereta bisa? jurusan apa? naik darimana dan harga berapa? lalu kalo dari kl ke bangkok naik apa ya yang mudah dan tidak terlalu lama? tolong beritahu aku dan kasih petunjuk dan saran ke negara mana yg mesti aku kunjungi dulu u/ lebih mudahnya.

Thanks…

157. indra - 12 September 2006

#154 - Henky: Jangan khawatir, ferry dari Batam Centre ke Harbourfront berangkat hampir setiap jam, dan ferry terakhir berangkat sekitar jam 10 malam. Jadi kalau sampai Batam jam 5, pasti sempat untuk naik ferry berikutnya yang tersedia sesampainya Anda tiba di Harbourfront. Kalaupun ferry-nya penuh, bisa naik ferry yang berangkat di jam berikutnya lagi.

#155 - Adri: Mohon maaf, saya kurang tahu prosedurnya untuk menikah di Singapura. Mungkin Anda bisa cek di website-nya ROM di http://www.rom.gov.sg/ .

#156 - Christien: Dari SG ke KL, paling murah dan cepat itu naik bus. Naik kereta api juga bisa, tapi perjalanannya lebih lama. Kalau naik bus, bisa dari Lavender atau Golden Mile Complex, tiketnya sekitar $20-$30. Kalau kereta api dari stasiun Tanjong Pagar, harganya juga sekitar $30. Dari KL ke Bangkok, paling cepat naik AirAsia, kalau naik bus lumayan lama.

Semoga membantu. :)

158. Adimas - 12 September 2006

Pak Indra,

Kok postingan saya ga masuk ya?saya tulis lagi deh.

Saya sudah pulang dari sing via batam, kemarin tiket air asia bisa saya pergunakan dengan nama yg beda, caranya waktu kita conform hanya 1 orang perwakilan anggota kita saja dan gunakan fotocopy ktp adik saya dan jng bilang bahwa yg naik orang yg beda,kalau kita bilang kita kena biaya pergantian 250rb.
trus pas sampe hang nadim, booking hotel untuk 2 hari di Grand central $130/hari, soalnya kalau beli langsung di sing suka penuh apalagi minggu ini ada pertemuan IMF jadi info yg saya dapat hotel di sing penuh semua.
Ada trik lagi, kalau booking hotel utk 2 atau 3 hari di hang nadim,gunakan dengan paspor yg berbeda utk tiap harinya, soalnya kita bisa dapat tiket gratis feri PP utk 4 ~ 6 orang (2 hari = 4 orang, 3hari = 6 orang).karena Sekarang masih ada promosi.
Belilah voucher feri di hang nadim sebelum ambil bagasi, biaya $13 pp, kalau di batam center $15.

Hati2 kalau beli barang elektronik,saya kemarin nelusurin cari kamera digital dari plasa2 di orchad,lucky plasa hingga simlim plasa, ternyata banyak yg curang tokonya. Ada yg ngasih brng palsulah, biaya tax yg berbeda beda, trus harus beli barang lain selain barang yg kita ingin belilah dan harganya ga jauh beda sama jakarta, hanya beda 200rb~500rb.
Untuk KamDig Garansi internasional yg sya baca di milis, kalau kita beli di luar biaya servis akan tinggi dan kadang suka ga ditrima jadi percuma bila beda 200rb~500rb.

Makan enak dan murah ada di depan hotel grand central, disamping meridien plasa atau di dalam meridien plasa, dengan range harga $1~$10. Untuk nasi lemak (Nasi,ikan teri pedas,telor,ayam dan sayur) hanya $3, air mineral $1, kelapa $2.5, pokoknya pas lah ama kantong kita.

Kalau pergi sekitar 5 ~ 6 orang paling enak naik taksi jadi aga murah, tapi ada ketentuannya, 1 taksi terima 3~4 org dewasa atau 3 dewasa 2 anak,tapi kemarin saya 3 dewasa,3 anak di angkut juga. kalau sendiri gunakan bis atau mrt. Jalurnya juga jelas, lihat jurusannya di halte ada.

Thanks to Pa Indra,Bu nevid dan rekan rekan yg ngeramein blognya Pa Indra, jadi kita ada panduan yg jelas.

Wassalam,
Adimas

159. Adimas - 12 September 2006

Pak Indra,

Kok postingan saya ga masuk ya?saya tulis lagi deh.

Saya sudah pulang dari sing via batam, kemarin tiket air asia bisa saya pergunakan dengan nama yg beda, caranya waktu kita conform hanya 1 orang perwakilan anggota kita saja dan gunakan fotocopy ktp adik saya dan jng bilang bahwa yg naik orang yg beda,kalau kita bilang kita kena biaya pergantian 250rb.
trus pas sampe hang nadim, booking hotel untuk 2 hari di Grand central $130/hari, soalnya kalau beli langsung di sing suka penuh apalagi minggu ini ada pertemuan IMF jadi info yg saya dapat hotel di sing penuh semua.
Ada trik lagi, kalau booking hotel utk 2 atau 3 hari di hang nadim,gunakan dengan paspor yg berbeda utk tiap harinya, soalnya kita bisa dapat tiket gratis feri PP utk 4 ~ 6 orang (2 hari = 4 orang, 3hari = 6 orang).karena Sekarang masih ada promosi.
Belilah voucher feri di hang nadim sebelum ambil bagasi, biaya $13 pp, kalau di batam center $15.

Hati2 kalau beli barang elektronik,saya kemarin nelusurin cari kamera digital dari plasa2 di orchad,lucky plasa hingga simlim plasa, ternyata banyak yg curang tokonya. Ada yg ngasih brng palsulah, biaya tax yg berbeda beda, trus harus beli barang lain selain barang yg kita ingin belilah dan harganya ga jauh beda sama jakarta, hanya beda 200rb~500rb.
Untuk KamDig Garansi internasional yg sya baca di milis, kalau kita beli di luar biaya servis akan tinggi dan kadang suka ga ditrima jadi percuma bila beda 200rb~500rb.

Makan enak dan murah ada di depan hotel grand central, disamping meridien plasa atau di dalam meridien plasa, dengan range harga $1~$10. Untuk nasi lemak (Nasi,ikan teri pedas,telor,ayam dan sayur) hanya $3, air mineral $1, kelapa $2.5, pokoknya pas lah ama kantong kita.

Kalau pergi sekitar 5 ~ 6 orang paling enak naik taksi jadi aga murah, tapi ada ketentuannya, 1 taksi terima 3~4 org dewasa atau 3 dewasa 2 anak,tapi kemarin saya 3 dewasa,3 anak di angkut juga. kalau sendiri gunakan bis atau mrt. Jalurnya juga jelas, lihat jurusannya di halte ada.

Thanks to Pa Indra,Bu nevid dan rekan rekan yg ngeramein blognya Pa Indra, jadi kita ada panduan yg jelas.

Sekarang imigrasi lagi ketat karena ada pertemuan IMF dan isu 911, jadi hati2 jng bawa benda berbahaya, rokok secukupnya aja, kalau bisa di bagi bagi aja ke koper yg lain dan bungkus dengan baju yg tebal.

Wassalam,
Adimas

160. Adimas - 12 September 2006

Pak Indra,

Maaf kalau postingan saya dobel, saya mau revisi kalau ongkos feri dari hang nadim $13 sekali jalan bukan pp.

Semoga membantu bagi para backpackers.

Thanks

161. Merlina - 13 September 2006

Pak Indra,

Sorry tanya lagi nih pak, kalau dari Batam langsung JB terus ke KL lebih susah dan jauh pak.
jadi rencana saya dari jakarta sampai batam jam 8.30 ke singapore dan mau langsung ke KL gimana caranya yah Pak,
1.Dari Pelabuhan naik apa yah pak untuk bisa langsung naik bus ke KL ?
2.Naik bus apa dari SG ke KL, apakah tiket bus harus booking dahulu pak? n gimana caranya apakah bisa dari jkt.
3. Bus tersebut sampai di KL di deket mana yah pak? hotel mana yang bapak recommend yang dekat dengan pemberhentian bus tersebut dan dekat trem pak?
4.Di KL jalan-jalan kemana dulu yah pak yang searah kalau naik trem ( rencana saya 3 hari di Kl dan 3 hari di SG)?
5, kalau dari genting ke SG naik trem ke mana dulu n naikbus apa yah pak n apakah harus pesan tiket dulu pak.

Sorry nih pak banyak banget pertanyaannya soalnya ini perjalanan pertama saya pak.
Thanks yah pak sebelumnya, jangan bosan jawab..

162. Ubay - 14 September 2006

Pak Indra, koq posting saya bisa hilang ya?
Terus ada yg ngak masuk juga tuch posting saya?
Mo nanya kalo naik taxi di spore hitung per kepala or per taxi ya?
Saya naik taxi dr tangjong pagar station ke ymca orchad 1 argo meter 4.5SGD tapi drivernya nagih 9SGD..gimana tuch?
Ma kasih pak.

163. indra - 14 September 2006

#158, #159, #160 - Pak Adimas: Terima kasih atas tambahan informasinya. :)

#161 - Merlina:

(1) Dari pelabuhan ada bus langsung ke Golden Mile Complex, kalau gak salah bus SBS nomor 100. Dari Golden Mile Complex ada bus yang berangkat ke KL.

(2) Kalau peak time (weekend), mungkin bagusnya booking dulu in advance. Harus datang untuk booking. Alternatif lain, ya untung-untungan datang kesana dan naik bus berikutnya, mudah2-an tidak penuh.

(3) Kebanyakan bus reguler ke KL akan tiba di terminal Puduraya, dekat Chinatown. Banyak hotel-hotel murah bertebaran di sekitar Chinatown.

(4) KL mungkin coba shopping ke Suria KLCC sambil lihat-lihat Petronas Twin Towers. Terus Bukit Bintang dan daerah Imbi juga banyak shopping center-nya, dan dilewati jalur monorail. Kalau ke tempat-tempat lain, kayaknya harus naik taksi.

(5) Dari Genting ada bus Transtar langsung ke SG, tapi cukup mahal karena bus mewah. Kalau mau murah, ya dari Genting turun ke KL dulu terus naik bus reguler dari sana.

#162 - Ubay: Sudah dijawab di posting sebelah.

Semoga membantu. :)

164. Merlina - 14 September 2006

Pak Inda,

Thanks yah atas informasinya, sorry pak saya posting lagi tadi di kira gak masuk.

165. waisi - 14 September 2006

pa indra,saya ada rencana ke singapura november depan,dan utk transportasi dalam kotanya,rencana menggunakan MRT atau bus,
Mo tanya proses cara beli tiket MRT sampai kelokasi tujuannya gmana,begitu juga kalo naik bus,apa bayarnya ke kondektur diatas bus seperti di jakarta atau seperti busway ,begitu juga papan2 petunjuk arah tujuan apakah mudah terlihat,mengenai tata kramanya juga selama dalam perjalanan,mohon penjelasannya…
terimakasih banyak pa indra FYI

166. gazali - 15 September 2006

pak indra…
ada tidak ya cara untuk ngurus bebas fiskal ke singapur, krn rencananya saya dan teman2 kuliah berencana untuk Kuliah Kerja Lapangan ke singapura.

kalau ada jalurnya bgmn?

makasih pak

167. indra - 16 September 2006

#164 - Merlina: Sama-sama, no problem. :)

#165 - Waisi: Untuk memudahkan Anda naik MRT dan bus, lebih baik Anda beli dulu kartu EZ-Link yang bisa digunakan untuk naik MRT dan bus. Jadi tidak harus beli tiket setiap kali naik.

Kalau tidak salah, harganya $15 per kartu, termasuk $10 worth of trip, $2 deposit dan $3 harga kartu (non-refundable). Tinggal tap aja di gate MRT pas masuk dan keluar stasiun, atau pas naik dan turun bus.

Untuk MRT, papan petunjuknya lumayan lengkap. Tapi untuk bus, tidak semua halte bus ada papan petunjuknya, jadi kadang suka bingung harus naik bus yang mana ke tempat tujuan. Sebagai senjata, bisa beli buku kecil tapi tebal yang namanya Transitlink Guide, harganya kalau tidak salah $2. Isinya informasi rute-rute bus di Singapura.

Tata krama, yang pasti tidak boleh makan dan minum di stasiun, kereta api dan bus. Juga tidak boleh merokok.

#166 - Gazali: Biasanya kalau mau KKL di Singapura, itu dapat work permit. Nah, work permit ini bisa digunakan nanti untuk mengurus pindah alamat ke KBRI Singapura. Setelah pindah alamat, nanti kalau pulang ke Indonesia, pas balik lagi ke Singapura-nya bisa bebas fiskal.

Tapi tentu saja, untuk kepergian pertama, tetap harus bayar fiskal karena pengurusan pindah alamat itu hanya bisa dilakukan setelah tiba di Singapura. Jadi memang baru bermanfaat kalau memang ada rencana pulang ke Indonesia di tengah-tengah KKL (sebelum KKL-nya selesai).

Semoga membantu. :)

168. bintang - 16 September 2006

Attn : Adimas,

hehehe takut salah aja, $ disini sing dollar kan…bukan USD, dalam waktu dekat rencananya saya akan ke sing lewat batam…

169. Lia - 17 September 2006

pak indra,

saya dan suami berencana untuk ke luar negeri untuk mengurus visa kerja suami (kebetulan WNA). yang mau saya tanyakan berhubung budget terbatas negara mana yang paling murah untuk dikunjungi (KL atau SIN). Kami memiliki anak berusia 10 bulan yang juga mengikuti kewarganegaraan ayah sehingga dia harus ikut untuk diurus ijin tinggalnya. Boleh minta saran airline yang murah dan akomodasi. Kami berencana untuk menginap 1 hari. Terima kasih.

170. gazali - 17 September 2006

makasih pak…kirain ada cara bwt bebas fiskal, ya itung2 ngirit 500rb. :)
btw work permit itu apa ya??? sori banyak nanya…

171. indra - 18 September 2006

#168 - bintang: Kayaknya sih S$, tapi mungkin tunggu Pak Adimas yang konfirmasi. Biasanya kalau di Batam, semua pake S$.

#169 - Lia: Airline yang murah dari Jakarta untuk tujuan Singapura adalah AirAsia (lewat Batam) dan Valuair/Jetstar. Kadang full-service airline seperti Qatar atau Emirates juga suka ngasih promosi murah. Untuk tujuan KL, kayaknya AirAsia masih yang termurah. Tergantung bookingnya kapan, kalau bisa jauh-jauh hari.

Akomodasi, hotel di daerah Orchard yang kelas menengah seperti Grand Central berkisar antara $100-$150. Supreme malah bisa lebih murah lagi, sekitar $80.

#170: Work permit itu adalah ijin untuk Anda menetap dan tinggal di Singapura selama masa KKL. Biasanya akan diurus oleh agennya.

Semoga membantu. :)

172. enno - 20 September 2006

pak indra, infonya ngebantu banget. kira-kira kalo ke singapur-KL-Bangkok waktu yg nyaman kapan ya pak, kalo peak season kan ribet. soalnya saya punya rencana ke singapur lewat batam

173. Tips perjalanan ke Phuket Thailand « My heart says…. - 21 September 2006

[…] Tulisan ini terinspirasi dari blog teman-teman yang pernah melakukan perjalanan ke Singapore, Malaysia dan Thailand.Dapat di klik di siniMas Artson seorang dosen dari Bandung : http://artson.blogspot.com/Pak Indra seorang ekspat Indonesia yang bekerja di Singapore : http://ip.sg.or.id/2006/05/03/tips-dan-trick-ke-singapura-lewat-batam-1 […]

174. bintang - 21 September 2006

pa indra, mohon informasi koneksi internet di s’pore? apakah ada [banyak] warnet spt di indo? atau ada cara lain? bagaimana kalo bawa notebook dari indonesia? soalnya sy pgn bisa tetep online via internet di s’pore dgn indonesia ^_^, trimsssss

175. Tips perjalanan ke Phuket Thailand « Ikman Punya Cerita - 21 September 2006

[…] Tulisan ini terinspirasi dari blog teman-teman yang pernah melakukan perjalanan ke Singapore, Malaysia dan Thailand.Dapat di klik di siniMas Artson seorang dosen dari Bandung : http://artson.blogspot.com/Pak Indra seorang ekspat Indonesia yang bekerja di Singapore : http://ip.sg.or.id/2006/05/03/tips-dan-trick-ke-singapura-lewat-batam-1 […]

176. Tips perjalanan ke Phuket Thailand « Ikman Punya Cerita - 21 September 2006

[…] Sebagai referensi teman-teman, saya hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp 5 juta per orang untuk perjalanan ini sudah termasuk tiket, akomodasi dan lain-lain.Tulisan ini terinspirasi dari blog teman-teman yang pernah melakukan perjalanan ke Singapore, Malaysia dan Thailand.Dapat di klik di siniMas Artson seorang dosen dari Bandung : http://artson.blogspot.com/Pak Indra seorang ekspat Indonesia yang bekerja di Singapore : http://ip.sg.or.id/2006/05/03/tips-dan-trick-ke-singapura-lewat-batam-1 […]

177. indra - 21 September 2006

#172 - enno: Menjelang akhir tahun hingga Chinese New Year (Februari) ini memang peak season. Mungkin bulan Maret-Mei adalah non peak season.

#174 - bintang: Disini warnet agak jarang, tidak sebanyak di Jakarta. Tapi hotspots Wi-Fi lumayan banyak, walaupun kadang harus bayar. Jadi memang bagusnya bawa notebook aja kesini. Kalo GSM-nya diset roaming ke SingTel atau Starhub gitu biasanya bisa dapet wireless gratis.

Semoga membantu. :)

178. bintang - 22 September 2006

pa indra makasih ya infonya…:)

179. Agus - 26 September 2006

pak, saya mau tanya, di suntec city, ada duck tour, maksudnya apa ya? trus brp biayanya? lalu saya rencanya mau k KL jg, kmrn browse ada yg S$95 udah sm hotel 1 night, n bus nya nice ++ kalo ga salah, emg kalo k KL brapa lama ya? thanx pak

180. Agus - 26 September 2006

oyah pak, kalo di malay, hotel buat backpackers gt dmana y?
trus ada online map singapur yg bisa di download ga? coz kmrn sy coba cr di www.visitsingapore.com, ga bisa.. thanx

181. noni - 26 September 2006

pak indra,
salam kenal :-)

pak, minta infonya dong, berapa jam perjalanan dengan bis dari singapur ke KL?
terminal bus-nya banyak di lavender street ya?

makasih pak

182. yossy hamdan - 27 September 2006

halo mas indra,sy berencana ke spore via batam, dg mmbawa 2balita 5th,2th,dan sy sendiri sdg hamil 5.5bln pd saat berangkat nanti, kira2 27/10, ini perj pertama sy dan anak2, kl sy membawa lauk kering apa boleh?
sy rencana book hotel asia,kira2 tmp wisata yg menarik u/anak2 dan tmp makan yg halal yg bisa direkomendasikan, dan sy berencana ke johor bahru, bis no berapa yg menuju kesana..juga tmp wisata disana..

sebelumnya tx ya mas!!!

183. Agus - 28 September 2006

oya pak, kayanya saya mau coba naek fery ke Johor Baru, baru naek airasia ke KL, kynya lbh hemat waktu ya? berhub tgl sy brangkat dr singapura, tgl 22-24an, lagi idul Fitri, liburnya brp hr ya kalo di malay? trus kalo dr airport KL ke pudu raya naek apa dr airport? brp fare nya y? n brp lama? thanks

184. indra - 28 September 2006

#179, #180, #183 - Agus: Duck Tour itu adalah tour keliling daerah pusat kota Singapura menggunakan kendaraan amphibi (darat dan laut). Biayanya $33 untuk dewasa, $17 untuk anak. Informasi lebih lengkap bisa dilihat disini.

Dari Singapura ke KL naik bus sekitar 5 jam. Hotel backpacker di KL itu banyak di sekitar Chinatown. Kalau peta Singapore yang bisa di-download kayaknya ngga ada. Tapi jangan khawatir, banyak banget brosur pariwisata Singapura lengkap dengan peta yang bisa didapatkan dengan gratis di banyak hotel, shopping mall dan tempat pariwisata di Singapura.

Ferry dari Batam ke JB cukup lama, dan dari pelabuhan JB ke airport juga cukup jauh. Naik pesawat dari JB ke KL itu tanggung, KLIA ke pusat kota KL itu 1 jam, mendingan naik bus sekalian.

Di Malaysia lebaran libur dua hari: 24 dan 25 Oktober 2006. Kalau di Singapura, liburnya cuma sehari: 24 Oktober 2006 saja.

Kalo naik AirAsia, dari airport LCCT KLIA bisa naik shuttle bus ke KL Sentral, cuma bayar 9 ringgit. Lama perjalanan sekitar 1.5 jam. Kalau naik pesawat lain, dari terminal KLIA bisa naik kereta api cepat ERL ke KL Sentral, lebih cepat (30 menit) tapi lebih mahal, sekitar 35 ringgit.

#181 - noni: Sekitar 5 jam. Bus ke KL berangkat dari Lavender Street dan Golden Mile Complex di Beach Road.

#182 - Yossy: Wah, ngga repot tuh bawa dua anak dan sedang hamil? Suami ikut tidak? :)

Lauk kering seperti apa? Harusnya sih tidak apa-apa kalau untuk konsumsi sendiri.

Tempat wisata untuk anak-anak yang direkomendasikan: Sentosa, Singapore Zoo, Jurong Bird Park.

Tempat makan banyak yang halal di Singapura, jangan khawatir. Food court seperti Banquet semua stall-nya halal. Fast food seperti KFC, Burger King dan McDonalds juga halal.

Untuk ke Johor Bahru, naik MRT ke Kranji, dari sana naik bus 160 atau 170 ke Johor Bahru. Disana tidak banyak tempat wisata, kebanyakan orang SG kesana untuk shopping.

Semoga membantu. :)

185. wawa - 28 September 2006

to : pak indra
pak indra …
salam kenal…
pak indra saya ingin sekali bekerja di singapore, saya mau minta tolong selain pak indra membuat tips and trick ke singapore bagaimana kalo pak indra juga membuat tips and trick mencari pekerjaan di sinapore, semoga berguna bagi yang ingin mencari nafkah di negeri orang.
sebelumnya terima kasih

salam
wawa

186. yossy hamdan - 29 September 2006

tanya lg ya mas,tentu sm suami, dia gendong yg kecil,sy gandeng yg besar..hihihi niat ya…memang sekalian ajak anak liburan dan ada sepupu sy yg merit…sy liat dibrosur menu laksa, char kwe tiaw, satay…smpe ngiler nih…nah itu yg sy maksud, apa itu halal gak yah…

lauk keringnya sih ayam goreng aja,biar kl lapar gak repot cr makanan,aplg anak sy terbiasa makanan rumah..bisa gak dibawa…soal sy smp batam kl jam 3an, jd gak mo mampir2 dulu!

187. indra - 30 September 2006

#185 - wawa: Terima kasih usulannya, sedang saya pertimbangkan. :)

#186 - Yossi: Mengenai laksa, char kwe tiaw, satay, tergantung lokasinya, halal atau tidak. Mungkin Anda coba cari food court Banquet, yang semua stall-nya halal semua. Daftar lokasi food court Banquet bisa dilihat disini.

Ayam goreng sih ngga ada masalah untuk dibawa ke Singapore. :)

Semoga membantu. :)

188. Agus - 30 September 2006

pak, mau tanya lagi neh.. kalo dari geylang ke orchad gt jauh ga? coz kayanya mu k hotel di dkt2 geylang, yg paling deket dari geylang MRT apa y? kalo dari chinatown ke lavender st. bisa jalan ga? jauh ga? coz kalo liat di peta MRT kayanya deket.. tp gtau real nya..
thanks ya pak atas info nya…

189. indra - 1 October 2006

#188 - Agus: Geylang ke Orchard itu jauh. Orchard itu di sebelah barat laut pusat kota, sementara Geylang itu di timur laut dari pusat kota. Ada bagusnya menghindari daerah hotel di Geylang karena walaupun murah, tapi daerah “red-light district”. MRT terdekat ke Geylang adalah Kallang, Aljunied dan Paya Lebar, tergantung daerahnya.

Dari Chinatown ke Lavender tidak bisa jalan, terlalu jauh. Paling mudah naik taksi.

Semoga membantu. :)

190. Agus - 1 October 2006

oh gt y? ok d, thankz infonya pak, untg blon sy buking hotelnya, jdnya nginep di cinatown 1 mlm trus mau pindh k people’s park apartement, coz di apartement gt ga bisa dibuking, sy udh coba telp, but ktnya suru telp lg pas udh dkt.. thankz pak info2nya.. It’s very helpful..

191. rudijanto - 3 October 2006

Pak Indra, saya putuskan ke Singapura lewat Batam setelah membaca pengalaman Anda. Saya udah booking AdamAir tgl 23 October dari JKT dan balik dari Batam tgl 27 October. Kalo soal hotel apakah tidak lebih baik pesan di Hang Nadim sehingga dapat voucher fery gratis? Apa di pelabuhan Singapura ada counter-counter hotel tempat kita bisa pesan kamar ya?

192. indra - 4 October 2006

#190 - Agus: Sama-sama. :)

#191 - Rudijanto: Saya tidak tahu apakah kalau pesan hotel di Hang Nadim bisa dapat voucher ferry gratis? :) Di pelabuhan Harbourfront ada tourist information desk, tapi saya tidak tahu apakah kita bisa pesan hotel disana. Kalau mau aman sih enaknya lebih mudah pesan hotel in-advance.

Semoga membantu. :)

193. rhomina - 8 October 2006

pak indra, terimakasih tips, nya, saya pake tips bapak waktu saya pergik singapore bln sep lalu.informasinya detail sekali.

saya dan teman saya tidak berhasil dapat voucher hotel yang sesuai budget kami, kaen mendekati imf meeting.

jadi kami coba bugis backpacers, karena ga berani sharing kita akhirnya pke kamar yang private untuk ber2,.. tempanya oke banget karena ada di bugis junction, tepat d depan bugis mrt, harga kamarnya 60 s$ permalam, kamarnya bersih sekali, tapi masalahnya backpackers ini ada d lt 3, jadi kalo bakalan bwa brg banyak ga recomended deh,…

dan ga boleh bawa anak di bawah 18 thn, kalo ada yang tertarik mau liat kamarnya boleh imel saya di rhomina-hestiningtyas@yahoo.com,…

kalo mau liat budget hotel lainnya coba deh liat di bookinghostel.com,..

selamat jalan2

194. jingga - 10 October 2006

Halo,

Kalo ke Bintan dari Singapore dan kembali ke Singapore lagi, kena biaya Fiskal tidak?
KTP & Paspor saya Jakarta
Saya dapat informasi dari Bintan Lagoon tidak ada fiskal untuk perjalanan seperti itu, tapi saya ragu.

Mohon informasinya, terima kasih

195. indra - 10 October 2006

#193 - rhomina: terima kasih atas informasinya. :)

#194 - jingga: iya, kalau dari SG ke Bintan, terus ke SG lagi, pas meninggalkan Bintan harus bayar fiskal lagi, 500 ribu. Kecuali kalau Anda udah paspor beralamat Singapura dan dapat jatah bebas fiskal 4 kali setahun.

Semoga membantu. :)

196. Ryana - 12 October 2006

Pak Indra mo tanya,kalo pergi ke Spore lewat Batam saat high seasons pasti kebagian kapal Ferry ga ya Pak??? Trus Kalo Hong Leong Building di Raffless Quay Street dari Orchard jauh ga Pak dan akses ke Hong Leong Building dari Orchard efisien,hemat namun cepat baiknya naik apa ya Pak?? Tolong di reply cepat ya Pak, saya butuh informasi segera. Terima kasih sudah membantu ^^

197. Agus - 14 October 2006

Pak, saya mau tanya neh, saya mau naek bus dari SG ke KL, trus harus turun dulu urus imigrasi n paspor di perbatasan Malay – Sing ga? ato langsung ajah? Rencananya saya mau naek bus reguler ajah dari Lavender St., tapi apa bus reguler nya lumayan? Ada AC nya n bersih ga? Or kaya bus2 reguler Indo yg tanpa AC n agak kotor? Ada biaya administrasi dll gt ga? saya udah booking hotel di dkt Petaling, KL, trus kalo mau ke KLCC n ke Sungei Wang, alternatif transportasinya naek apa yah yg murah? Kalo naek taxi mahal ga? Kita cm b3. n 1 lagi, paspor saya ga ada sampulnya, is that OK?
Thanks pak..

198. indra - 16 October 2006

#196 - Ryana: Ferry berangkat hampir setiap jam, dan kapasitasnya lumayan banyak. Jadi pasti kebagian, walaupun untuk high season, mungkin harus nunggu keberangkatan 2-3 ferry berikutnya.

Dari Orchard ke Hong Leong Building bisa naik bus (yang ke arah Shenton Way) atau naik MRT ke Raffles Place.

#197 - Agus: Betul, naik bus dari SG ke KL harus turun di imigrasi SG dan MY untuk urus paspor. Bus reguler dari Lavender lumayan kok, setaraf dengan bus Patas AC di Indonesia.

Dari Petaling/Chinatown KL ke KLCC bisa naik LRT Putra, atau naik taksi. Taksi di KL tidak mahal.

Paspor tidak ada sampulnya, tidak masalah.

Semoga membantu. :)

199. Masindi - 16 October 2006

paspor Batam? emangnya Batam itu negara?

200. indra - 16 October 2006

#199 - Indi: Maksudnya paspor Indonesia beralamat Batam, gitu loh. :) :)

201. nesa - 17 October 2006

Pagi, pak…

Saya mau nanya saat ini, biaya taksi dari pelabuhan ke Orchard road ? atau Tanglin Road ? teman saya tinggal disana, jadi sy dr pelabuhan langsung kesana.

202. aji - 17 October 2006

mas indra, saya butuh info ni, saya berencana ke singapura 27 Oktober ini. Kalau nginap yang murah di sing di mana ya? saya baru pertama kali ke sing kalau ke KL udah pernah. Tapi bingung juga soalnya gak tau rute. trus naik kereta api ke KL dari Sing berapa ongkosnya. Trims

203. lina - 18 October 2006

pak Indra,

Kalau kita ke spore pas lebaran trus mau booking tiket bus ke kl (golden mile) rame ga ya? trus tgl 24 golden mile tutup ga ya?

tengkiu,
Lina

204. indra - 18 October 2006

#201 - nesa: Biaya taksi dari Harbourfront ke Orchard/Tanglin area sekitar $5-$7.

#202 - aji: Informasi mengenai penginapan murah di Singapura bisa dilihat disini. Informasi harga tiket dari SG ke KL bisa dilihat disini.

#203 - lina: Kemungkinan bus ke KL lebih rame pas lebaran. Kayaknya sih Golden Mile akan tetep buka pas lebaran.

Semoga membantu. :)

205. Djaidi - 19 October 2006

Pak Indra, libur lebaran ini kami ada rencana ke Singapura via Batam. Kami berangkat tgl 25 pagi dari Surabaya ke Batam. Lalu pulangnya dari Batam tgl 30 pagi. Selain ke Singapura saya juga rencana ke Malaysia selama 2 hari. Jadi 25 & 26 malam di Singapura terus 27 & 28 Malam di Malaysia. Tgl 29 malam nginap di Batam, karena pesawat dr Batam ke Sby itu pagi. Pertanyaan saya, di Malaysia itu saya rencana ke Genting, enaknya nginap di kota atau di daerah genting ya Pak? supaya agak ngirit gitu ^_^
karena kami bertujuh (4 cowok & 3 cewek, termasuk anak2 3 org) apa lebih baik sewa apartemen supaya lbh ngirit ? Lalu enaknya itu 2 malam di Genting semua atau yg semalam nginap di kota supaya bisa ke KL tower? — terima kasih banyak sebelumnya ya Pak. Salam, Djaidi.

206. indra - 19 October 2006

#205 - Djaidi: Tergantung berapa lama Anda mau menghabiskan waktu di Genting. Kalau membawa anak-anak, kayaknya lebih enak nginep di Genting biar mereka bisa puas mainnya. First World Hotel lumayan murah, kalau lagi off peak season, tapi kamarnya kecil-kecil (maklum budget hotel).

Kalau mau explore KL juga, ya bisa nginep di KL juga semalam. Jadi di Genting semalam, di KL semalam.

Semoga membantu. :)

207. Agus - 20 October 2006

Just for information, saya udah di singapura, n saya mau ke KL sabtu ini, tiket yg VIP rata2 udah sold out, hrgnya s$29an, tapi akhirnya dapet jg yg VVIP, sekitar s$39. Beli di People’s Park Centre, banyak tour travel. So, kalo ada yg mau k KL sekitar lebaran ini, cepet2 beli.

208. Djaidi - 21 October 2006

Hallo lagi Pak Indra,

Terima kasih atas jawabannya Pak. Saya mau update sekalian mau nanya yg lebih detail, semoga tidak keberatan ^_^
Berikut ini rencana perjalanan saya (oh iya, kami ber-7, Pak)
1. Tgl 27 pagi check-out dari Apt. di Lucky plaza dan rencana langsung ke Hotel Awana Genting Highlands. Enaknya pake apa ya Pak? apa dr Lucky Plaza saya harus ke MRT Kranji, lalu naik bus 170 ke terminal Larkin di Johor Baru, lalu naik bus ke Kuala Lumpur? (apa ada bus dari terminal Larkin yg langsung ke Hotel awana Genting?)
2. Tgl 29 pagi kami rencana checkout dari hotel Awana dengan maksud mau langsung balik ke Batam. Enaknya pake jalur dan cara apa ya Pak?
3. Rencana menginap di batam tgl 29nya, karena pesawat utk kembali ke Sby itu tgl 30 pagi. Apa ada rekomendasi tempat penginapan di Batam supaya dekat kalu masih mau jalan2 sebentar di batam (saya ga tau apa yg sebaiknya dilihat2 di batam, karena ini adalah yg pertama kali kami ke batam).

Terima kasih banyak sebelumnya atas segala informasi atau masukan dari Bapak.

Salam,
Djaidi

209. indra - 23 October 2006

#207 - Agus: terima kasih atas tambahan informasinya. :)

#208 - Djaidi:

(1) Hotel Awana itu tidak terletak di resort Genting Highlands, tapi beberapa kilometer sebelah bawah. Ada shuttle bus dari Genting Skyway station ke Awana Hotel. Dari Lucky Plaza –> MRT ke Kranji –> Bus 170 ke Larkin –> Bus ke Puduraya KL –> express bus ke Genting Skyway station –> shuttle bus ke Awana Hotel. Kalau mau lebih cepat, naik bus ke KL langsung, berangkat dari Lavender langsung ke Puduraya.

(2) Awana –> shuttle bus ke Genting Skyway –> express bus ke KL Puduraya –> bus ke JB/Larkin –> bus 170 ke Kranji –> MRT ke Harbourfront –> ferry ke Batam. Atau dari Puduraya naik bus langsung ke SG –> taksi ke Harbourfront –> ferry ke Batam.

(3) Cari penginapan coba di sekitar Nagoya, pusat kotanya Batam. Kalau Batam Centre lebih sepi dan jarang ada hotel disana.

Semoga membantu. :)

210. Djaidi - 23 October 2006

terima kasih banyak Pak Indra.

kalau dr lucky plaza ke lavender pake apa ya pak? maaf klu mgk di atas uda prnh disebut krn ga sempat membaca semua ^_^

selamat idul fitri, mohon maaf lahir & bathin.

salam,
Djaidi

211. Robin Badhrul - 24 October 2006

Halo Pak Indra, udah telat nih tapi kalo boleh saya mau nanya. Bisa tidak kalo berangkat ke singapore melalui pesawat trus pulangnya lewat batam ? Boleh minta tolong step2nya dari Harbourfront ke Batam ? Thanks a lot.

212. dafi - 28 October 2006

halo pak indra, salam kenal…saya mo nanya nich, saya anak medan mau ke SG, lewat mana ya lebih murah??malaysia atau batam dulu?truz kl dari malaysia ke SG naek apa yg murah? kl naek bus gmn cara dapetinnya?? n apa blh co n ce 1 apartment di SG? apartment yg di people’s park biaya per hari brp ya?? saya berencana tinggal selama 3 minggu kira2 brp biaya yg diperlukan? dan apa ada bedanya harga booking tiket, apartment di bulan 11 atau di bulan 12?

213. Asha - 30 October 2006

Pak Indra Yth
Pak, saya pernah baca blog bapak tentang bintan. Helpfull banget, karena saya berencana kesana desember ini. Mau tanya ya pak, apa bener kalo di bintan lagoon international, wisatawan domestik ga boleh masuk??? trus taxinya katanya ga mau dibayar pake rupiah ya pak. Tau info hotel murah disana ga pak???
Thanks banget ya infonya

214. rico - 30 October 2006

Saya juga pernah ngalamin perjalanan seperti itu.. waktu itu saya pertukaran pelajar dengan kampus saya yaitu Univ. Kristen Petra. Majoring Tourism.. Dulu fiskal masih 300 ribu.. Skg 500 itu udah murah… Nah saya punya rencana melakukan trip seperti ini lagi.. Tapi saya butuh info flat / apartment yang murah yang bisa idhuni oleh 6 org yang kalo nggak salah dulu per orang 1 kamar sekitar 30 dolar singapore.. mohon infonya.. email saya di djrico@istarafm.com atau yahoo mssger saya ricosmanagement@yahoo.com

215. indra - 31 October 2006

#210 - Djaidi: Bisa naik MRT ke Lavender, tapi dari sana ke terminal bus-nya lumayan jauh jalannya. Terminalnya pas di seberang Singapore Casket. Enakan naik taksi kayaknya. :)

#211 - Robin: Bisa dong, datang langsung ke SG terus pulangnya lewat Batam. Tips dan trick perjalanan dari SG ke Jkt lewat Batam menggunakan ferry dan pesawat bisa dilihat disini.

#212 - Dafi: Dari Medan, kayaknya pesawat AirAsia ke KL yang paling murah ya, dari sana naik bus ke SG. Alternatif lain, naik ferry dari Belawan ke Penang, dari sana naik bus langsung ke SG, lebih murah tapi perjalanan jauh lebih panjang. Alternatif lain, dari Medan ke Batam naik pesawat, baru dilanjutkan ferry ke Singapore.

Di Singapore kalau mau sewa apartemen tidak akan ditanya status kok (married atau tidak), tidak usah khawatir. :) Yang di People Parks katanya sih sekitar $70-an per hari, tergantung apakah peak time atau tidak. Desember biasanya lebih peak dibanding November.

#213 - Asha: Di Bintan Lagoon, wisatawan domestik boleh masuk kok. Tidak ada restriction untuk foreigner saja. Harga-harga disana memang dalam Singapore dollar, termasuk harga taksi dari Bintan Resort ke luar. Tapi kalau taksi dari Tanjung Pinang ke Bintan Resort mungkin bisa dibayar pake rupiah.

Tidak ada hotel murah di Bintan Resort (Lagoi), semua mahal. Kalau mau murah, coba cari di Tanjung Pinang. :)

#214 - rico: Flat/apartemen sekarang harganya udah sekitar $60-$70 per kamar, itupun maksimum 2-3 orang saja. Kalau mau lebih murah, coba ke budget hostels di Bugis dan Little India.

Semoga membantu. :)

216. bobby - 1 November 2006

pak indra saya mau tanya saya mau melakukan perjalanan ke batam trus dari batam pengenya sih ke singapore dan malaysia naik very.yang saya mau tanyakan di batam hotel apa yg murah dan bersih nggak terlalu jauh dari kota?masalahnya lagi pasport saya habis sekitar 4 bulan lagi apa msh bisa saya gunakan untuk keluar negeri tanpa beresiko?kalau mau ke bintan dari batam transportnya apa serta biayanya berapa?apa yg menarik yg bs kita lihat di bintan?sebelumnya terima kasih atas infonya

217. bobby - 1 November 2006

yang saya mau tanyakan lagi pak indra pasport saya itu thn 2005 pernah saya perpanjang di KBRI new york tapi sah sah aja kan?kira2 lebih enak dari batam -malaysia-singapore-batam atau batam-singapore-malaysia-batam?trima kasih

218. Maya - 3 November 2006

Pak Indra,
saya mau nanya…saya ingin beli buku2 di Toko BUku AMAZONE di singapore tetapi kata teman2 saya kalau yang beli dari Indonesia sudah diblack list karena kebanyakan hanya tipuan aja……apakah itu benar, Pak?

219. indra - 3 November 2006

#216 - bobby: Mungkin bisa coba hotel-hotel di sekitar Nagoya, seperti Nagoya Plaza Hotel.

Mengenai paspor, minimum masa berlaku harus 6 bulan, jadi kalau masa berlaku kurang dari 6 bulan, bagusnya diperbaharui dulu.

Ke Bintan, bisa naik ferry dari Telaga Punggur (Batam) ke Tanjung Pinang (Bintan). Yang bisa dilihat di Bintan: kota Tanjung Pinang, pantai Trikora, dan Bintan Resort di Lagoi (mahal).

Enaknya keluar/masuk Batam dari SG aja. Jadi jalurnya: Batam - Singapore naik ferry, lalu Singapore - Malaysia naik bus. Pulangnya juga sama, Malaysia - Singapore naik bus, terus Singapore - Batam naik ferry.

#218 - Maya: Toko buku Amazone yang dimana ya? Mungkin maksudnya amazon.com, toko buku online di Internet?

220. Tinneta - 6 November 2006

Pak Indra, kalau mau ke Singapore tapi bukan untuk Business Trip ataupun Tour, apakah kita harus punya contact name dari Singaporean? Saya rencananya mau ke Singapore sendiri, 2-3 hari, sekedar untuk jalan-jalan aja. Kalau kita ngga punya contact name orang Singapore, apakah bisa Pak? Mohon penjelasannya Pak. Thanks a lot.

221. indra - 6 November 2006

#220 - Tinneta: Maksudnya ke Singapore sebagai turis, untuk jalan-jalan? Tentu saja bisa, tidak perlu harus ada contact name dari Singaporean.

Semoga membantu. :)

222. ovy - 6 November 2006

permisi pak indra, saya ingin numpang tanya..
rencananya dlm bln ini saya ada perlu ke singapore. denger2 dari kerabat saya di singapore ktnya ada tiket pesawat murah yg bs lgs dr CGK-SIN. sebab kl saya pikir, mgk agak tll riskan /ribet bagi saya kl hrs via kota lain dl sbl bisa lgs ke SIN. mgk bpk prnah dengar dg pesawatnya apa ? ..(kl polar tdk mgk ya ?)
tks utk waktunya.

223. hendra - 7 November 2006

Pak Indra ini blognya cukup membantu banget
pak Indra saya mo tanya bisa gak pak indra memberitahu ama hendra besarnya ongkos kalau keliling singapura, trus yang saya mo tanya lagi pak bisa gak bapak kasih informasi ama Hendra biaya entrance fee untuk setiap obyek wisata.
atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

224. Widodo - 8 November 2006

Pak Indra, salam kenal.. pertama kali ini saya buka blognya dan berguna sekali info2nya walaupun saya belum ada rencana ke Singapura ato Malaysia. Dan ini kebetulan juga saya dengar pengumuman dari Kantor Pelayanan Pajak Batam tentang bebas fiskal ke LN dg persyaratan wajib menyerahkan fotokopi Paspor kpd petugas fiskal di check point Fiskal LN pelabuhan / bandara keberangkatan dan bila tidak memenuhi ketentuan ini maka akan dikenakan kewajiban membayar fiskal. Pelaksanaan Peraturan ini berlaku efektif sejak 1 November 2006. Apakah teman2 ada yg punya attachment surat pengumuman ini? Semoga info ini dapat membantu .. Tengkyu

225. indra - 9 November 2006

#222 - ovy: Pesawat murah yang langsung dari CGK (Cengkareng, Jakarta) ke SIN (Singapore) setahu saya hanya Valuair. Bisa check website-nya di http://www.valuair.com.sg/ atau http://www.jetstar.com/ .

#223 - hendra: Ongkos tergantung mode transportasinya. Bus sekitar $1-$1.5 sekali jalan (tergantung jarak), kalau MRT sekitar $1.5-$2 sekali jalan (tergantung jarak). Taksi sekitar $5 untuk jarak dekat, $10 untuk jarak menengah, $15 keatas untuk jarak jauh.

Untuk biaya entrance fee setiap obyek wisata, bisa dicek di website-nya masing-masing. Kebanyakan obyek wisata punya website sendiri-sendiri, seperti Sentosa di http://www.sentosa.com.sg/ , Jurong Bird Park di http://www.birdpark.com.sg/ , dsb.

#224 - Widodo: Iya saya juga dengar, tapi sayangnya itu hanya berlaku untuk pemegang paspor Batam dan bukan seluruh Indonesia. Informasi lebih lengkap bisa dilihat disini.

Semoga membantu. :)

226. susy - 9 November 2006

Hi Pak Indra, blog nya ok bgt nich.
saya mau nanya, rencananya saya ke spore via batam n tinggal 2 malam di spore setelah itu lanjut ke malaka.
yg ingin saya tanya, dr spore apa ada bus yg langung ke malaka yach, kalo iya saya beli tiket dimana n terminal bus nya dimana. saya tinggal di apt lucky plaza orchard.
kira2 harga per tiket bus nya berapa sing yach, n apa lebih murah kalo saya naek bus ke johor dulu baru pindah bus dr johor ke malaka.
bisa dijelasin detail rute nya ngak pak, misalnya dari orchard saya naek mrt turun di mana trus lanjut naek apa lagi.
thanks yach pak untuk bantuannya.

227. Maya - 9 November 2006

Maaf Pak, betul toko buku amazon.
mau nanya lagi neh Pak, kalo toko electronic di singapore yang murah dimana ya Pak ?

228. joey - 10 November 2006

Pak Indra … apa betul di exit via batam center bebas fiskal berlaku untuk semua paspor, bukan keluaran batam aja ? katanya berlaku mulai 1 November lalu.
btw kalo mau ngirit fiskal dan nyaman ke spore lewat batam, tapi baliknya lewat changi aja … lagian biasanya dari perjalanan panjang pasti bawaannya banyak, luggage beranak pinak :) lewat changi bisa langsung check-in, gak perlu angkat2 bagasi turun naik ferry lagi.

229. indra - 10 November 2006

#226 - susy: Dari SG, ada dong bus yang langsung ke Melaka, namanya “Singapore - Malacca Express”, berangkat dari terminal Lavender Street seberang Singapore Casket. Dari Lucky Plaza kesana paling mudah naik taksi, bisa naik MRT ke Lavender (ganti kereta api di City Hall), tapi dari sana masih musti jalan lumayan jauh.

Saya kurang tahu harga tiketnya, mungkin sekitar S$15-S$20. Dari Johor Bahru tentu saja lebih murah, harganya kurang lebih sama tapi dalam RM. Bus yang ke Melaka dari Johor Bahru berangkat dari terminal bus Larkin.

#227 - Maya: Toko elektronik terkenal di Singapura adalah di Sim Lim Square. Jangan ke Lucky Plaza, disana banyak tukang tipunya. :) Harus pintar2 nawar dan tahu harga retail resmi-nya.

#228 - Joey: Bebas fiskal di Batam Center untuk semua paspor itu adalah hoax belaka. Informasi lebih lengkap bisa dilihat disini.

Semoga membantu. :)

230. andry - 14 November 2006

Elloo pak Indra…salam kenal yachhh…mohon infonya donk???
Kita mau ke Singapura dari Jakarta via Batam lalu menyebrang ke WTC dari Batam Center.Saya mau minta info, saya ad di Singapore kurang lebih 4 hari. Kira2 hotel bintang 3 mana yang tidak terlalu mahal, kira2 S$ 70-80/mlm, dan tidak terlalu jauh dari Orchad Road?Kalo seandainya agak sedikit jauh hotelnya, mungkin untuk transportasi seperti bus atau MRT yang paling dekat dengan hotelnya?Kalo menurut pak Indra, lebih murah dan efisien mana,beli voucher hotelnya di travel Jakarta atau langsung ke hotel Singapore yg ingin kita nginap?Seandainya, hotelnya agak tinggi, mungkin ada apartemen yg lbh murah lagi di sekitar Lucky Plaza?Terima kasih atas informasinya…^..+..^

231. andry - 16 November 2006

ello lg pak Indra…postingan ku kok gak bisa masuk y???

232. Hamid - 16 November 2006

Teman saya dari semarang lewat batam pergi dan pulang berapa harga tiket pewasat . berangkat jam 0700 dari semarang. pulang jam 4petang dari batam. tolong cari untok saya . terima kaseh.

maaf berangkat pada 9 December 2006 dan pulang nya sama juga

233. Rifi - 16 November 2006

Pak Indra,
Numpang tanya yaaa….
Ini pertama kali aku ke Singapore naik Ferry. Biar ngirit, hihihi…
Jadi kan aku berencana beli tiket ferry di Hang Nadim pertanyaanku:
1. Kalau beli tiket Ferry, apa berarti jamnya sudah tertentu, atau harus konfirmasi ulang di Batam Center?
2. Saya akan berangkat sendirian. Apakah Taxinya cukup aman?
3. Kalau aku sudah beli tiket Ferry pulang pergi, apakah berarti jam kepulangannya juga sudah tertentu? Atau harus konfirmasi lagi pd saat kita mau pulang dr Harbour Front?
Tulung ya…
Terima kasih

234. indra - 16 November 2006

#230, #231 - andry: Salam kenal juga. Mungkin bisa coba hotel Supreme di Orchard. Informasi lebih lengkap mengenai penginapan murah di Singapura bisa dilihat disini.

Lebih murah beli voucher hotel dari travel agent daripada langsung ke hotel. Kalau tidak bisa beli di Jakarta, bisa beli di Singapore lewat travel agent sini, atau online seperti Asiatravel.

#232 - hamid: Mohon maaf, saya kurang tahu mengenai tiket pesawat Semarang-Batam pp. Mungkin bisa tanya ke travel agent terdekat di Semarang? :)

#233 - Fifi:

(1) Beli tiket ferry belum konfirmasi jam, jadi jam-nya fleksibel. Baru ditentukan jamnya pada waktu check-in di pelabuhan.

(2) Harusnya sih aman. :)

(3) Kepulangannya juga tidak ditentukan, jadi harus konfirmasi lagi di Harbourfront.

Semoga membantu. :)

235. andry - 16 November 2006

Pak Indra…Mau tanya lagi nih sedikit.
Sekedar info tanggal 26 Nov ini, qta mau cb cruise virgo yg dr singapore selama 4/3N..Nah pas berakhir cruisenya kan tgl 29 Nov malam, kira2 qta dr Harbour Front kan mau ke hotelnya ud pagi tuh sekitar jam 01.00 am, apakah transportasi seperti taxi bs digunakan, apakah di kenakan charge lg?Selama qta di cruisenya apakah diperbolehkan menggunakan laptop dan selama di singapore sy mau tetap online internet apakah bisa di pakai, bagaimana cara menggunakan providernya?kalo di indo kan ad telkomnet, tp kl d singapore apa ya??
Makasih pak atas waktunya….

236. andry - 16 November 2006

Oh ya pak Indra, denger2 kalo qta mau ke singapore via batam, sekarang ud bebas fiskalnya yang 500rb itu??
Saya jg ad dapat e-mail dari temen dan jg dari Ibu Nevid.
Apakah itu benar…..??? TQ

237. Didik Agus Triwoto - 16 November 2006

234.Didik - 16 November 2006
Dear Pak Indra
Numpang nanya nich…
Saya berencana akan berobat anak saya berumur 12 tahun, ke Malaysia, ada informasi bahwa di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (MMC) Malaka, sangat komplit dan bagus dalam pengobatan.
Mohon alamat RS.MMC tersebut dan tips perjalanan yang murah, untuk tujuan ke Malaka tersebut.
Matur Nuwun
Salam

238. indra - 16 November 2006

#235, #236 - andry: taksi beroperasi 24 jam, jangan khawatir. Iya ada surcharge 50% kalau malam hari.

Internet: kalau laptopnya bisa wireless, bisa coba cari hotspots-nya SingTel atau Starhub, tapi harus bayar. Alternatif lain, pake internet cafe.

Bebas fiskal via Batam dengan paspor manapun di Indonesia itu adalah hoax. Informasi lebih lengkap bisa dilihat disini.

#237 - Didik: Informasi lebih lengkap mengenai Mahkota Medical Centre bisa dilihat disini. Kalau dari Singapura, bisa naik bus ke Melaka.

Semoga membantu. :)

239. yasri - 16 November 2006

Pak Indra, maaf saya mau tanya, apakah kalau kita dari Batam ke Singapore tetap harus mengurus Visa? Apakah tetap bayar Fiskal?

Dari Singapore, apakah kita juga harus mengurus Visa dan bayar Fiskal di Singapore bila kita mau ke Jepang, Malaysia atau negara lainnya?

Maaf karena banyak sekali pertanyaan saya

Salam

240. Shinta - 18 November 2006

Pak Indra, Lam kenal dulu sebelumnya. Mau nanya2 nich. Saya dan family ( 7 orang ) rencana ke Kuala Lumpur tgl.28 des 2006 nanti. mau nanya kira2 ada hotel/penginapan murah di Kuala Lumpur. Kalo bisa tempat kost yang bisa saya dan keluarga tinggal selama 4 hari di Kuala Lumpur. Kira2 biaya bus dari KL ke Genting berapa ya? Terima kasih Pak atas waktunya.

241. Rifi - 20 November 2006

Pak Indra,
Makasih jawabannya. Untuk penitipan bagasi gimana caranya untuk Ferry? berhubung bawaanku udah kayak mau fashion show. hehehe.
Thanks ya

242. indra - 20 November 2006

#239 - yasri: Fiskal itu cuma dibayar pas kita meninggalkan Indonesia. Jadi dari Batam ke Singapura bayar fiskal 500rb, tapi dari Singapura ke Malaysia, Jepang atau negara lainnya tidak perlu bayar fiskal lagi.

Visa itu diperlukan bagi kebanyakan negara, tapi tidak untuk negara ASEAN. Untuk ke Singapura dan Malaysia tidak perlu mengurus visa, tapi kalau ke Jepang harus mengurus visa dulu. Dan sebaiknya pengurusan visa dilakukan waktu masih di Jakarta, jangan pas udah berangkat.

#240 - Shinta: Saya kurang tahu mengenai penginapan murah di KL, mungkin bisa dicoba dicari disini. Dari KL ke Genting biayanya bisa dilihat disini, sekitar RM 7.50 per orang, termasuk harga kereta gantung (skyway).

#241 - Rifi: Bagasi bisa di-check in sebelum masuk ferry. Jadi porter yang ngangkutin. Tapi untuk keluar ferry-nya kalo ngga salah harus urus sendiri bagasinya.

Semoga membantu. :)

243. andry - 22 November 2006

Pak Indra, kalo di singapore waktu kita memberikan tip (uang) kepada porter atau petugas (hotel, bandara, taxi, dll)dimana aja walaupun dari pihak hotelnya tidak menganjurkan kpd kita utk memberikan tip.
Kira2 berapa SGD minimal yg harus di berikan?
Menurut pak indra, kita punya waktu 4/3 mlm di singapore, kira2 tempat mana aja yg sangat menarik utk di kunjungi?
Sebelum dan sesuadahnya, saya ucapkan terima kasih ats informasinya…..Peace

244. indra - 22 November 2006

#243: Di Singapura, tidak perlu ngasih tip. Tidak disarankan. Malahan kalau di bandara, ngasih tip itu dilarang.

Usulan saya: daerah kota (Esplanade, Merlion, Padang), Sentosa, Singapore Zoo, Jurong Bird Park, Night Safari. :)

245. Lana - 23 November 2006

pak indra, mo tanya nih: sy pernah denger dr temen kalo ga salah ke singapura ada yg bebas fiskal tp dia lupa dr mana (apakah batam/tanjung pinang), syaratnya harus p-p/tdk boleh menginap di spore. Apakah betul begitu pak? mohon infonya. Terima kasih banyak.

246. tinneta - 24 November 2006

Ada teman yang recommend saya utk stay di hostel Inncrowd di Little India.
Kira2 aman/nyaman nggak buat cewek sendirian kayak saya? kalo tinggal di Dorm-nya akan sharing with other travellers (mixed guys and girls). Keuntungannya, mereka nyediain free city tour 3x seminggu , dekat Mustafa Centera and dekat station MRT. What do you think? Please advise dong, bingung nih.
Saya nyampe Spore sekitar jam 8-an malam,baru besoknya free 1 hari, dan hari berikutnya hrs balik BTH jam 10-an pagi. Ada saran nggak buat saya ngatur waktunya spt itu?
Katanya di Lucky Plz ada yg nyewain kmr/hr $25 khusus single. Betul ngga Pak?
Sori tanya melulu, lg butuh nih. Thx sebelumnya.

247. indra - 25 November 2006

#245: Ngga tuh, semua pemegang paspor Indonesia harus bayar fiskal walaupun tidak menginap di Singapura-nya. Kecuali kalau Anda pemegang paspor Batam atau Sumatera.

#246: Harusnya sih tidak masalah. Hari kedua seharian cukup kok untuk explore kota. Apalagi kalau disediain free city tour. :)

Saya kurang tahu apakah di Lucky Plaza bisa nyewain kamar cuma $25, setahu saya mereka sewa per kamar (bukan per orang) dan harganya sekitar $60 keatas.

Semoga membantu. :)

248. findy - 25 November 2006

pak indra mau tanya dong… saya ada rencana se s’pore february bersama suami &1bayi kira2 kalau menginap di LP murah gak ya & juga tempat shoping seperti mangga2 tapi untuk pakaian&keperluan bayi yg murah meriah dimana ya

249. findy - 25 November 2006

oh… yaa mau tanya lagi dong bulan february itu kira2 musim hujan gak ya? tanya makanan halal dan murah disebelah mana ya?m kalau nginap di LP boleh masak gak ya dan kamar mandinya diluar atau didalam dan biaya nginapnya berapa ya…….. sorry kebanyakan nanya, thx

250. findy - 26 November 2006

allo pa’in saya mau tanya nich di s’pore ada gak ya toko baju dan perlengkapan bayi seperti mangga2 ?

251. Candra - 27 November 2006

Ada yang mau bareng ke spore nggak tanggal 2 dec-kembali 4 des, ada 2 ticket kosong nihh dalam 1 kodem booking jkt-btm-jkt. berangkat pesawat paling pagi jam 7 by air asia, pulang senin sore 17.30 untuk pp nya jual Rp.500.000 aja/orang.kalo mau boleh hub saya di 021-68468638 ( candra )saya juga mau ke spore, nanti boleh lah share 2 kalau memang mau, saya lumayan hafal singapore dan batam, dah 8 kali ke pore, dan aku kerja di travel agent, apalah tpt 2 nginep yg murmer , backpackers hotel, nss juga bisa booking kok.

ok,saya tunggu yaa, boleh ke email .tatax76@plasa.com

252. justname - 27 November 2006

bantuin pak.kebenaran saya di singapur juga.kalau mo sewa kamar ada beberapa kontak person lokasi di Serangoon, kira2 15 menit ke Orchard atau pusat kota. Biaya Sin $30/ hari. Bisa harian, mingguan, atau bulanan. (9223 8407) saya dapat infonya dari milis indonesia singapore.

253. Christina - 28 November 2006

Alo pak indra,

makasih banyak aas blognya. bener berguna bg saya yg backpacker-wannabe ini. saya berencana utk melakukan perjalanan (start from 01 dec ini-09dec) JKT-Batam-SG-penang-KL-SG-Bintan-Batam-JKT (ribet yah) dgn airasia seharga 420rb (pp). saya uda dpt bbrp hotel2. dgn itinerary dan harga tiket airasia yg murah,rencana perjalanan saya yg agak berantakan itu, mengharuskan saya nginep di batam 2 malem. saya dpt yg pertama hotel Astro. pernah ada yg dengar? apakah bagus/bersih/aman? kira2 itu daerah mana yah? ada yg tau fare taxi dr airport Hang Nadim ke daerah hotel Astro itu? Murah bgt semalem cuma 120rb rupiah.

Lalu besoknya saya melanjutkan perjalanan ke SG dgn ferry (beli pp) utk lgs ke penang di malemnya. jadi punya seharian utk shopping/jln2 ke city hall,merlion. kira2 tau ga yah ke Lavender dari orchard naek apa? saya uda dpt tiket bus transtar yg VIP seharga S$44 dr SG-penang. jadi harus berangkat dr lavender. Kalo bisa yg langsung di terminal busnya. lalu di penang saya 2 hari,lanjut ke KL, uda dpt apartemen di KL Plaza yg punya or indo hanya RM70/nite.

Dilanjutkan dgn ke SG, bintan. di SG saya blom dpt tempat tinggal. rencana di Lucky Plaza. yg ingin saya tanyakan, krn dekat rumah sakit, apakah rawan terkena penyakit? maap..tapi saya ini gampang sakit. lalu di bintan saya uda dpt di Manamana beach resort (bagian bintan resort) seharga S$78/nite. lalu dr bintan naek lagi ferry menuju batam, nginap semalem dan bsknya pulang Jkt.
Yang ingin saya tanyakan, fare taxi dr batam center ke nagoya brp yah? lalu nagoya-airport? Lalu ferry yg menuju bintan dan SG itu apakah brgkt dr pelabuhan yg sama? jika tidak kira2 brp taxinya? apakah ada harga resmi menuju dr/ke pelabuhan?

Makasih banyak bagi semua yg mau membantu saya :)

254. Isa - 29 November 2006

Pak Indra yg baek
blognya bagus sekali deh pak. Mau tanya ya, januari nanti saya, suami dan anak saya mau ke S’pore (kita stay kurang lebih 2 bulan). so berhubung kita staynya lebih dari 30 day, apakah setelah itu saya harus apply visa ato cukup keluar dari s’pore(mungkin Malaysia or Batam) trus balik lagi tuk dapet 30 day lagi. gimana menurut pak Indra??
trims

255. Rifi - 30 November 2006

Hi Pak Indra,
Thanks for the tips.
I arrived safe and sound. hahaha.
Alhamdulillah ga ada masalah yang berarti yg berkaitan dgn ferry dan koper gajahku itu :)
btw, Singapura sdg ada Free Christmas Light Up tour for visitor, cukup dgn menunjukan paspor di Singapore Visitor Center. Worth to try! Cuantik bgt
Sekali lg, thanks yaaaa

256. Sherly Junita - 1 December 2006

Hallo Pak Indra,

Terimakasih atas jawaban yang lalu. Sekarang saya mau tanya lagi nih,
1. untuk ongkos ferry PP (Batam-Singapore-Batam) itu sebenarnya berapa ya Pak? Apakah S$ 20 atau S$ 15 (diluar tax).
2. di pelabuhan Batam, mana yang harus lebih dulu dilakukan apakah bayar fiskal dulu atau booking ferry dulu.
3. kalau saya berangkat tgl 31 Jan, apakah masih termasuk peak season?

Terimakasih ya Pak Indra untuk semua jawabannya.

Regards,
Sherly Junita

257. andry - 5 December 2006

Hello lg pak Indra.
Saya pingin bagi2 pengalaman selama perjalanan kita ke Singapore dan jg menggunakan Star Cruise Virgo.

258. andry - 5 December 2006

Ello lagi Pak Indra…
Saya mau bagi2 pengalaman perjalanan saya selama 1 minggu (26 Nov – 03 Des, tepatnya 4/3 mlm di cruise Star Virgo, dan sisanya 5/4 mlm di Singapore. Tiket pswt by Air Asia Indonesia qta beli PP.
Tapi sebelumnya saya pingin mengucapkan terima kasih banyak atas blognya pak Indra dan yang lain2 nya atas info seputar Singapore, membantu banget….

Tgl 26 Nov 06
Qta berangkat dari rumah jam 05.00 pg karena pesawat Air Asia tujuan Batam berangkat jam 07.00 pg ampe Hang Nadim jam 08.30 pg, tidak ada p’bedaan waktu antr Jkt dengan Btm.
Setelah ampe Btm, qta beli tiket ferry Penguin PP d Hang Nadim yg hrgnya S$ 15,5/org.
Saya tidak menanyakan lg brp hrg tiket ferry jk beli di Batam Center, krn k’terbatasan waktu.
Setelah dpt tiketnya, qta langsung otw ke Batam Center dgn m’gunakan taksi sebesar Rp 70.000,- di tempuh +/- 15-20 mnt sj. Setelah sampe Batam Center, qta langsung check in ferry yg qta pilih, adanya di lt. 1 pojok sebelah kanan. Pada waktu check in, qta di kenakan biaya tax lg sebesar S$ 3/org, yg di bayar langsung di counter Penguin. Jangan lupa menyiapkan paspor masing2 utk m’dapatkan boarding pass. Jadi total biaya ferry dan tax nya sebesar S$ 18,5/org.
Waktu keberangkatan ferry nya banyak sekali, di karenakan waktu qta ud mepet maka qta ambil keberangkatannya jam 09.30 dan sampai di Harbour Front jam 11.30. Perlu di ingatkan lg bhw wkt Singapore lebih cepat 1 jam drpd Batam.
Di Harbour Front, qta antri u/ urusan imigrasi. Ambil lajur All Pasport u/ paspor Indonesia atau negara lainnya.
Setelah urusan imigrasi beres semua,qta langsung naik k lt. 2 u/ check in Star Cruise, sesuai dengan kelas yang qta beli, setelah selesai semuanya qta menunggu pintu boarding yg telah ditentukan. Menurut saya, jika qta datang pertama kali ke Singapore via Batam jangan takut t’sesat karena semuanya sudah ada petunjuknya, apalagi jika qta sudah sampai di Harbour Frontnya.
Jika ada teman2 yg pingin menanyakan tata cara atau kegiatan apa saja yg dilakukan selama di dalam Star Cruise Virgo, dapat mengemail saya di andrytjen7@yahoo.com.
Saya akan berusaha menjawab pertanyaan yang teman2 tanyakan.

259. andry - 5 December 2006

Setelah berakhirnya cruise, qta langsung menuju ke htl yang sudah jauh hari kami booking lewat travel di Jkt. Jika pingin lbh hemat lg, maka saya sarankan beli voucher htl yg qta inginkan lwt tour sj, krn jauh lbh murah jk di bandingkan m’beli langsung atau via e-mail. Jika qta sudah mempunyai voucher htl yg qta inginkan, maka qta tidak perlu lg pusing tidak mendapatkan kamar, tidak perlu uang deposit.
Kelebihannya jk qta bl voucher htl di travel, qta dapat leluasa memilih htl yg qta inginkan sesuasai dengan budget yg qta miliki.
Waktu kemarin qta menginap 1 mlm d Hotel 81 Bencoolen (lumayan bagus kamarnya), kemudian besok malamnya qta pindah ke Supreme yg di 15 Kramat Road (lumayan jg kamarnya, lebih besar dr Hotel 81) tepatnya di belakang Orchad Road.
Selama di Singapore, qta menghabiskan wkt jalan2 di Orchad Road, Sentosa, Merlion, China Town, dll nya, semuanya hy menggunakan MRT sj.
Sangat mudah jika qta mengikuti petunjuknya. Sekali lagi jangan takut, karena informasi atau peta petunjuk banyak sekali tersebar and free lagi……

03 Desember 06
Pada waktu ingin pulang ke Jkt via Batamnya, qta langsung pake taxi. Pinginnya sih pake MRT lg tp dikarenakan bawaan yg melebihi berat dan susah di bawa, maka qta putuskan pake taxi sj.
Sesampainya di Harbour Front, qta langsung naik di lt. 2 cari counter ferry yg qta pilih. Dikenakan seaport tax sebesar S$ 10/ org dan langsung di bayar di counter ferrinya. Setelah selesai mendapatkan boardingpass, maka qta bisa check in barang bawaan qta di counter khusus yg berada di seberang counter ferrynya.
Kalo gak salah, ya bener 1 boardingpass max. 40kg, selebihnya di kenakan biaya lg sebesar S$ 0,50/ kg.
Sesampainya di Batam Center, qta antri u/ urusan imigrasi. Setelah selesai, qta lgs menuju ke Hang Nadim pake taxi seharga Rp. 60.000,- sj.

Begitu d, cerita JJHS (Jalan Jalan Hemat Santai)…….

Thank u jg buat pak Indra….

260. tinneta - 5 December 2006

Hello Mr. Justname #252. Saya tertarik dg info anda Sing $30/kmr. Apa hitungannya per kamar atau perorang? Terus itu nomer kontaknya no HP or fixed phone. Klo no HP kan bisa saya sms untuk minta info. Kalau emang benar hrg segitu, kebetulan deh aku lagi nyari2. Aku lg butuh kamar dgn harga segitu. Fasilitasnya apa aja ya Pak? Pls advise dong, tgl 20 - 23 dec rencana saya mo kesana. Pls info juga klo ada hal2 penting lainnya. Thaaanks lagi and kutunggu responnya.

261. irna - 6 December 2006

pak indra saya mau tanya,jika di saya ketika di singapura ingin membeli kartu telpon selular sebaiknya saya beli apa yah yang irit?dan jika saya membeli kartu telpon selular perdana apakah harus daftar2 dahulu atau bisa langsung di masukan ke handphone dan dipakai?

262. irna - 6 December 2006

pak indra saya mau tanya,jika saya cuma liburan beberapa hari di di singapura ingin membeli kartu telpon selular sebaiknya saya beli apa yah yang irit?dan jika saya membeli kartu telpon selular perdana apakah harus daftar2 dahulu atau bisa langsung di masukan ke handphone dan dipakai?

263. indra - 6 December 2006

#248, #249, #250 - findy: Lucky Plaza termasuk murah kok kalau mengingat lokasinya yang sangat strategis. Tapi kalau musim liburan seperti Desember, biasanya harganya akan naik.

Disini tidak ada tempat shopping seperti Mangga Dua, mungkin bisa dicoba ke Mustafa Centre. Tapi setahu saya, tidak ada keperluan bayi disana. Kayaknya di Mangga Dua tetep lebih murah dibandingkan di SG. :)

Bulan Februari kayaknya masih musim hujan. Di Lucky Plaza lantai 6 ada food court halal yang murah. Biasanya tidak boleh masak, dan tergantung kamarnya apakah dapat kamar mandi sendiri (dalam kamar) atau diluar. Biayanya sekitar $60-$80.

#253 - Christina: Mohon maaf saya belum pernah ke Hotel Astro yang di Batam. Dari Orchard ke terminal bus Lavender paling enak naik taksi. Bisa sih naik MRT ke Lavender tapi dari sana masih jalan kaki lumayan jauh.

Lucky Plaza terletak lumayan jauh dari Mount Elizabeth Hospital, jadi tidak usah khawatir. Paragon malah lebih dekat. :)

Kalau dari Bintan, ferry ke Batam akan bersandar di pelabuhan Telaga Punggur, bukan Batam Centre. Taksi dari sana ke Nagoya sekitar 70 ribu rupiah. Ferry dari Bintan Resort ke Batam jarang dan harus book in advance. Kecuali kalau mau memutar lewat Tanjung Pinang.

#254 - Isa: Anda bisa apply untuk perpanjangan social visit pass Anda ke ICA di Lavender. Alternatif lain, ke Johor Bahru lalu balik lagi. Tapi cuma dapat perpanjangan 2 minggu.

#256 - Sherly:

(1) Tiket ferry PP Batam - Singapore Batam adalah $17 plus $3 seaport tax, total $20.

(2) Booking ferry dulu, kalo udah dapat boarding pass, baru bayar fiskal.

(3) Kayaknya sih engga, walaupun mungkin dekat ke Chinese New Year.

#258, #259 - andry: Terima kasih atas sharing informasinya.

#261, #262 - irna: Katanya sih kartu Starhub yang paling irit. Tapi saya kurang tahu juga karena ketiga operator GSM disini: SingTel, M1 dan Starhub semuanya menyediakan kartu prepaid.

Bisa langsung digunakan tapi harus menyediakan nama dan alamat untuk dicatat.

Semoga membantu. :)

264. Imam Supriyadi - 9 December 2006

Pak Indra,
Salam kenal…mohon pertolongannya, baik informasi dan support2nya…
Saya Imams, lewat internet bln kmrn saya apply ke prshn2 di Sg, stlh melalui seleksi dan test via phone, alhamdulillah akhirnya dapat tawaran kerja di Sembcorpenc…rncana mulai akhir januari 2007 starting workingnya
Perlu dimaklumi, saya blm ada pengalaman kerja di Singpr, kecuali dulu pernah seminggu ke Singpr urusan kantor (jd sgl macem yg ngurus adl perusahaan/ kator yg sebntr lagi aku tinggalkan)…Karnya mohon advice nya:
Pak Indra punya kontak person yang bisa membantu saya dlm hal:
1. Mencarikan info ttg housing yang murah dekat 60.Admiralty Road West, syukur2 sblm ke Sing bisa dapt housing…jd nanti ke Sing langsung menuju tmpt tsb.
2. Hal hal apa saja yang harus diurus/dipersiapkan sebelum dan setibanya di Sing? fyi, applikasi S PASS blm saya kembalikan ke kontak person
(agent and HR mgr-nya Sembcorpenc).
3. Menyusul..
Sekian, Pak Indra…Thank you for your advice…
(merupakan kehormatan, bila bisa japri dg Pak Indra)
Salam,
imam.supriyadi@ikpt.com

265. Vencislao O. dos reis Noronha - 13 December 2006

tolong jelaskan bagaimana kehidupan di kota jakarta?.

266. indra - 13 December 2006

#264: Pak Imam:

(1) Disarankan Anda untuk ikut mailing list Indo-Sing. Informasi seperti housing dsb bisa didapat disana. Banyak rekan-rekan milis yang juga bekerja sebagai agen perumahan yang bisa membantu Anda. Mohon maaf saya tidak bisa membantu banyak karena saya tidak bekerja di bidang properti. :)

(2) Loh, aplikasinya musti disubmit dulu Pak. Kalau sudah di-approve, baru persiapkan untuk pindah. Biarpun company-nya udah hire, tapi kalau S-Pass/EP belum di-approve, Pak Imam belum bisa pindah kesana. :)

Silahkan tanyakan lagi jika ada pertanyaan lebih lanjut. Japri juga boleh. :)

#265 - Kehidupan yang seperti apa? :)

267. iin - 14 December 2006

Pak Indra, saya mau tanya kalau naik bis di singapore selain bayar pakai card, apa bisa langsung bayar kontan. Harus
pakai uang pas?? bayar nya ke driver? atau…
Terus kalau hotel bintang 3 seperti supreme kira2 apa muat untuk 1keluarga yang terdiri 2dewasa dan 2 anak.
Terima Kasih Pak.

268. iin - 15 December 2006

maaf pak saya mau tanya lagi kalau dari Hotel Novotel di Clarke Quay ke China town jauh tidak, bisa jalan kaki?
Terus makan yang mur mer di daerah clarke quay dimana, sama tempat wisata sekitarnya apa pak?
Thanks

269. Jetstar - 17 December 2006

Mas indra, saya tgl 11 jan nanti mau ke Singapur via batam. tujuan utama saya ke singapur adalah untuk membeli barang elektronik seperti laptop, komputer, dll. Mas indra punya recommend tempat yg murah untuk belanja barang elektronik & komputer tdk? Lalu saya dengar di singapur jg banyak terdapat elektronik, komputer dan laptop second dengan harga murah, mas indra tau dimana saya bisa dapat ini?

Mungkin saya jg akan mampir ke KL, untuk tujuan yg sama. Apa mas indra punya saran jg untuk tempat” di KL?

Thanx.

270. Jetstar - 17 December 2006

Maaf mas, ada tambahan..Kalau di batam sendiri bgmn untuk elektronik, komputer dan laptop jika dibandingkan dgn Sin & KL? Lebih murah mana? Ada recommend tempat di batam?

Thanx.

271. debbi - 21 December 2006

salam kenal, pak…
mohon informasi tentang website mahkota hospital di malaka, malaysia.
thank you

272. indra - 21 December 2006

#267, #268 - iin: Naik bus di SG bisa pake bayar cash, tapi harus bayar dengan uang pas dan tidak ada kembalian. Bayarnya dengan memasukkan uang ke kotak di samping driver, terus ambil tiketnya di mesin tiket di belakang driver.

Kalau hotel kelas menengah seperti Supreme biasanya membolehkan maksimum 2 anak tinggal dengan 2 orang dewasa, tidak masalah.

Dari Clarke Quay ke Chinatown tidak terlalu jauh, bisa jalan kaki kok. Tapi kalau cape, bisa naik MRT (cuma satu stasiun).

Tempat wisata disana ya Clarke Quay dan Chinatown itu sendiri. Ke daerah Marina Bay juga tidak terlalu jauh, bisa jalan kaki atau naik bumboat (perahu) ke arah Boat Quay dan Esplanade.

#269, #270 - Jetstar: Silahkan dilihat disini untuk tempat membeli barang elektronik murah di Singapura, termasuk tips dan triks-nya.

Saya kurang tahu mengenai KL, sedangkan untuk Batam, tempat penjualan elektronik kebanyakan ada di Nagoya. Setahu saya, harga-harga di Batam dan KL masih sedikit lebih mahal dibanding di Singapura.

#271 - debbi: Silahkan lihat di http://www.mahkotamedical.com/ .

273. leo - 23 December 2006

pak indra saya ingin bertanya
jika saya ke sinagpura lwt batam dan pulang lgs dr singapura ke jkarta
sebaik nya menggunakan pesawat apa?dan harga nya kira2 brapa pak?
saya berencana pergi tgl 10 februari dan pulang tgl 12 februari

274. indra - 24 December 2006

#273 - Leo: Valuair adalah satu-satunya budget airline yang melayani penerbangan Singapore-Jakarta. Kayaknya itu yang paling murah untuk one way. Selain itu, Lufthansa dan Qatar kadang juga suka memberikan harga kompetitif, tapi biasanya lebih ekonomis untuk tiket pulang-pergi.

275. iin - 28 December 2006

Pak saya mau tanya lagi. Kalau dari harbourfront ke hotel supreme di Orchard naik MRT lebih dekat turun di Dhoby Gaut atau sommerset ya pak?? Terus kalau mau beli ez link card harga dewasa dan anak sama tidak?? itu kan harganya 15 $ value hanya 10$ jadi kita rugi 5$, kartu ini berlaku berapa lama pak? sebenarnya kalau untuk keluarga seperti saya 4 orang (2dws&2anak) lebih efisien mana ya pak, naik taxi atau tetap pakai ez link. Maklum pak budget kami terbatas. Terima kasih ya pak untuk bantuannya.

276. Ilsa - 30 December 2006

Dear Pak Indra,
Saya berencana ke Manila via Singapura Via Batam.
Kira2 dari jakarta naik pesawat ke batam+naik taksi ke hrbr front+naik ferry ke Singapura+naik MRT ke Changi butuh waktu berapa lama ya Pak? Apa memungkinkan dengan penerbangan paling pagi dari Batam, saya bisa di Changi jam 11 waktu Singapura? Penerbangan paling pagi dari Jakarta menuju Batam itu jam berapa ya?

Trims sebelumnya

277. william - 31 December 2006

Salam kenal Pak, saya mau tanya kalau dari kualalumpur airport ke singapore paling enak naik apa ya pak?? apa ada bus atau taxi? soalnya famili saya datang dari Amsterdam ke kualalumpur langsung mau gabung dengan saya di singapore. Terima Kasih sebelumnya.

278. william - 31 December 2006

Salam kenal! pak saya mau tanya kalau dari kualalumpur airport ke singapore apa ada yang langsung naik bus atau taxi, karena ada famili saya datang dari belanda ke kualalumpur (transit) dan langsung mau gabung dengan kami di Singapore, enaknya naik apa ya pak. Terus kalau memang harus ke terminal bus di KL apa disana aman, berhub mereka sampainya sekitar jam 18.00 sore. Thanks sebelumnya

279. Booby - 7 January 2007

Hallo pak Indra, mau nanya nih. Kalau naik MRT pertama beli tiketnya berapa Sin $ ?. Kalau dari Harbour Front ( NE1 ) mau ke Bugis (EW12), apa harus interchange di Outram Park (EW16/NE3) ? Dan dilanjutkan dengan yang jurusan East-West Line hingga ke Bugis (EW12) ?
Sebaliknya kalau saya mau ke Somerset (NS23) dari Bugis (EW12), harus pula ganti MRT yang jurusan Dhoby Ghaut (NS24/NE6), lalu ambil yang North - South Line hingga ke Somerset ?
Terima kasih Pak Indra.

280. thessa - 11 January 2007

pak indra terima kasih sekali info bapak sangat m’bantu ,karena renananya sya akan kl tapi via batam.memang benar bahwa airasia murah sekali.dan no kartu kredit kita terjamin.

281. alex - 12 January 2007

halo pak indra
saya merencanakan ingin pergi ke genting
melalui batam
apakah lebih baik saya melalui singapura terlebih dahulu
atau langsung menyebrang ke johor
dan bagaimana cara termurah menuju genting
terima kasih pak
blog ini sangat membantu saya

282. alex - 12 January 2007

o iya pak indra
saya juga mau tanya
berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke genting
saya sudah memesan tiket pesawat untuk ke batam ,
sampai batam pkl 9.00 jadi saya ingin memperkirakan waktunya
terima kasih

283. indra - 12 January 2007

#275 - iin: Kayaknya jarak dari Supreme ke Dhoby Ghaut dan Somerset hampir sama (di tengah-tengah). Kalau dari Harbourfront, enakan langsung keluar di Dhoby Ghaut aja ke arah Plaza Singapura, terus ngelewatin depan Istana langsung ke Supreme.

EZ-Link untuk anak lebih murah. Harus menyiapkan paspor anak kalau mau beli EZ-Link child. Kalau untuk 4 orang dan perjalanan dalam kota (within city area), kayaknya tetep lebih efisien naik taksi ya. Kecuali kalau perjalanan jauh (e.g. ke Zoo/Jurong Bird Park), taksi akan lebih mahal.

#276 - Ilsa: Perkiraan waktu: taksi dari bandara Hang Nadim Batam ke Batam Centre itu 20 menit. Beli tiket, nunggu ferry berangkat bisa 1-2 jam (tergantung dapat ferry jam berapa). Perjalanan ferry sendiri 1 jam. Clearing imigrasi di Harbourfront Singapore bisa 1 jam kalau antri panjang. MRT dari Harbourfront ke Changi juga sekitar 1 jam lebih (ganti kereta api di Outram Park dan Tanah Merah).

Jam 11 waktu Singapore itu adalah jam 10 waktu Batam. Ngga akan bisa kekejar. Mungkin sebaiknya menginap dulu di Singapore semalam.

#277, #278 - William: Dari KLIA, tidak ada bus langsung ke Singapore. Musti naik bus/taksi ke Puduraya bus terminal, dari sana baru naik bus ke Singapore. Kalau sampai di KL jam 6 sore, enaknya jangan langsung hari itu ke SG. Nginap dulu semalam di KL.

#279 - Bobby: Kalau mau beli EZ-Link card, harganya $15 termasuk $10 worth of travel. Kalau beli one-way ticket harganya sekitar $2 tergantung jarak stasiun. Dari Harbourfront ke Bugis, ganti kereta api di Outram Park. Dari Bugis ke Somerset, ganti kereta api di City Hall. Transfer kereta api tidak harus keluar stasiun, jadi waktu beli tiket bisa beli langsung ke tujuan akhir.

#280 - thessa: Sama-sama. :)

#281, #282 - alex: Dari Batam, bisa naik ferry ke Singapore atau ke Johor Bahru langsung. Kalau ke Singapore, bisa naik bus langsung dari Singapore ke Genting. Kalau ke Johor Bahru, dari JB naik bus yang ke KL, baru dari sana naik bus ke Genting.

Perjalanan bus Singapore ke Genting cukup lama, sekitar 6-7 jam.

Semoga membantu. :)

284. Dudu K - 13 January 2007

Pak Indra,
Saya mau tanya untuk ke malaysia dari singapore lewat darat / naik bis, naik bisnya dimana (jalan apa) dan waktu dan biayanya berapa baik untuk anak2 atau dewasa. Thank’s

285. Hendra - 14 January 2007

Pak Indra, kalau mau kerja di toko roti/bakery spore seperti Breadtalk, gimana caranya atau lihat dimana lowongannya yah ?
Sy mau kerja di spore, dan pengalaman sy kerja di breadtalk Indonesia, punyanya Johny Andrean..

terima kasih banyak Pak..

286. indah - 17 January 2007

Hallo Pa indra….
saya mau tanya hotel yang dekat penyeberang batam Batam centeritu ada nga…? kebetulan saya mau singapure jadi saya mau dekat dengan penyeberangan aja… dan juga hotel yang nga terlalu mahal…

makasi informasinya

287. synthia - 19 January 2007

Hallo P’Indra,

Salam kenal,
Rencananya saya akan pergi ke singapore lewat batam dengan anak dan suami saya. Apakah untuk anak berumur 5 tahun, kita harus mengurus bebas fiskal pada saat di batam center atau tidak perlu mengurus bebas fiskal lagi, karena dari segi fisik anak tersebut memang keliatan dibawah 12 tahun? Apakah untuk anak 5 tahun dicharge harga yang sama dengan orang dewasa untuk biaya ferry?
Teman ada yang menyarankan menggunakan jasa agent yang akan mengurus ticket ferry sampai dengan fiskal, kalo menurut bapak, apakah ada gunanya?
Terima kasih atas informasinya

288. Vincent - 19 January 2007

Hi,
I need more information for married in diffrent religion? how about the document for registrations and how long we have to waiting for accepted the document? how much I must paid? please reply my question to my email. thanks

br, Vicens and santi

289. Fransisca - 30 January 2007

Halo Bp. Indra,
Saya Canada passport holder, tinggal di Singapura. Saya rencana akan pergi ke jakarta melalui batam. Pertanyaan saya, apakah Bapak Indra tau berapa lama saya akan di kasih ijin tinggal di indonesia kalau melalui LAUT? For sure saya tau kalo melalui udara, saya akan di kasih 60 days untuk ijin tinggal. Bagaimana kalau melalui laut?
Terima Kasih,
Fransisca.

290. Sam - 31 January 2007

Salam kenal p’Indra…
Saya mau tanya, bagaimana pemeriksaan di keimigrasian Sing & Malay, terutama bila kita membawa obat2an pribadi? Dlm kunjungan ke Sing/KL yg pernah saya lakukan, saya feel free krn tdk membawa obat apapun & pergi sendiri. Namun utk perjalanan ke Sing/KL minggu depan, saya berencana mengajak keluarga.

Terima kasih atas informasinya

291. Mullie - 8 February 2007

Salam kenal pak Indra…
saya mau tanya, rencananya Mei ini saya mau ke Spore lewat Batam, di Spore saya hanya 3 malam. Sy pergi berdua saja dgn suami. Sy mau tanya tempat menginap yg murah meriah utk backpackers di mana ya yg hrg $10-$25 SGD per malam? lalu kalau cuman punya 3 hari, sebaiknya kita ke mana aja ya? Bisa buatkan kita itenerary 3 hari jalan2 ke most wanted & famous place di spore dgn biaya murah meriah krn budget limited. Kalau bisa tujuan nya dgn rute searah…. spy ga bolak balik dan tidak wasting time…. Thanks bgt nih…

292. Erwin - 9 February 2007

Selamat siang Pak Indra,
Senang membaca tulisan - tulisan anda.

Saya ada di Melbourne dan seringkali berkunjung ke Singapura ,karena isteri dan anak saya tinggal di Singapura.

Mungkin minggu depan saya akan berkunjung lagi ke Singapura, tepatnya saya tinggal di Holland Road.

Salam sejahtera selalu.

293. Menik - 12 February 2007

Dear Pak Indra All,

Mohon infonya
Jika ingin berobat ke Penang, yang bagus dan murah di rumah sakit apa ya..Trus..ada ngak hotel yang murah. Maklum budgetnya terbatas neh..
Mohon infonya ya..
Thanks
Menik

294. Erwin - 13 February 2007

Selamat pagi Pak Indra,
Sore ini saya ke Singa. Saya minta info, apakah ada acara dari komunitas Indo-Sing dalam waktu dekat ini?

Karena setiap saya ada di Singa, ngga pernah tau kalau Indo-Sing suka ngadain acara dan kali ini saya ingin sekali berkumpul terutama nemenin anak perempuan saya yang baru umur 4 tahun.

Atau kalau Pak Indra punya waktu kita bisa saling berkenalan atau bertemu.

Terima Kasih

295. Eric Nugroho - 13 February 2007

Mas Indra,
Saya dan keluarga ( 2 dewasa dan 1 anak ) akan pergi Singapore di akhir April 2007, tolong berikan informasi sewa apartment ( Contac Person ) di People’s Park Centre - China Town

Terima kasih

Eric Nugroho

296. indra - 13 February 2007

#284 - Dudu: kalau ke JB, naik bus-nya dari Queen St. Kalau ke KL, naik bus-nya dari Lavender Street.

#285 - Hendra: Wah, saya kurang tahu. :) Mungkin bisa coba ke website-nya Breadtalk?

#286 - Indah: Saya kurang tahu mengenai hotel di Batam Center. Setahu saya, hotel lebih banyak tersebar di daerah Nagoya.

#287 - synthia: Anda tinggal urus bebas fiskal untuk anak anda di counter bebas fiskal pelabuhan Batam Centre. Tinggal siapkan fotokopi paspor.

Untuk ferry, akan di-charge harga tiket anak.

Tidak perlu menggunakan agen, bisa diurus sendiri kok, tidak terlalu sulit.

#288 - Vincent: You can try checking ROM website at http://www.rom.gov.sg/ .

#289 - Fransisca: Biasanya melalui laut, akan dikasih ijin 14 hari.

#290 - Sam: Tidak ada masalah untuk membawa obat pribadi, asal siapkan saja copy resep dari dokter.

#291 - Mullie: $10-$25 per malam kayaknya sulit. Bisa dicoba hotel backpacker seperti InnCrowd, tapi itu harga nya per orang bukan per kamar.

Itinerary yang bisa saya usulkan: City Hall/Esplanade dan Marina Bay, Sentosa, Chinatown/Little India, Orchard.

#292 - Erwin: Terima kasih udah mampir. :)

#293 - Menik: Mohon maaf, saya belum pernah ke Penang jadi kurang tahu informasi rumah sakit dan hotel murah disana. :)

#294 - Erwin: Dalam waktu dekat ini, kayaknya belum ada rencana kumpul2 lagi. Silahkan selalu langganan milis indo-sing untuk update terakhir. :)

#295 - Eric: Silahkan lihat disini.

Semoga membantu. :)

297. Jay - 19 February 2007

salam kenal Pak Indra

Mohon maaf sebelumnya..saya dan teman2 berencana studi wisata ke singapore lewat Batam,,dan berencana mencari penginapan di Batam saja,,,
tapi problemnya,,tidak satupun dari kami yang sudah pernah ke Batam…kami perlu mengetahui lokasi dan alamat penginapan yang murah di Batam…sekiranya Pak Indra bisa membantu :)

Terima atas bantuan Pak Indra…

298. indra - 22 February 2007

#298 - Jay: Saya juga kurang tahu mengenai penginapan murah di Batam, mungkin bisa lewat travel agent di Jakarta. Kalau lewat travel sini jatuhnya suka lebih mahal.

299. atika - 24 February 2007

Pak INdra mo nanya lagi nih, maklum mo brgkt sendiri tanpa suami jadi hrs bnr2 tau biar gak nyasar…..
1.Sebenarnya nunjukin tiket pulang itu WAJIB gak sih kalo dah nyampe Spore? abis baca disini jadi mikir lebih enak pulang dari bangkok-jkt ya kalo gitu (pake budget airline) tapi pesennya baru disananya bukan pas sblm brgkt dari sby?
2. dah cari hostel ada Backpacker Cozy Corner GuestHouse,di 490 North Bridge Road, 2nd Floor, Singapore 188736, Singapore.
ada saran ttg tempat ini? bagus or gak? soalnya ada female dorm, mumpung belum bener2 reservasi? pajaknya brp sih? kalo misal harga S$17/night nginep 3 mlm
3. trus saya niatnya dari HF ke hostel itu naik MRT,
di MRTnya HF dijual Ezlink card gak? kalo gak kira-kira brp biaya mrt ke bugis station (bener ya MRT yang paling dkt dengan hostel itu bugis?)dari HF?takutnya gak ada uang pas.
4. kan ganti kereta di outram, pas di HF station saya ambil tiket langsung bugis gitu? trs turun di outram dan ganti MRT ke bugis gitu?
5. oh iya pak kalo dah plg dr spore kartu ezlink itu musti dijual lagi pa ya? gak boleh dibawa keInd mis cuma sisa S$0.2 gitu?
thanks b4 ……………

300. atika - 24 February 2007

kayaknya pesen saya sebelumnya blm masuk ya?
saya mau liburan bulan juni-juli, rencananya sby-btm-spore-JB-KL-Phuket-Bangkok
pulangnya belum tau lewat mana.
kalo dr sby enaknya naik apa ya?

301. Fajar P.Bagiakusuma - 25 February 2007

Salam kenal Mas Indra, saya mau tanya kira2 budget untuk ke Singapure untuk saya dan Istri dan 2 anak (6&7 tahun) via Batam berapa yah? Maksud saya sudah termasuk nginap hotel yang sedang2 aja. Mungkin saya akan stay kira2 4 hari. Dan enaknya bawa US$$ atau saya harus tukar SIN$$ dulu? Saya membaca ceritanya mas Indra terasa membantu sekali. Makasih

302. niken - 26 February 2007

baca deh yah

303. atika - 28 February 2007

pak indra nanya lagi nih
kalo ke thailand pake visa gak sih?

304. nico - 5 March 2007

halo pak indra. kemaren tulisan saya koq gak ada ya ? saya pengin nanya masalah study loan. bisa nggak saya dapet di singapore kalo saya gak punya PR ? buat international student gimana kalo mau dapet loan ?

305. rahma - 6 March 2007

saya pernah nginep di apartemen Lucky Plaza, Orchad. harganya lumayan murah (sekitar 50SGD) per kamar per malam. Satu kamar bisa diisi 3-4 orang.
yang punya orang singapura. Dia nggak bisa bahasa inggris atau melayu, cuma bisa bhs mandarin. tapi asistennya orang Indonesia tulen, jadi booking nya bisa dilakukan via si asisten.
no telpnya: +6567389582 (Ibu Ati)

semoga membantu :D

306. Nanda - 6 March 2007

Mau tanya, kalo tiket ferry 1 way dr batam center ke harbourfront tuh brapa yah?

thank youu

307. rahma - 6 March 2007

pak indra,

saya rencananya mau ke malaka, via sinagpura. dari singapura kira2 naik apa ya dan berapa lama waktu perjalanannya?

makasih banyak

308. yohan - 7 March 2007

pagi mas indra,saya yohanes,pengen sekali ngajak keluarga jalan2 ke genting,klo ke malaysia enaknya lewat mana ya,yg bisa bikin irit keuangan,klo lewat udr fiskl nya aja 1 jt,trus klo udh nyampek dimalaysia mau nglanjutin ke genting naik apa,tlg sekalian harga tiket2nya ya thx

309. yohan - 7 March 2007

trus klo digenting penginapan yg lumayan lah tp ber ac kira2 brapa ya semalamnya,klo naik kapal saya harus menuju kemana,asal saya surabaya,thx

310. atika - 14 March 2007

Pak Indra, nanya lagi ya?…
Apa bedanya naik bis ke JB yang dideket Kranji MRT Station ama yang ada di BUs depot di Queen Street? Soalnya saya nginep di sekitar bugis biar gak usah jauh2 ke Kranji.
makasih…

311. indra - 14 March 2007

#299 - atika:

(1) Nunjukin tiket pulang itu kalo ditanya aja sih. Kalau ngga ditanya, ngga usah ditunjukkin. Kalaupun memang gak punya, bilang aja mau meneruskan perjalanan dari Singapura ke Malaysia naik bus. :)

(2) Kalo hostel seperti itu, biasanya harus sharing room sama orang lain. Setahu saya harganya sudah termasuk pajak, mungkin bisa ditanyakan lagi ke pengelola hostelnya.

(3) Di Harbourfront dijual EZLink card.

(4) Betul, di HF langsung beli tiket ke Bugis. Di Outram ganti kereta api tidak perlu keluar stasiun.

(5) Boleh kok dibawa ke Indonesia sebagai souvenir. :)

#300 - atika: Dari Surabaya saya kurang tahu apakah ada penerbangan langsung ke Batam. Kalau ke Singapura ada. Mungkin harus lewat Jakarta dulu. Pulangnya dari BKK bisa lewat KL terus langsung ke Surabaya pake AirAsia.

#301 - Fajar: Kurang tahu mengenai budget, bagusnya siapkan uang SIN$, bisa dibeli di Jakarta.

#303 - atika: Ke Thailand tidak perlu pake visa.

#304 - nico: Study loan maksudnya apa ya? Maaf kurang ngerti.

#305 - rahma: Terima kasih atas tambahan informasinya.

#306 - Nanda: Saya kurang tahu kalau one-way, kalau return itu $17 belum termasuk pajak.

#307 - rahma: Dari Singapura ke Melaka enaknya naik bus. Biayanya cuma $11, berangkat dari Lavender Street.

#308, #309 - yohan: Paling murah dari Surabaya/Jakarta ke KL naik AirAsia langsung. Dari KLIA naik shuttle bus ke KL Sentral, baru naik bus Genting Express ke Genting.

Di Genting penginapan rata-rata tidak ber-AC, soalnya udah dingin. Paling murah di First World Plaza, book-nya langsung di website Genting http://www.genting.com.my/ biar murah.

#310 - atika: Sama aja kok, bus 170 itu kan berangkat dari Queen Street (deket Bugis) dan nanti lewat Kranji juga sebelum ke JB. Kalau dari sekitar Bugis, mendingan langsung naik dari Queen Street.

Ada satu bus lagi yang lebih cepat, namanya Singapore-Johor Bahru Express, berangkat dari Queen Street juga. Lebih cepat karena lewat expressway, harganya dua kali lebih mahal.

Semoga membantu. :)

312. unnie - 16 March 2007

Dear Pak Indra,
Saya mau tanya….
1.Kalau saya ingin ke KL via Batam, lebih baik naik ferry tujuan singapore atau ke malaysia (kalo ada)?
2.Kalau naik ferry ke Harbourfront, S’pore ke KL harus brp kali naik bis? dan apa aja bisnya (termasuk dari pelabuhan ke terminal)? skalian onkosnya kira2 brp?Perlu beli kartu spt bus way atau bayar cash aja? karena pertimbangan di s’pore hanya sebentar tdk sampai menginap.
3.Kalau naik ferry tujuan malaysia nama pelabuhan nya apa yah?dan dari sana ke KL harus berapa kali naik bis dan bis apa aja?skalian ongkosnya?

tenkyu
-salam unnie-

313. Max - 17 March 2007

Dear indra,

Salam kenal, seru juga nich tips jalan2nya, saya ketemu blog ini karena browsing untuk persiapan training 2 minggu di Spore maret 07.
Saya mau tanya P Indra mengenai RSatau Dokter Mata yg bisa direkomendasikan dan kontaknya, Karena rencana Ibu saya mau ke Sing sekalian periksa mata.
Mata ibu saya kalau lagi kambuh susah dibuka karena sangat sakit. Di jakarta sudah sampai ke RS AINI tapi blm ada kemajuan.

Trims,

Max

314. wulan - 19 March 2007

Dear P. Indra,

Mau nanya nich,

Di mana pasar grosir untuk baju2 di S’pore ? dan di KL ?

thanks b4.

Wulan

315. Welson - 20 March 2007

Pak Indra yg baek, saya mau minta tolong nanya boleh ga?
Saya mau ke singapur lewat batam dari surabaya, KTP dan paspor saya alamat Balikpapan, bisa bebas fiskal gak? Soalnya 3 bulan lalu teman saya ke singapur bebas fiskal (KTP n Paspornya Pontianak).
Saya tunggu jawabannya ya Pak, Thanks banyak ya…..

316. Budi Setiawan - 20 March 2007

Pak Indra,

saya mau tanya kalau dari genting mau kembali ke jkt, lebih murah naik pesawat dari KL, atau ke s’pore trus ke batam baru dari sana naik pesawat ke jkt. atau ada cara lain…?

Terima kasih,
Budi Setiawan

317. atika - 24 March 2007

pak indra tanya lagi,
jam berapa terakhir penyeberangan dari harbourfront ke batam center?

318. Yudi - 27 March 2007

Mas Indra,

Salam kenal… nama saya Yudi dari Indonesia.
Saya dapat penawaran kerja di Singapura.
Saya mau tanya biaya hidup per bulan disingapura rata2 berapa ya?
Biaya sewa apartement/kost2an perbulannya kira2 berapa ?
Dan biasanya rate gaji disana kira2 berapa ?

Mohon informasinya…

Terimakasih…

319. veronica - 27 March 2007

saya vica.saya adalah pemegang pr di singapura.untuk sekedar informasi untuk pak indra.harga tiket dari batam ke singpura bukan harga 15 dolar.tapi sekitar 25 dolar.dan ketika akan pulang ke batam anda akan dikenakan pajak atau gst di hf sebesar 10 dolar.bukanlah 3 dolar.kalau yang 3 dolar itu adalah jika anda membeli tiket dari singapur,dan ketika dari batam akan kembali ke singapur barulah dikenakan gst sebesar 3 dolar.

320. Mariana - 28 March 2007

Selamat pagi pak Indra,

saya ada renc ke malaysia tgl 19 april ini.Yang ingin saya tanyakan untukpenyebrangan ke johor bahru lebih dekat lewat pelabuhan batam di mananya ya pak..Sekupang/Waterfront atau Batam Centre..Thx..

321. vera - 29 March 2007

hi teman2
saya akan bantu menjawab ya dr pd pertanyaan2 ini,
intinya pnegang paspro luar negri dan pemegang paspor daerah sumatra seperti riau,medan trus kalimantan seperti pontianak yang kota dekat dengan singapore n malaysia tidak kena fiskal,selebihnya harus bayar fiskal….
mariana :lebih baik batam centre

veronica:saya setuju dgn anda masalah harga tiketnya.
yudi:tolong diberikan detail position kamu…like manajer kah atau supervisorkah krn itu spt diindo ya,ada standard gaji yang ada experinced kerja nya ya.

kalo kos sekitar 80-100 sing dollar per minggu

322. Agung Budi - 30 March 2007

malem pak indra (bener ya? cuman ikutan manggil seperti yang diatas)

tanggal 18 mei temen saya ngundang ke singapura. dia dah pesenin tiket pesawat. dia cuma booking-in tiket doang. paspor saya dari malang. tapi saya bener-bener buta tentang bepergian keluar negeri. mkanya saya banyak liat info dari internet. apa perlu pake visa? fiskal juga? kira kira total cost yang perlu dikeluarin berapa ya?

thanks responnya.

323. Debby - 2 April 2007

Pak Indra,

Tanya lagi dong…
1. Dari Bugis MRT ke City Hall turun distasiun mana?
2. Banquet Food Court buka sampai jam berapa , jauh ngga dari Bugis Street dan kalau naik MRT turunnya dimana?
3. MRT terdekat dengan Suntec City dimana?
4. Kira-kira berapa biaya taxi dari Orchard Road ke Lavender Street dan berapa lama waktu yang ditempuh?
5. Punya jadwal keberangkatan bus SIN-Melaka?
6. Sebaiknya kalau mau beli tiket bus tujuan SIN-Melaka diLavender Street apa harus 1 hari sebelumnya atau pada saat kita mau berangkat aja?
7. Perjalanan yang ditempuh dari Singapore ke Melaka berapa lama?
8. Prosedur apa saja yang dipersiapkan pada saat kita akan memasuki Melaka lewat Singapore?
9. Pusat kotanya Melaka ada dimana?
10. Jarak antara terminal bus ke pusat kota Melaka berapa jauh dan lama?
11. Dari terminal bus ke pusat kota Melaka naik apa dan biayanya berapa?
12. Melaka - KL naik bus berapa lama?
13. Apakah diKLIA-LCC ada transit hotelnya?
14. Penginapan murah didaerah bukit bintang budget sekitar RM 100-150 dimana?

Maaf pertanyaannya diborong sendiri.

Thanks

324. yoan - 2 April 2007

Halo!
Insya Allah mei, saya dan suami, ke singapore utk operasi. Punya info hotel ato apartemen di dekat NUS (National University of Singapore)??
Thanx alot

325. indra - 5 April 2007

#312 - Unnie:

(1) Bisa kalau mau langsung ke Malaysia, dari Batam Centre ada ferry langsung ke Johor Bahru.

(2) Dari Harbourfront, bisa langsung sekali naik bus Aeroline langsung ke KL. Jadi tidak perlu ganti-ganti bus lagi. Cuma memang bus-nya agak mewah jadi mahal.

(3) Ferry dari Batam Centre ke Johor Bahru, sampe-nya di pelabuhan Stulang Laut. Dari sana bisa naik taksi ke terminal bus Larkin, atau naik bus dua kali (lewat pusat bandaraya). Dari terminal bus Larkin baru naik bus ke KL.

#313 - Max: Silahkan ke Singapore National Eye Centre, di kompleks SGH. Informasi lebih lengkap: http://www.snec.com.sg/ .

#314 - Wulan: Di SG, mungkin bisa dicoba di pasar Bugis atau Geylang. Di KL, coba di daerah Mesjid India.

#315 - Welson: Paspor Balikpapan tidak bisa bebas fiskal lewat Batam. Hanya Sumatera dan Kalimantan Barat saja.

#316 - Budi: Dari Genting, lebih cepat dan murah ke KLIA terus naik pesawat AirAsia langsung ke Jakarta.

#317 - Atika: Jam 21:50 SGT. Informasi jadwal ferry bisa dilihat disini: http://www.penguin.com.sg/ferrySchedule.html .

#318 - Yudi: Silahkan langganan milis Indo-Sing untuk bisa minta pendapat rekan-rekan orang Indonesia disini.

#319 - Veronica: Terima kasih atas informasinya.

#320 - Mariana: Ferry ke Johor Bahru setahu saya hanya berangkat dari Batam Centre.

#321 - Vera: Terima kasih atas tambahan informasinya.

#322 - Agung: Tidak perlu bayar visa. Tapi perlu bayar fiskal satu juta rupiah, dan airport tax seratus ribu rupiah.

#323 - Debby:

(1) Di stasiun City Hall. :)

(2) Banquet food court buka sampai jam 10-an. Di deket Bugis ada, di gedung Raffles Hospital.

(3) City Hall.

(4) Sekitar $6, 20 menit.

(5) Tidak punya, tapi setahu saya bus berangkat hampir setiap jam.

(6) Sebaiknya sehari sebelum berangkat.

(7) Sekitar 3-4 jam.

(8) Melewati imigrasi, di Singapura dan Malaysia (masuk Johor Bahru).

(9) Di Melaka-nya. :)

(10) Terminal bus-nya di pinggiran kota, naik taksi sekitar 20 menit ke pusat kota.

(11) Taksi, saya kurang tahu mengenai biayanya. Mungkin sekitar 10 ringgit.

(12) Sekitar 2 jam.

(13) Di LCCT, tidak ada transit hotel.

(14) Bisa cek website Asiatravel, http://asiatravel.com/malaysia.html .

#324 - Yoan: Hotel sekitar NUS/NUH tidak ada. Ada banyak apartemen di sekitar Clementi, tapi rata-rata punya pribadi jadi tidak disewakan harian.

Semoga membantu. :)

326. kukuh - 11 April 2007

mas indra saya mau tanya kalau disingapur tempat untuk mencari alat2 sparepart untuk mobil yang lengkap didaerah mana yaa terima kasih sebelumnya

327. imat - 11 April 2007

Dear Pak Indra,

mo tanya ya,
1. dr sing ke Melaka, pilihan transportasinya ap saja ya?; perjalanannya brp lama?; dan brp kira2 tarifnya?
2. bisa tolong beri recommended hostel/penginapan yg mumer&bersih ga? hehe maklum, budget ketat niyh..
3. kalo untuk penginapan, better daerah mana ya pak? Lavender Street ato Al Junied (MRT)? kedua daerah ini berdekatan ga ya?..,ato bs recommend daerah menginap yg enak di sing pak?

thanks alot!!

328. fenny - 13 April 2007

Hallo p’indra
Salam kenal yach, nama saya fenny. Saya sangat tertarik sekali dengan milis ini, karena sangat membantu saya yang akan pergi ke Singapore pada akhir bulan ini melalui batam tapi masih ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kepada p’indra atau teman2 yang lain, seperti :
 Berapa harga tiket feri ( yg terbaru ) dari batam center ke harbourfront ? seaport tax ?
 Apakah harga tersebut untuk pergi dan pulang ( return ) atau hanya sekali jalan ( one way ) ?
 Fiscal yang kita bayarkan di batam itu masih Rp. 500.000,- ?
 Apakah benar apabila kita ke Singapore melalui batam jauh lebih murah? Karena setelah saya hitung, biaya yang dikeluarkan kurang lebih sama tanpa diperhitungkan tiket pesawatnya.

Kayaknya itu doank dech yang saya mao tanyakan, terima kasih yach sebelum dan sesudahnya… 

Fenny,
leo_fennycute@yahoo.com

329. EKO - 14 April 2007

Pak indra, saya pengen tau, untuk anak umur berapa ya, yang baru akan dikenakan bea fiskal sama segala pajak yang udah bapak sebut diatas? Terus barangkali bapak punya track map dari mrt disana, berhubung bapak udah bolak balik jkt - sing.

330. tommy - 16 April 2007

mas..sya punya rencana buat paspor.tapi kalo ktp lampung,trus buat dibatam,bebas fiskal ga mas.
btw kalo paspor lampung pasti bebas fiskal gitu mas?
thanks be4

331. jiggo - 17 April 2007

dear Pak Indra.. sepertinya anda cukup memahami keinginan wisatawan yg ingin berkunjung ke SIN atau KUL …dan anda sangat menguasai semua hal tehnis dan non tehnis di dunia wisata tsb..kenapa ga coba buat paket wisata hemat aja ..misalnya Batam - Singapore 3h2m dengan harga Rupiah…paket all inclusive….akomodasi, transfer bandara - pelabuhan - hotel pp, fullboard meal, obyek ,transport, guide….dan anda sebagai travel agentnya….saya yakin akan banyak pelanggannya dengan melihat banyaknya atensi dari temen2 traveller yg bertanya ke anda.
saya bersedia membatu memasarkan di jawa tengah , DIY dan Jatim.
pak indra tertarik…. hehe

332. bebe - 19 April 2007

Dear Pak Indra,

Suami saya berasal dari Pontianak, KTP dan Passport masih keluaran Pontianak. Kini kami tinggal di Yogyakarta, dan biasanya untuk mengurus perpanjangan KTP dan Passport, dia selalu menyempatkan diri untuk pulang ke Pontianak. Tetapi karena keterbatasan waktu, suami saya ingin memperpanjang Passport-nya di Kantor Imigrasi Yogyakarta. Yang ingin saya tanyakan, setelah diperpanjang di Kantor Imigrasi Yogyakarta, apakah suami saya masih bisa melakukan perjalanan bebas fiskal dari Batam menuju Singapore?
Terima kasih sebelumnya atas jawaban Pak Indra.

333. indra - 20 April 2007

#326 - Kukuh: kayaknya di SG tidak ada toko sparepart mobil. Harus ke dealer resmi tergantung merk mobilnya. Kalau di Malaysia mungkin ada.

#327 - Imat:

(1) Dari SG ke Melaka paling enak naik bus, sekitar 3-4 jam dan tarifnya sekitar $20 one way.

(2) Bisa coba backpacker hostel seperti InnCrowd. Kalau mau hotel, yang murah bisa dicoba New Seventh Storey Hotel yang di Bugis, atau Hotel 81 yang lumayan ada di banyak lokasi.

(3) Bugis kayaknya yang paling banyak tempat nginap murah. Lebih strategis.

#328 - Fenny: Harga tiket dari Batam Center ke Harbourfront sekarang adalah $17 untuk pp, belum termasuk seaport tax Batam $3 dan seaport tax SG $10. Fiskal masih 500 ribu. Tergantung tiket yang Anda bisa dapat untuk jalur Jakarta-Batam-nya.

#329 - Eko: Anak dibawah 12 tahun bebas fiskal. Kalau seaport tax, semua harus bayar, termasuk anak bayi.

#330 - Tommy: Saya kurang tahu mengenai paspor Lampung, ada yang bilang bisa bebas fiskal, ada yang bilang tidak bisa. Ada yang bilang paspor Sumatera bisa bebas fiskal, kecuali Lampung.

#331 - Jiggo: Saya kurang tertarik, kayaknya, hehehe. Terima kasih atas usulannya. :)

#332 - Bebe: Kalau udah alamat paspor Yogyakarta, ngga bisa lagi bisa bebas fiskal.

Semoga membantu. :)

334. edy - 23 April 2007

pak indra.
mau tanya ni, tau ga kl mau naek kereta dr KL ke Singapore naik nya dr mana ya? brapaan si harganya? trs ada tau jadwalnya ga? kayanya sy setelah dr KL mau kesana, tp maunya jam yg paling malem ( jd bisa sekalian istirsahat) BTW kl naek train nya brapa lama ya?
thanks ni pak indra atas masukannya..

335. indah dpok - 29 April 2007

Salam kenal pak saya indah
pak saya ingin tanya
1.klo dari jkt ke sin brangkat via batam dan pulang dari sin langsung bisa tdk ya.
2.trus lama perjalanan dari bandara bth ke pelabuhan brapa lama?
3. saya berencana menginap di daerah sekitar orchard, kira2 penginapan yang murah didaerah sana dimana ya (biar klo blanja jalannya ga jauh)
4. trus klo saya mau city tour disana itu beli paketnya di hotelnya ada atau bagaimana dan lebih murah mana klo kita sewa mobil dari hotel.
5. saya berencana pergi sekeluarga nah kira2 dari pelabuhan sin ke hotel yang ga repot naik apa ya bhubung saya sekeluarga ber6
6. dan bisa info tempat2 wajib dikunjungi di sin dan tempat untuk bermain untu adik2 saya
dan dari orchard ke china town itu jauh ga ya pak (kira2 brapa lama)

terimakasih sebelumnya pak

336. Renny - 29 April 2007

Pak indra
salan kenal, aq baru dapat info ttg blog ini ternyata asyik banget ya..tapi biar makin lengkap minta saran lg masih bolehkan? saran ttg plan perjalanan Jkt-Btm-Sing-Malaysia untuk 5 hari yg seru+tempat shopping yg Murmer..untuk 2 orang ( FYI :baru punya tiket pergi Jkt-Btm dan tiket pulang KL-Btm aja )
ohya bawa P3K dan makanan rumahan boleh nggak?
thanks ya pak Indra atas masukanya..

337. i made indra - 1 May 2007

thanks banget bener-bener membantu nambah pengetahuan saya tentang singapore, btw p’indra bisa bantu ga cari informasi mengenai check-up package di mount elizabeth hospital, soalnya saya pengen ajak mama check up disana, kelihatannya kondisinya sekarang kurang bagus… bisa bantu kan plss..
eh iya nama saya made indra dari Bali.thanks banget loh bantuannya

338. Rieska - 15 May 2007

Pak thanks banget infonya soal sing berguna banget. Saya rencana ke sing dgn kel & bawa 2 anak usia 7 & 3 th. Saya lihat2 dari resume yg ada, pemikiran saya kok cukup repot juga ya kalau sesampainya di sing, kesana-kemari hrs bergonta-ganti bis/transportasi lain, memang sih cost efficiency. Kira2 di sing ada gak ya pak mobil yg disewakan plus drivernya seperti kalo kita ke bali & jg ada tour package-nya sekalian. Jadi gak pusing mau kemana, berhubung ini baru kali pertama. Kalo memang ada, bagaimana dgn costnya apa cukup murah? Trims pak.

339. arti - 17 May 2007

Hi Pak Indra,

Bagaimana pula jika saya mahu ke johor bahru lewat batam-stulang,
saya menggunakan pasport bali…adakah sukar untuk saya kesana..
perlu mengambil pesawat dari bali-jakarta-batam..dan kemudian dari batam-stulang, bagaimana jadual perjalanan dan fiskal nya, bimbang ada masalah kelulusan masuk malaysia.

ma kasih..

340. Ase - 19 May 2007

Pak Indra kemana lg sakit ya?

341. ririen - 23 May 2007

Pak Indra, Insya Allah rencananya saya mau ke S’pore tgl 31 Mei bsk (ber 17 org). Tahun lalu waktu saya ksana pernah dijemput dgn bus berkapasitas 20 org.(changi - hotel) Saya kehilangan contoct person dan no telpnya. kira2 pak Indra punya ga ya.. no telpon sewa untuk penjemputan yang muat utk 20 pax?

Tks

342. ririen - 23 May 2007

Pak Indra, Insya Allah rencananya saya mau ke S’pore tgl 31 Mei bsk (ber 17 org). Tahun lalu waktu saya ksana pernah dijemput dgn bus berkapasitas 20 org.(changi - hotel) Saya kehilangan contoct person dan no telpnya. kira2 pak Indra punya ga ya.. no telpon sewa untuk penjemputan yang muat utk 20 pax?

Tks

343. ika - 28 May 2007

Dear Pak Indra,

salam kenal saya ika,mau tanya2 nih..saya mo ke sing bln oktober tgl 12 dr jkt jam 16.00 lwt batam trus mo nginep di drh chinatown,pak bisa kasih info apartement yg murah?kalo sy boking 3 bln sblmnya bisa gak ya?dr info yg sy dpt tipikal org sing,apart akan diberi ke org yg langsung datang drpd yg sdh boking sblmnya (siapa cpt dia dpt)..sy di sing 2 hari and tgl 14 mo ke genting dr sing,ada bus malam yg langsung ke genting jam brp?$ brp?enak boking online or beli langsung di sing?dimana?u/ penginapan murah di genting dimana(just for 1 day)?kalo nginap di KL,shopping yg murah&enak,dimana? sory my question so many coz this my 1st travel..thx b 4

344. purba Adriana - 31 May 2007

Hallo pak Indra,

salam kenal, nama saya Adriana. Saya mau tanya pak Indra.
Begini, kita ada rencana mau berangkat ke Australia tepatnya di Sidney, dan kita mau berangkat tanggal 20 Nov 2007 Via Batam.
Saya ingin mau tanya, berapa kira-kira Harga Ticket dari Batam ke Sidney pulang-pergi. Tapi rencana kita mau tinggal 2 minggu di Sidney beserta suami dan Mertua. Tidak apa-apa kalau kita berangkat dari Bali.
Saya harap pak.Indra bisa memberi Informasi buat kita. Atau bisa juga Nomor Telepon Travel disini.

Salam

345. b0wo - 31 May 2007

mas indra yang terhormat.. benar2 bermanfaat informasinya, oh ya boleh tau ferry dari batam ke singapura itu terakhirnya jam berapa ya? misal saya dari jakarta/medan tiba di batam pukul 17.30 apa masih terkejar tuk naik ferry ybs…trims tuk infonya pak

346. asyri - 3 June 2007

heii.. mau tanya nih kalo dari sin ke hk alternatif paling murah naik apa ya? terus tau ga jalan2 di hk gt?

347. Maya - 7 June 2007

Salam kenal Mas Indra,
Nama saya Maya,saya baru saja liat website ini, dan sekiranya mas Indra bisa bantu,saya sangat berterimakasih.
Tanggal 12 Juni besok saya akan berangkat ke Malaysia untuk training di Selangor, saya berangkat dengan Air Asia, yang ingin saya tanyakan:
1. Sebaiknya saya membawa rupiah kemudian ditukar dengan ringgit disana ataukah saya bawa US dollar atau langsung beli ringgit dari Indonesia?
2. Saya berencana pulang sementara ke Indonesia untuk menikah pada bulan Juli. Rencana saya berangkat tanggal 5 Juli kemudian kembali ke Malaysia lagi tanggal 13 Juli, sebaiknya saya beli tiket dari Indonesia atau dari Malaysia?
Terimakasih banyak sebelumnya atas bantuannya.

348. Rangga - 25 June 2007

Halo mas indra..salam kenal.Keren banget nih web nya
Saya mau tanya dong..Untuk ke thailand dari malaysia mendingan naik apa yah ?
Terus dari thai ke indo mending naik ke KL dulu atau langsung ke indo ?dilihat dari sisi biaya tentunya

Tolong di info ke email aja yah.thx

349. Delanie Murasaki - 4 July 2007

allowww….pak indra

kebetulan nehh mengenai tema ke singapore, saya ingin tanya mungkin pak indra tau / pernah dengar mengenai test DNA yang murah di RS yang ada di singapore. Mohon informasinya yah pak

Thanks,

Murasaki :)

350. ARdee - 9 July 2007

Salam kenal, Pak Indra.

Kalo misalnya kita pengen kerja di Singapura, apa ada juga tips dan tricknya? Karena saya pengen kerja di sana.

351. meli - 13 July 2007

Hii,,

Pak beli tiket ferry di hang nadim skarang brapa ya?sudah termasuk seaport tax ato belum?
dari hang nadim ke batam center naik taksi argonya skarang berapa ya pak?
saya mau ke s’pore via bth pertengahan bulan ini

mohon bantuan informasinya pak

thx

352. Dhedhot - 18 July 2007

Dear Bapak.

MO nanya donk, klo ke 1 ROCHOR CANAL ROAD, SIM LIM SQ#02-08 dari harbour enaknya naek apa ya pak, plz ASAP bgt, lusa saya brangkat kesana via batam…thx

353. via - 19 July 2007

hallow pak indra…

share problem nih… sapa tau ada problem solving dari Bapak..

rencananya saya ingin married si Singapore, biar cepet prosesnya karena saya membutuhkan kartu register marriage buat apply visa ke Darwin, australia, berhubung calon suami saya PR australia… dan karena apply visa australia butuh waktu yang lumayan lama, jadi kami sepakat untuk mengurus pernikahan kami di singapore..

dan..

kebingungan untuk Syarat2 menikah di Singapura, maupun Prosedurnya…

mungkin Bapak ada info yang bisa saya gunakan untuk proses tersebut…

terima kasih sebelumnya dan saya tunggu infonya ya Pak…

(rencananya kami menikah di bulan september ini)

354. dan - 20 July 2007

ikut nimbrung…sekarang lagi backpcker trip…sdh sampai di bangkok sekarang..makasih bt pak indr tentang info batam-singapura-Malaysia sangat membantu sekali
walupun ketika disana memang tidak sesuai plan..ha3x
maklum kurang persiapn dan first time jalan ke LN dengan modal nekat dari segi biaya dan pengalaman….tapi sampai juga ke bangkok..ha3
bagi temen2 yang pengin jalan dari KL-BKK-atau mgkn phuket bisa email saya di :daniandhra@gmail.com,
mgkn bs sdkt skli mmbntu…=)

355. dan - 21 July 2007

bt dhedot
km bs naik MRT turum di bugis
klo gak
cari halte bis terdekat, cri bis yng ke arh rochor tu bugis stn, di halte ada peta ny
user friendly bgt koq
sara, pling mudah naik MRT dari harbour front, wlpn hrs pindah train lagi

356. dan - 21 July 2007

dr bndara hang nadim cm kena sgd12
txi msh ttp 70rb , tp prlu ditegesin ktk brgkt, dgr kbr dr tetngga yang suka k btm,byk jg yg nkl, dn br dksh th ps jln, klo brhnti d tgh jln kan berabe
tax msh sgd3
jgn lp fiskal 500rb

357. brusli - 22 July 2007

saya brusli dari surabaya.rencananya awal september mau ke singapura.kira kira pesawat yang murah dari surabaya-batam apa ya?thanks

358. nina - 23 July 2007

Pa, indra, mohon informasi mengenai hei mui keng terrace, apakah daerah itu dekat ke orchard? atau ke little india? atau apakah dapat dicapai dengan mudah dgn menggunakan MRT? rencananya oktober saya akan ikut seminar disana, saya mau cari hostel yang deket daerah sana. terima kasih sebelumnya

359. Ochi - 25 July 2007

Pak Indra & Teman2 yg lain… mo minta comment nih, apakah recommended untuk bawa anak 3th dan Ortu usia late 50 ke singapore via Batam..? Kira2 sikon di perjalanannya melelahkan ga yah untuk mereka? Kalo kurang recommended, mau ga mau yah kita harus direct Jkt-Sing deh… Kalo pulangnya sih kita rencana mau direct aja Sing-Jkt. Perginya msh dipertimbangkan nih, siapa tau bisa ngirit Fiskal. Thanks…

360. Teguh - 28 July 2007

wah kuliat seru banget nih web
kbetulan ku pengen banget travel kliling kengara2 terdekat ,pengen menuhin paspor ku aja sih..coz mau nyusul tmen ke USA
biar kliatan kaya backpacker prof.
dsini kuliat MR. Indra tuh jadi nara sumber yah
he..
seru juga tuh ke SGP lewat btam
dalam waktu dekat ni ku pengen de ksana coz paspor jadi hari senin besok
ada ga yah barengan yang pengen jalan2 muter ksana
boleh dong gabung
kupengen jlan sendri tapi sama sekali blank tentang pjalanan ke luar negri
kalau mungkin ada barengannya agustus ini mungkin bisa bareng ya
thanks

361. Ivonne - 30 July 2007

Hai All,
Bagi yg bulan agustus mo jalan2 ke SG-MY boleh donk gue ikutan nimbrung soalnya gue cuma sendirian. kali aja bisa kenal kan bisa tambah temen dan bisa bagi pengalaman.kalian bisa e-mail ke gue di ivonnetan@leapfroglobal.net. gue tunggu yah..
Ivonne

362. Titi - 5 August 2007

Kepada Yth Pak Indra,
Pak, perkenalkan nama saya Titi. Senang dengan berbagai informasi yang diberikan Pak Indra.
Pak Indra, saat ini saya sangat membutuh informasi apakah bisa membawa 1 set computer (CPU, Monitor, keyboard - second) dari Singapore masuk ke Indonesia lewat cengkareng? (Yang membawa Singaporean)
Mohon masukkan dari Pak Indra, apakah diizinkan oleh petugas di cengkareng?
Terimakasih banyak sebelumnya. Jika Bapak Indra berkenan, mohon menjawab pertanyaan saya.
Hormat Saya,
Titi

363. Ryna - 6 August 2007

Hy travel lovers,

Gw mo bagi2 pengalaman gw selama kurang lebih 1,5 thn gw hidup and stay di Singapore, gw study ttg tourism gtu dech. Gw tinggal di Newton, gak jauh2 amat dr Orchard. Klo jalan kaki sekitar 10 menit gtu, tp gw seringnya sih naek Bis 131 ke Ochard.
Selama gw di S’pore di waktu senggang gw sering jalan2 ke Bugis Village buat shoping souvenir. But the most favourite place to spend the day is Sentosa, Pantainya bagus banget, and kmu bisa keliling sentosa seharian..
Ada t4 yg bagus juga buat fun bareng temen2, Escape theme park, Snow city, Jurong Slide Pool, pokoknya enak banget deh utk have fun bareng tmen2..
T4 makan favourite gw di newton night market, disana banyak tersedia makanan indonesia juga loh…hhmmm njami..njami..
Buat tmen2 yang pengen ngeliat Fountain water show selain di Sentosa, ada juga loh di Suntec City, and gw juga sempet make a wish di situ, tapi hati2 loh..ada jam2 tertentu yg airnya sewaktu2 bisa aja nyembur and kalian basah kuyup dech… :)

Pokoknya banyak dech t4 yg menarik… gw pasti bagi2 info ke tmen2 semua…

Oh ya temen2 gw juga mau dikit promosiin nie, bagi kalian yang cinta diving gw punya new website.. www.bali-adventure-diving.com
Or klo kalian ada special question email gw aja ke ryna.bennier@yahoo.com

Gw tunggu yach emailnya!!
Ryna

364. Nanan - 11 August 2007

Selamat Siang Pak Indra.
Nama saya Nanan.
Saya mau tanya, tempat naik bis yang ke malaysia (KL) dari singapore, dan cara menuju tempat itu dari harbour front.
Satu lagi pak, di mana saya bisa mendapatkan map singapore yang lengkap seperti map jabotabeknya di indonesia.
Terima kasih Pak.

365. bunda mer - 13 August 2007

Hi,.. report perjalanan ke singapore kmaren (29 jul - 3 aug 2007), mudah-mudahan menambah informasi bagi yg berencana berangkat.
Berangkat dengan AirAsia ke batam, dari sana pake BatamFast, tiket bolakbalik $20, anak2 dan dewasa sama aja ongkosnya. pas balik ke batam tambah $10 per orang, (jadi jangan dihabisin dananya…)
jadwal dibuat padat, ke patung singapore, ke sentosa island (seharian, jangan lewatkan nonton Song of Sea, keren abisss), ke bugis street, dan ke Science Centre (bisa seharian buat yang suka pengetahuan…), naik baloon DHL, juga asyik….
Tadinya berencana ke Zoo juga, tapi tiket yang beli online ketinggalan. (Jadi kalau ada yg berminat ke Singapore dan ke Zoo-nya, boleh gantiin tiket nih utk 1 dewasa dan 2 anak-anak, dibawah harga deh, yg penting kepake…), tiket valid sampe 30 sept 2007.
Perjalanan yang mengesankan, thanks banget buat pak Indra, web ini jadi referensi utamaku lho, termasuk pengalaman teman2 yg diposting disini…

366. LIBURAN KE SINGAPURA via BATAM 10-12 AGUSTUS ‘07 « Ikman Punya Cerita - 24 August 2007

[…] SINGAPURA via BATAM 10-12 AGUSTUS ‘07 Agustus 24, 2007 Posted by Ikman in Uncategorized. trackback Tidak seperti tulisan saya terdahulu yang memberikan judul pada suatu perjalanan diawali dengankata “tips Perjalanan…” kali ini saya hanya bermaksud berbagi cerita kepada teman-teman yang mungkin berencana berlibur karena untuk tips yang lebih lengkap teman-teman dapat menjadikan blog Pak Indra sebagai referensi handal tentang Tips Perjalanan ke Singapura […]

367. b0wo - 12 September 2007

foto yg dulu, pindah nih

368. pay - 4 October 2007

sore pak.
informasinya sangat bermanfaat sekali.
sekalian saya mau bertanya nih.
kaIo mau ke International Business Park S (609914)
dari bandara kira2 nutuh berapa jam?
dan naik kendaraan apa ya?

thanks ya

369. angeline - 5 October 2007

dear, p’indra..

reading ur page is really helpful.. saya ada rencana backpacking ke spore, malay, thai.. tujuan utama saya sih sebenarnya ke Phi Phi island, thailand.. tp berhubung saya dan teman2 msh mahasiswa yang budgetnya pas2an jd saya coba cari jalan untuk menekan pengeluaran seperti ke spore via batam.. lumayan sudah irit di fiscal.. saya sudah baca hampir sparuh dr page ini.. banyak sekali info yg berguna.. tp saya ada pertanyaan, tentang ferry batam-spore, klo beli ticket ferry yang PP, waktu pulangnya harus sudah dipastikan sebelumnya atau bagaimana ya pak?

so far, itu aja pertanyaan saya..
oiya, if anyone know any info bout phi phi island, boleh juga yaa.. bagaimana transport dan akomodasinya..
thx a lot for the info..

370. Leo - Jakarta - 7 October 2007

pak Indra, Saya ingin ke malaysia via Singapore.. Untuk Tips dan Trick nya saya dah baca tuntas.. (thanks) Btw, saya sudah 2x ke SG dgn passpor batam. untuk itu saya ada niat untuk ke malaysia akhir tahun ini. Menurut informasi dari rekan2 kantor. Untuk masuk singapura harus menggunakan passpor minimal 48 Halaman. Karena punya saya cuma 24 Halaman. Apakah benar seperti itu isunya. Malaysia tidak ada permitt masuk bagi yg menggunakan passpor 24 Halaman. Mungkin disangka TKI ilegal kali ya? Mohon informasinya. Thanks

371. julie - 27 October 2007

hallo pak indra, saya liburan december 2007 ini saya mau pergi ke singapur bersama teman-teman saya via batam, tp saya dan teman-teman saya semuanya umur 13 th, apa disana hrs ada ya berumur 17 th ke atas yg di perlukan untuk pengurusan di hotel dan di bandara cengakreng atau pun di pelabuhan batam/sing? org tua kami semua tdk ikut bersama, oh ya kira2 hotel apa ya yg murah di dareah orcard atau china town? tp yg tdk jauh dr mrt.

372. Rina - 29 October 2007

Dear Julie…

tak ada abtasan usia untuk masuk ke Singapura, cuma anak yang dibawah 12tahun, tidak dikenakan fiskal aja…

met liburan, kalo mau ikut tour aja…boleh contact na di anshun_joyfulbth@yahoo.com

373. Dian - 29 October 2007

Mas Indra,
kalau pulang ke Jkt pakai value air, kita bayar airport tax lagi nggak ya… di Changi dan bila ada berapa ?
Tq.

374. Airmata - 30 October 2007

Saya tertarik dengan milis ini, dan saya mau tayakan hotel yang termurah di Batam, nama hotel tersebut serta biayanya berapa
Karena ingin berkunjung ke Batam selama sebulan. Dan kalau ada hal-hal yang lain agar dapat diberitahuna pada saya via email.

Terima kasih atas bentuan anda..

375. indry - 31 October 2007

hi pak indra,,,
bulan november ini saya berencana untuk liburan ke singapore. tapi bukan via batam, katanya bisa via johor baru. saya mau tanya, kalau via johor baru, apa biayanya lebih hemat, atau ga jauh beda dengan via batam?

apa yang harus saya bawa buat booking hotel di singapore? ID card atau lainnya?apa ada ketentuan tertentu buat nginap di hotel di singapore?

sebelumnya, terimakasih buat semua infonya. very usefull…

376. VANI - 1 November 2007

dear pak indra,
saya tinggal di spore (dependant pass) pemegang SUMSEL passport. rencananya saya mo ke liburan ke bintan. pertanyaan saya:
1. apakah saya akan dapat bebas fiskal sepulang dari bintan ke spore?
2. apakah bebas fiskal ini dihitung dari jatah 4 kali setahun yg saya dapat?
am looking forward to hear from you soon. Many thanks in advance!

377. rais - 6 November 2007

Pak Indra, bulan ini saya ada kunjungan kerja ke Batam. Kalau pingin jalan2 ke sing sehari apa juga harus bayar fiskal?

378. Yusnaini - 9 November 2007

dear Pak Indra.. salam kenal
saya ada rencana mau ke Macau, tapi lewat singapore dengan route : jkt-batam-sin-macau, katanya kalau maupergi ke luar negeri lewat singapore lebih murah.. apa betul Pak..?
untuk info aja kalau langsung ke macau harga tiketnya kira2 sekitar USD 370. dari jkt fiskal 1jt. tapi kalau via batam bisa 500rb, apakah ada informasi yang bisa saya dapat.
terima kasih pak sebelumnya
..

379. Michael - 15 November 2007

Pak Indra, salam kenal.
saya mau liburan akhir tahun bersama keluarga di SIN - MAL.
mohon bantuan atas pertanyaan :
Saya ber-8 (4 dewasa dan 4 anak kecil, yg paling besar umur 7th).
1. Saya rencana nginap di KL di hotel Corus. Kalau dari sana ke Genting naik apa enaknya? Saya lihat bisa naik Genting Express, cuman naiknya di mana dan bagaimana menuju ke sana? Lebih kurang berapa biayanya?
2. Dari Genting ke Singapura saya berencana naik transtar. Naik transtar ini turunnya di mana? di Lavender? Kalau ke orchard naik apa lebih murah?
3. Kalau di SIN, dari Orchard ke Harbourfront lebih murah naik Taksi atau MRT?

380. Michael - 15 November 2007

Pak Indra,
Nambah lagi pertanyaannya :
Kalo kami ber-8, 4 dewasa dan 4 anak, boleh naik 1 taxi saja engga?
Anak-anaknya : 7 tahun (1) dan 5 tahun (3).

terima kasih pak atas bantuannya.

381. Ester - 19 November 2007

Dear Pak Indra,
Saya bertiga bersama teman saya (semua wanita) akan jalan-jalan ke Manila-Cebu-Bohol dan Barocay.
Apa bapak punya nama hostel yang murah tapi bersih dan berlokasi strategis untuk kota-kota tersebut? Aku sudah browse dari internet…tapi kok muahal yach tidak seperti KL atau Hanoi.

Ferry dan fast ferry dari Cebu-Bohol atau sebaliknya harganya kira2 berapa ya?

382. tunggul - 23 November 2007

saya baru pertama kali akan melakukan perjalanan ke singapure via batam, info disinin sangat membantu saya, sebaiknya tempat2 dimana yg harus saya kunjungi utuk waktu 2 hari, dengan jarak yg tdk terlalu jauh dengan penginapan yg murah, thx

383. Divanka - 27 November 2007

Ikut menjawab:
# 379 -380 Michael:
Genting Express naiknya dr Puduraya atau stasion LRT Gombak, pakai aja LRT yg ke situ. Ongkos GE 8,5 RM (+ skyway-adult), untuk anak2 6,8RM. Kalau cuma busnya aja setengah dr harga itu. Coba lihat di: http://www.genting.com.my/en/eg/g_there/bus.htm

Transtar turunnya di Golden Mile Complex, dr situ ke orchard mendingan pk taxi, asal rame2, jatuhnya murah jg kok.

Pake taxi rame2? Kayaknya sih supirnya gak mau. Tapi coba aja tanya dulu.

# 382 Tunggul:
Waktu 2 hari, kayaknya mepet sekali. Tujuannya apa dulu, kalau mau wisata atau belanja atau lain-lain, pasti beda. Coba lihat di
http://www.focussingapore.com/interesting-singapore.html
untuk menginap yg murah ya di apartemen, coba lihat di:

http://makanjalan.blogspot.com/2006/08/cara-hemat-ke-singapore-2.html

semoga membantu.

divanka_dya@yahoo.com

384. anna - 29 November 2007

pak indra,
udah beberapa jam baca blognya + comment2nya. bagus bgt !!!
mo nanya nih pak, saya & temen2 mo ke S’pore (4 perempuan) selama 2 hari , kira2 enaknya kemana ya pak?? plus transportasinya
maklum, kita2 msh awam neh…. he he…
buat yg laen, sarannya dong…………………..
Thank U ya……

385. J3ff - 30 November 2007

Buat ana..
Mending sih kl cuma 2 hari ke Sentosa n seharinya lg shoping2 aj..
tempet shoping lumayan buat di kunjungi adalah Orchard, Bugis, n Chinatown.. lebih enak sih pake MRT (cepet n praktis)

Moga2 bisa membantu..

386. Divanka - 30 November 2007

#384 Anna Kalau cuma 2 hari ke Sin, rasanya sayang ya. Kalaupun hrs begitu, ya tentukan dulu tujuannya apa? Karena rasanya di Sin sih segala ada, ya. Saya sarankan coba lihat di: http://www.visitsingapore.com/publish/stbportal/id/home.html

Banyak hal yg bisa dijadikan refensi sebelum pergi ke Singapore.
Have a nice trip!

dyadivanka@yahoo.com

387. .. Minda Indra .. » Tidak Sempat Lagi Jawab Pertanyaan di Komentar - 5 December 2007

[…] Bagi rekan-rekan yang sering mengunjungi blog Minda Indra ini, terutama yang sering "nyasar" ke artikel-artikel populer seperti penginapan murah di Singapura, sewa apartemen di Singapura dan tips dan trick ke Singapura lewat Batam bagian pertama dan kedua (biasanya karena searching lewat Google), mungkin Anda melihat bahwa saya sudah lama tidak lagi menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para pembaca blog ini, terutama pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan perjalanan ke Singapura. […]

388. ditto - 10 December 2007

Dear Pak Indra,

Saya dan pasangan recana mau nikah di singapore krn km beda agama, tp berhungung km sama2x blm pernah ke LN dan bhs inggris km juga gak lancar maka saya mau tanya nih ada gak ya biro jasa pernikahan yg bisa bantu urusan nikah di Singapore?? biar km bisa segera nikah :) …. thanks sebelumnya :)

389. marienna - 11 December 2007

hallo teman-teman siapa aja yang bisa tolong kasih info.

Kami sekel ( saya, suami dan 2anak ABG) rencana mau ke Sing via Batam. Untuk menginap di hotel mis. : Supreme atau Strand dekat Orchard road apa kami bisa ambil 1kamar+ extra bat atau apakah harus sewa 2kamar?
kalau punya waktu 3 hari 2 malam tempat apa saja disana yang harus didatangi ?
Kalau misalnya mau nginap semalam di batam, apa yang bisa kita lihat disana dan hotel apa yang bagus tapi tdk terlalu mahal

ok ditunggu ya infonya. Thx

390. anisa - 15 December 2007

Blognya bagus dan informative. InsyaAllah saya dan suami januari 2008 mau ke singapura lewat batam. Kami udah book tiket air asia online dan ternyata jatuhnya lebih murah. Semoga rencana perjalanan kami berjalan lancar. Mohon do’anya.

391. linda - 19 December 2007

saya ga nyangka dengan modal blog ini semua info saya dapat.
perjalannan saya sukses ke batam- singapur -KL semua berjalan dengan lancar padahal saya belum pernah keluar negri loh.dan saya dapat harga yang jauh lebih murah.
perjalanan saya puas banget.
nah ini untuk ke 2 kalinya saya ke sing lagi.nanti taon depan saya rencana mau ke BKK.
blog ini harus tetap update buat kita2 yg penegen info byk.

392. Antien Ritonga - 30 December 2007

Saya teringat pertama kali saya ke Singapore 6 bln yg lalu via Batam, sebelum pergi saya mempelajari kondisi perjalanannya adl via Blog ini. Sampe2 bbrp hal yg penting saya copy paste ke word dan saya print utk bekal slm di perjalanan (thx utk blog pak Indra). Kedua kalinya saya ke Sing via Batam pd bln Oct lalu, dr Sing saya ke Bangkok naik Tiger Air (budget airlines-nya SQ). Biayanya cuma sekitar 550ribuan/org. Dr Bkk saya naik Airasia ke Kuala Lumpur, dr KL br saya pulang ke Jkt naik Airasia. Terus terang itu adl keduakalinya saya pergi (bersama keluarga) tanpa biro travel. Dr pengalaman pertama saya pergi ke Batam-Sing tanpa biro travel, maka saya jg memiliki pengalaman utk merambah negara lain. Pd kali kedua saya pergi ke Sing-Bangkok-KL itu saya sdh menyiapkan Budget & Itenarary yg detail, krn saya sdh belajar utk mempelajari kondisi tempat2 yg akan saya datangi (untung ada Google, mau nyari apa aja ada, termasuk blog-nya pak Indra ini juga saya nemunya dr Google). Yg mau nanya2 info2 ttg perjalanan saya kemarin boleh email saya ke antien_ritonga@yahoo.co.id.

393. Grys - 18 January 2008

Halo.. kira-kira berapa budget untuk pergi ke singapore melalui batam ? untuk 5 hari dengan penginapan yang murah. Thanks yah..

394. Renita - 27 January 2008

Pak Indra, terima kasih sharing info lwt blog-nya..informatif sekali. Pak, selama ini yg saya tau utk ke Singapore minimal paspor Indonesia berlaku 6bln setelah wkt keberangkatan, tp baru2 ada yg bilang bahwa paspor minimal harus berlaku 1thn setelah keberangkatan, kalau kurang dr itu kemungkinan ga diperbolehkan oleh imigrasi di Batam, apa betul?
Terima kasih Pak..

395. rina - 28 January 2008

dear renita,

paspor minimal 6 bulan sebelum keberangkatan.
kalo mau ke malaysia, paspor yang 24 lembar dengar2 udah ga bis algi.

semoga membantu..
na

396. Andre - 4 February 2008

ini dia yang saya cari! hehehe..info nya mantappppp. makasih banyak ya…thx a lot, matur nuwun, graciaz!

397. londoner - 18 February 2008

maaf mas INDRA mau kasi komentnya dikit..

persis sama yang saya lakukan tiap kali berkunjung ke Singapore dan Malaysia, saya lakukan ini sudah berali kali sejak awal thn 90an,
bahkan jalurnya semua sama, Jakarta batam by Air Asia cuma 150ribu, taxi ke batam center 40ribu, pura2 gak mau, nawar naiknya didepan rumah makan padang bandara HANG NADIM Batam pasti mereka setuju… jangan lupa beli tiket fery Penguin lebih nyaman yang didalam Bandara Batam yang paling murah.

setelah itu nyampe di batam center ada rumah makan padang diatas lantai 2, kepala kakapnya enak banget deh… tapi jangan belagu orang Jakarta nanti dimahalin. bisa dibungkus makan di atas fery.. minta air putihnya di plastik,,,, wuihhhhhhh makan diatas fery nikmat banget.

turun di harbour front…Singapore langsung ke kalang tempat temen,,, 2 hari nginep langsung ke johor keesokan harinya via woodlands imigration check poit…, nyokapku bilang tujuh kali naik tujuh kali turun (bahasa hiperbolanya beliau)… sebab, naik pertama dan turun dari bus buat cap keluar Singapore, lalu naik bus lagi sebentar dan turun untuk cap masuk malaysia….

dari terminal Kota Raya Johor pemberhentian bus 170 kita bisa langsung naik bus spt damri ke Bandara Johor Baru Senai… bayar cuma beberapa ringgit.. kalau gak salah cuma 6 ringgit.

terbang deh ke KL… tiket cuma 80rb rupiah… lagi lagi Air Asia

pulangnay bisa langsung dari malaysia ke BANDA Aceh, Medan atau Jakarta…atau malah mau lanjutkan ke Puket Bangkok juga biasa…………

buat fatar…. saya warga jakarta tapi miliki paspor rRiau… gak bayar fiskal 1 perak acan..
ada beberapa Propinsi yang gratis fiskal dari gerbang Batam atau Riau masuki Singapore atau Malaysia…

RIAU, SUMBAR, BANGKA BELITUNG, SUMSEL, JAMBI, KEPULAUAN RIAU… SELAMAT bewisata…

FAI
London

398. yongki - 19 February 2008

pak indra, salam kenal pak, saya en calon istri rencana mo honeymoon ke singapore via batam, tapi pulangnya mo ke bintan resort dulu, ada info gak berapa rate dari bintan ke batam?trus schedulenya?

399. oze - 21 February 2008

pengen banget nie liburan ke singapore cuman sayangnya saya ga ada temen yang mau buat liburan kesana dengan biaya sendiri2 :)
padahal saya udah ngebujuk mereka kalo ke singapore lewat batam lebih murah tapi ga berhasil:(
ada ga ya yang senasib sama saya mksdny pengen pergi kesingapore tapi ga ada temen,kalo ada gmn kalo kita pergi bareng?
so far ini pergi ke singapore cuman angan2 nunggu ada temen ga enak bgt kalo sendirian
persiapan sih insyaAllah udah ada (meskipun disingapore cuman 3 hari 2 malam) tinggal berangkat aja :)
kalo bisa yang sehari berkunjung ke Malaysia
i think it will be unforgottable experience
kalo ada yang senasib sama saya please email kesini ya nde_oze@yahoo.com siapa tahu bisa pergi bareng2
terutama yang dari surabaya

400. joyce - 22 February 2008

Hi Pak Indra, dan teman- teman yang bisa bantu jawab. Saya berencana ke Singapore lewat Batam Maret ini, cuman saya agak khawatir dengan gelombang laut . Apakah laut dari batam ke Singapur yang kita sebrangi dengan feri relatif aman ? Terima kasih atas infonya

401. ican - 25 February 2008

Terima kasih atas infonya pak indra, cuma biar lebih jelas ada yng mw saya tanyakan..saya dri lombok, rencana mw k s’pore lewat batam..apakah pada waktu sampai di pelbuhan batam center kita hanya ngurus bebas fiskal saja?untuk visa kunjungannya apa ga perlu?trus biayanya hanya 500rb aja?

trus kalo di s’pore hotel apa yng murah dan letaknya dipusat kota?nah pas mw balik ke batam lagi biaya yg harus dikeluarkan apa aja?

mohon pencerahannya pak.. terima kasih

402. viendy - 26 February 2008

pak, saya bisa minta alamat YM nya biar langsung bisa komunikasi…
kalo bisa skrg mumpung lagi online :)

masih bingung neh dengan info2nya.. hehe..

rencana mo ke sing lewat batam, tapi pulang lgsg sing-JKT, apakah bisa sing naek ferry tanpa harus punya tiket pulang? (beli tiket pulang ke indonesianya di Singapore) mohon penjelasan. thx

403. bowo susatyo - 2 March 2008

terimakasih mas indra saya sangat terbantu dg info dr bapak, mohon bila tidak keberatan kami dibuatkan travel schedule, karena kami akan ke singapura bertiga bersama pimpinan kami di perusahaan. adapan jadwal keberangakan kami tgl 19 dari lombok-jakarta-batam-singapura dan balik lagi tgl 23 dg jalur yang sama.
mengenai tempat wisata, akomodasi dan transportasi kami persilakan mana yang terbaik menurut bapak sebagai panduan kami.

salam, bowo mataram-lombok-ntb-indonesia

404. Alief - 3 March 2008

Pak saya rencana ke S’pore via Batam, dan saya sangat terbantu sekali dengan blog bapak.
Saya rencana menginap di beach hotel kalau tidak salah tempatnya 95 beach road, nah yg ingin saya tanyakan:
1. Hotel tersebut dekat dengan lokasi wisata apa saja?
2. Kondisi hotel tersebut, mis, keamanan, kebersihan dan transportasi?

Terimakasih.

405. joko - 3 March 2008

malam pak gimana kalau tinggal di batam tampa ktp tolong kasih penjelasan

406. Michelle - 6 March 2008

Selamat malam pak.
pak, saya mau tanyak kalau alamat paspor Jambi mau berangkat ke Kuala Lumpur via Palembang , apakah harus membayar fiskal ?
Tolong ya pak informasinya,terima kasih.

407. zaenna - 19 March 2008

malam pak, saya berencana utk tour mencakup 3 neg sing-malay-thai.berhubung saya berangkat benar2 sendirian dgn waktu yg tidak terikat, it will be my first trip..sy minta saran dan pendapat bpk klo saya sudah book air asia untuk ke batam tgl 26 maret ini, mungkin saya akan di batam menginap dan besok paginya saya ke sing.di phuket saya hanya perlu untuk 3-4 jam saja.permasalahannya adalah saya kesullitan mengatur jadwal, manakah yg harus sy pilih? apakah:
1. smp sing sy by bus ke KL dan langsung ke Phuket by plane? (tolong rujukan plane yg murah rute ini, thx) kmdian phuket sing-batam…atau..
2. smp sing ke phuket PP by plane, trus ke KL-sing by bus trus ke batam( tolong referensi plane sing-phuket yg murah,thx) atau..
3. smp sing ke KL by bus,KL-phuket by plane,phuket-sing by plane dan menginap di sing 2 hari trus ke batam

nb.setelah byr viskal di fery batam, biaya apa lagi yg harus sy keluarkan untuk “administrasi kenegaraan-transit wisata”
saya juga mengadakan tour ini dengan sistem PAHE (paket hemat) dan ga ada jadwal belanja kec di singapore. point wisata adalah di singapore, makanya saya berharap bisa menginap 2 hari, ntah di sing atau di batam (yg mana recomendasi anda?)
trus kalo di hotel sing kita mau kasih tip berapa ya kalo di hotel murah sekelah losmen?
dengan perjalanan seperti ini sy harus menukar S$ minimal berapa banyak dan berapa banyak RM dan pecahannya.karna saya mau ngirit. thx..banet loooh pak…sy tunggu di email sy yah : zaenna_anne@yahoo.com

408. soni - 19 March 2008

begini pak 2 tahun lalu saya kerja diMcDonald singapur sekarang saya menganggur rencana saya bekerja disingapur lagi tapi ngga tahu caranya paspor saya expirednya 2010 mohon bimbingan gambaran saya ;bisa kerja lagi di mcdonal sana sebulan sekali pulang dan itu sudah saya perhitungkan terimakasih atas bantuan jawabannya

409. wishnu - 24 March 2008

Halo pa indra, mo nanya nich, saya rencana brangkat ke SG via Batam tgl 30 March, kbtulan lagi compare antara pake Mandala Air ama Airasia. Kbtulan Mandala Air total biaya 438.000 plus ferry gratis dr batam ke sing, kalo Air asia total biaya 347.900 minus ferry gratis.
Kira2 lebih hemat yang mana ya pak? Soalnya ini pertama kalinya saya pergi ke singapore.. :P
Mohon petunjuknya ya pa Indra…
email: budiwishnu@yahoo.com

410. nuke - 11 April 2008

update harga aja.hr ini sy ke sing via batam.bli tiket pinguin di hang nadim 18sing ato 120rb rupiah krn mbaknya ga punya kembalian. naik taksi ke batam center 70rb.check in di counter pinguin byar 49rb.konter di sbelah kanan ktika masuk gedung batam international port.byr fiskal 500rb di konter fiskal yg ada di bawah escalator dekat bank muamalat.lalu naik ke atas tuk boarding.klo waktu ferry brangkat msh lama,bs main dulu ke mall batam centre lewat jembatan penghubung di lt atas sama dgn tempat boarding tp muter ke sisi sebrangnya.keluar di batam mall pas disamping KFC bukan solaria mungkin dah ganti tenant ya. KFC lumayan mahal euy. 2ayam 1nasi n fresh tea 26rb. JCO stegah lusin 29rb. Duhbreadtalk jg ada. lumayan duduk2 sambil baca majalah di jCO daripada muterin mall sambil bw koper. .~
ehiya. hati2 klo psan tiket dr batam ke jakarta ato daerh lain. krn pinguin tnyata paling pagi jam 8. jd klo flight terlalu ngepas bs berabe..spt sy ini yg psan jam 08.50. binun deh hari minggu besok ngatur waktunya. ok. nti klo dah sampai sing aku update lg ya.

411. kartini - 15 April 2008

Siang bang indra,bisa minta informasi-nya toko sparepart computer yg lengkap di singapore?mohon informasi-nya skr juga,thank’s

412. ERICK FEBRYAN - 21 April 2008

saya mau tanya…
Niat saya mau ke Singapore, mau nyebrang lewat Batam, biar irit. Maklum Mahasiswa.
Tetapi saya baru pertama ke Luar Negeri, apa gak ditanya macem-macem saat mau nyebrang ke Singapuranya di imigrasi singapore????Takut dikira TKI gitu. lagian paspor saya masih kosong momplong….
Oh iya apa yah yang ditanya imigrasi di INDO or Di SIN apabila kita baru mau ke LN!!!
Trik apa saja buat ngindarin inceran si Imigrasi???Boleh bawa Koper kan mas lewat kapal???Soalnya kalau tas ransel susah…heheheh
Tempat2 yang perlu dikunjungi apa aja yah mas, Selain Melion dan Orchad Road???Kalau masuk tempat wisata biaya berapa yah mas?misal ke Night Safari…Kalau di SIN ada kayak DUFAN juga gak sih???dimana???Berapa biayanya???
Sekali lagi mahasiswa yang harus irit dan rajin menabung…hahaha
sekalian mas kalau mau Johor Baru, naik bis atau nyebarang sih???Berapa yah biayanya…DAn gimana sih imigrasi malaysia apa mereka galak dan selalu melihat Indonesian People as TKI,apa gak takut yah nyebrang ke Malaysial???coz kemarin liat TKI pada disiksa dan masuk penjara disana gara-gara urusan imigrasi….
reply yah mas,,, trim.,……
atau sapa aja yah tahu deh…
Trima kasih banyak

413. hana - 23 April 2008

mohon informasi tentang berapa total biaya yang harus dibayar jika bepergian dari batam ke singapore untuk return karena saya akan berangkat ke singapore melalui batam dalam 3 minngu ke depan dan apa saja yang dibutuhkan. apakah passport bali bisa digunakan?

414. novi - 2 May 2008

Dear Pak Indra,

akhir tahun ini saya dan tmn-tmn (4 org cewek)ada rencana ke s’pore lwt batam kami berangkat dari tl 27 des’08 dan kembali tgl 01 jan’09. yg ingin saya tanyakan, kami belum tahu tmpt-tmpt mana saja yg harus kami kunjungi di s’pore karena kami belum pernah kesana. bisa tidak pak indra buatkan scadule acara dari hari pertama sampai hari kami kembali ke batam? yg pasti scadule nya ada acara belanja2na He…. maklum perempuan. mungkin pak indra mau bantu kami. untuk tempt tinggal kami sudah ada rencana tinggal di Chinatown tepat nya di people park center.

ada lagi yg mau saya tanyakan, kira2 kalo akhir tahun bagus nya di s’pore atau di KL ?

415. wlzon - 12 May 2008

Pak Indra saya mau tanya, sebenarnya fiskal dari batam ke singapura itu untuk Indonesia aja apa memang harus dibayar ke singapura? Terus apa di semua negara ada mesti pembayaran fiskal? seperti yang td bpk blg kalo kalo kita mau pergi dari singapur ke malay, kita ga perlu bayar fiskal. tp indonesia membeerlakukan pembayaran fiskal itu kenapa, sesuai aturan internasional, atau aturan dibuat oleh pemerintah biasa?
Buat umur 2 sampe 11 thn perlu bayar fiskal?
Katanya gratis kalo fotocopy paspor, tolong kejelsannya, bulan depan saya mau ke sin soalnya. Thanx.

INFORMASI bapak berguna bgt lo pak..

416. Bening - 13 May 2008

Oh yach pak Indra, bening ada masukan sedikit. Untuk yang mau stay dengan keluarga di SIN harga miring dan tempat agak nyaman dan strategis bisa di South East Asia Hotel. Lokasinya di belakang Bugis Junction di jalan Waterloo, samping Kwan In Temple. Tempatnya lumayan nyaman, cukup manusiawi dan tidak terlalu crowded. Kalau mau belanja juga dekat ke Bugis Junction, mau kemana-mana dekat dengan station MRT. Di sekitar sini juga banyak tempat makan untuk muslim.Hotel ini jual Single/Double roomnya itu 80 SGD, Triple roomnya itu 98 SGD. Harganya net dan sudah termasuk breakfast. Lebih baik reserve roomnya via email dan jangan lupa diprint konfirmasinya karena ini hotel cukup laris jadi kalau datang langsung kadang nggak dapat room. So far karena mereka serve makanannya untuk vegetarian sepertinya siy cukup ok. Saran saya kalau mau ke KL pakai bis yang nyaman saja seperti 2 bis yang disarankan oleh pak Indra di atas. Karena kalau sambung menyambung bis itu nggak nyaman banget apalagi kalau bawa barangnya cukup banyak dan rame. Untuk Informasi, Sin dengan Malaysia itu harganya kurang lebih sama cuma beda currency, misal untuk sekali makan di SIN 3 SGD di Malaysia 3 RM.Kalau dihitung dengan rupiah pasti lebih murah RM. Oh yach masukan lagi hati2 kalau naik taksi sebelum jam 6 pagi dan diatas jam 6 sore. Mereka mengenakan harga 100 RM ke semua jurusan.Jadi harus pinter2 dech memperhitungkannya kalau dananya pas banget.

417. Rika Soetomo - 11 June 2008

Goodday Mas Indra,numpang tanya, saya ingin bawa 2 box lampu hias yang dibeli dari M’sia dan naik ferry ke btm,harganya sekitar RM 800,apakah saya harus bayar cukai ? Juga berapa maksimum rupiah atau SGD yang boleh dibawa ke Indonesia ? Ma kasih sebelumnya.Saya dan kel akan kebtm sekitar mid-july.

418. johar arifin - 16 June 2008

Pak Indra, teman-teman saya minta tolong..
Anak saya laki-laki 20 bulan mau saya bawa ke SNEC untuk diperiksa. Kedua mata anak saya belum bisa melihat sejak lahir, sudah pernah saya periksakan di Jakarta ( RS Aini, JEC), Jogjakarta ( RS Dr YAP ), Surabaya ( RS Dr Soetomo, Undaan, SEC ) ternyata belum ada solusi. Setelah saya dapat informasi, di RS Singapore National Eye Centre insyaAlloh bisa dilakukan transplantasi kornea. Mengingat biaya untuk penginapan aja sangat mahal, kami minta bantuan infonya mengenai penginapan yang murah tapi dekat dengan SNEC ( 11 third Hospital Avenue S’pore168751 ). Rencananya setelah anak saya diperiksa harus nunggu 5 hari untuk pemesanan kornea, trus dilakukan operasi. 3 hari rawat inap, 3 minggu kontrol yang tiap minggunya 2 kali. Jadi kira kira 1 bulan kami disana. Sukur-sukur ada yang gratis. Persiapan kami untuk biaya operasi terbatas, itupun untuk 1 mata. Istri saya tidak ikut karena keterbatasan dana kami. No passport anak saya S 003549,saya S 003548. Terima kasih atas infonya..

419. mita - 19 June 2008

pak indra..dan teman2..saya mita..
bulan agustus nanti saya ada rencana ke singapore, cuma empat hari berangkat 16 agustus dan balik 21 subuh. kira-kira ada ngga waktu buat ke malaysia? kalau iya mendingan saya pakai apa ya?

420. riana - 27 June 2008

Pak indra, mana yang lebih irit. Ke malaysia melalui singapur dan naek bus. or dari batham port ke malysia. Tolong jelaskam langkah-langkahnya.thanks

421. arif - 27 June 2008

mas indra,saya rencana mau ke singapura dengan 3 anak saya pada tanggal 2 juli nanti.ada beberapa yang mau saya tanyakan.1, kira-kira dimana tempat penginapan yang murah dan aman disana?2, apakah kita bisa booking dari sekarang hotel tersebut?terima kasih atas jawabannya

422. indri - 30 June 2008

Dear Pak Indra,,,

Saya mahasiswa tahun ke tiga fakultas Elektro di ITB. Saya ingin sekali bisa kerja praktek di singapura. berhubung saya baca bapak sangat mengerti tentang singapura, saya mohon bantuan bapak mengenai kerja praktek di singapura.

saya harap bapak bisa membantu

terimakasih

423. Hentry - 1 July 2008

Pak Indra, mohon bantuannya, bagaimana caranya supaya saya bisa menikah dengan pacar saya yang beda agama sementara kami ditolak pemberkatan pernikahannya di kedua tempat ibadah (Gereja dan Wihara) yang kami anut?

424. hans koesmadi - 7 July 2008

Halo Pak Indra, saran anda untuk memilih hanya penguin ferry di pel. Batam Centre dengan alasan jadwalnya paling banyak dan kapalnya baru adalah menyesatkan. lebih objektif dan arif kalo menyarankan untuk membuka website masing-masing operator ferry, baik penguin maupun batamfast. bagi orang batam yang sering berangkat ke Spo tentu akan tersenyum sinis membaca saran Pak Indra tersebut. Tq dan sukses.

425. Adees - 21 July 2008

Yth. Pak Indra

Saya merencanakan ke Batam lewat S.pore dengan anak2 saya yang usianya 10 dan 13 tahun liburan natal Des 2008. Pa In, tlong info hotel/penginapan yang murah dan comfort buat anak2 di s.pore? Untk ikut City tour dan tour ke Sentosa Island, perusahaan apa yang pak indra rekomendasikan ? karena banyak sekali tawarannya di internet? bagaimana mengenai SIGHTSEEING TOUR? Apakah naik kereta ke Kulalumpur nyaman ?, karena saya ingin anak2 punya pengalaman yang komplit, karena ini merupakan perjalanan pertama anak2 saya ke LN. Kualalumpur-Singapura bus apa yang Pak In rekomendasikan, apakah ada yang stop pelabuhan Singapura untuk langsung naik fery ke Batam. Saya tunggu infonya

426. W Iriawan - 24 July 2008

Selamat malam Bapak Indra,
Gimana caranya untuk mempromosikan tempat saya kerja, yaitu lux villa di Bali.
Mungkin Bapak bisa promosikan lewat agent bapak.

427. Sanz - 5 August 2008

Permisi Pak Indra, ikut reply..

To Pak Adees,

untuk rencana perjalanan bapak, saya sarankan menggunakan travel agent aja yang bapak percaya, bisa lebih safe dan lbh murah kalau dototal dari biaya keseluruhan, konsultasikan dulu dengan agent mengenai acara yang diinginkan.

kalau mau ke KL, naik train kurang pass pak, selain waktu tempuh sin-Kul lebih lama dibanding naek bis, juga tak dapat experience di perjalanan.
kalau bapak menggunakan travel agent, bisa ke johore /malaca dulu dll.
moga membantu. terimakaseh.

salam,
Sanz

ANS HOLIDAYS – fully discovery

PT. ANS HOLIDAYS Tours & Travel

Komplek Ruko Kintamani Blok F 12A

Batam Centre, Batam Island – Indonesia

Phone : (+62-778) 466103, 7288 448

Fax : (+62-778) 466106

Main Email : ansholidays@yahoo.com.sg

Direct :
Email : sannz_99@yahoo.com.sg
YM : sannz_99
Skype : sannz88
MSN : ansholidays@hotmail.com

Mobile : +62-819 270 80008 (Indonesia)
+65-9055 8000 (Singapore)

428. Bunarto - 2 September 2008

halo Pak , mhn bantuan nya
1. apakah tarif feri ke sing masih tetap ,(tidak naik )
2. apakah anak2 harga tiket ferinya sama dengan dewasa ?
trima kasih.

429. jonroy - 4 September 2008

udah naik 50% Untuk anak anak harganya sama

430. Danny - 7 September 2008

Pak Indra,
Saya ingin tanya, kalau pemegang KTP & Passport Pontianak, ke Singapore lewat batam gak kena fiskal ya?
Tapi apabila ke Singapore-nya pake pesawat dari Jakarta, apakah bebas fiskal jg?
Thanks a lot.

431. dewi - 10 September 2008

pak indra mau tanya donk harga tiket ferry dari batam-singapore skrg hrgnya brp y?utk sewa apartment yg murah di sg tp utk rame2 sktr 6 org dimana y?dan kalau saya dari singapore mau ke genting lebih dekat dari johor ya baru lanjut ke genting? krn saya mau nginap 2 hari.oh y utk hotel di genting yg plg murah hotel ap y?tp naik bus dari mana ya?dan brp lama perjalanan?tolong y informasinya.thanks a lot

432. PUTRI - 24 September 2008

haloo aku mau minta tips nieh … aku mau ke johor lalu ke singapore… tapi temen temen ku tuh perokok berat. berapa pack yah boleh bawa rokok ke senai iairport johor bahru..? terus ke singapore kalau lewat darat naik mobil di check enggak yah.. tas2 nya..?
thx

433. moniq - 16 January 2009

,,hai salam kenal,,
aku moniq,,tertarik untuk backpacker ke sing dan KL.
rencanyanya dari jkt mau ke batam, terus ke singapore, kalo diatas kan yang tertera kan return package,,
kalo one way gimana yah?
jadi dari batam singapore one way, including tax.
oh ya sekarang indonesia udah penerapan bebas fiskal, bisa diterapkan juga gak di pelabuhan itu?

thank you,,,

434. yudi - 7 March 2009

pak indra, saya yudi. awal tahun depan(1 jan 2010) saya mau ke singapore. saya dengar info cozy corner guesthouse, nurut pak indra bagus tidak ya?(maksud saya bersih / tidak), trus kalo booking lewat hostels.com atau hostelz.com aman gak ya pak? soalnya kapan hari, saya coba booking jauh2 hari langsung ke cozy corner guesthouse dibilang belum bisa booking karena masih jauh harinya, trus ternyata di hostels.com dan hostelz.com yang saya liat di internet untuk 2010 mereka udah ada.hal itu saya tanyakan lewat email ke cozy corner, trus mereka bilang pihak cozy corner tidak ada hubungan dengan hostels.com dan hostelz.com. untuk masalah saya ini nurut pak indra gimana? sebaiknya saya langsung ke hotel(dekat2 hari dengan resiko tidak dapat kamar,karena saya berangkat berdua dg isri jadi pake private twin room) atau saya tetap booking lewat hostels.com / hostelz.com? Terima kasih atas infonya ya pak.

435. mimi - 17 May 2009

hallo pak indra, saya muikutan tanya nich mengenai tukar menukar uang,enaknya tukar disingapur atau malaysia atau dijakarta aja ?sebaiknya tukar pake rupiah atau dollar amerika ? untuk menukar uang RM / SGD ktnya gampang tukar disingapur/malay apa betul apa tdk lebih mahal di malay/singapur dibanding jakarta ? trim’s ya pak indra

436. sandi - 3 July 2009

jawaban untuk 434. yudi

Ke Singapore ga usah takut ga kebagian hostel. Saya punya pengalaman nginap di Cozy Corner. Pertama saya booking jauh2 hari dikamar private rencana u/ 4 malam. dapat 1 malam saya sudah minta buru2 chekout/pindah karena kamarnya kecil banget truz AC nya juga panas banget, banyak yang udah rusak, karena saking panasnya dikamar saya tidur di ubin dibawah. Saya saranin ke pak Yudi kalo bs mendingan jgn nginap disitu. Saya dan teman saya sdh kapok ga bakal lagi menginap di Cozy Corner Backpacker Hostel.

Kalau mau Bapak mendingan nginap di Fragnance Hostel di Dunlop Street di daerah Little India. Tempatnya bersih, Tarip juga hampir sama dengan di Cozy.1 orang 20 $SG. Mau ke Mustafa Centre jg dekat bs jalan kaki truz mau ke Bugis Street jg dekat

437. kartini - 25 July 2009

pak, mo nanya dong, bisa gak kita gak pake booking hotel di singapore tapi langsung datang ke hotelnya aja?kira2 bakal dapat kamar gak kalo pake cara gitu? oia, berhubung saya gak punya kartu kredit bisa gak saya dapat kamar hotel dgn langsung datang ke hotelnya begitu nyampe di singapore? soalnya yg saya tau di internet semua mengharuskan pake kartu kredit untuk membooking hotel?
tolong dijawab ya pak, mendesak nih…terima kasih

438. herry - 27 July 2009

Pak indra capek jawab ya?
Karena saya lihat pertanyaannya itu2 saja ya,
saya mau nanya nih, nanya lagi,
Saya mau ke Johor menyusul istri yg sudah kerja di Johor, dari Batam ke Johor saya udah tahu dari jawaban2 terdahulu, trus yg saya tanyakan adalah:
di Johor kita ditanya apa saja oleh pihak berwajib? tolong kasih tahu daftar pertanyaannya dan syarat2 apa saja yang wajib kita sediakan?

439. widya - 28 July 2009

pak indra saya nak tanya.saya punya kawan kosongan deket malaysia.sekarang dia nak balek tapi macam mana transportasinya dari johor ke batamnya.tolong di jawab secepatnya

440. tg_susanto - 3 August 2009

kalo sudah sampe SIN trus mau stay disana 1 - 2 hari, enaknya nginap dimana ya, yg harganya murah ngak mahalmahal banget, kolo bisa hotelnya yg kelas melati di jakarta lho.

rencananya sih minggu depan mau tugas ke Batam, katanya mau sekali-kali mai ke SIN, bayar fiscal ngak ya, berapa sih harganya, tanya dunk

bagaimana kalo punya NPWP katanya free ya sekarang .

441. Eric - 23 October 2009

Yth. Pak Indra,
Rencananya tanggal 27 Desember 2009 ke Singapore dan pulang ke Batam 3 Januari 2010 saya beserta istri dan putri kami usia 2 tahun. Rencananya dari Jambi naik pesawat ke Batam dan dari Batam naik kapal ke Singapore. Tolong mas :
1. Di Singapore + Kuala Lumpur nginap dimana yang aman dan murah (tolong kasi masing-masing 2 pilihan saja) (pakai AC)
2. Di Singapore + Kuala Lumpur jalan-jalan kemana yang aman dan menyenangkan utk anak-anak (sesuai jadwal perjalanan) + makan enak
3.Di Singapore dimana dan tgl berapa ada “cuci gudang” barang elektronik serta pakaian dewasa dan anak-anak
4. Dari Singapore ke KL naik apa yang aman dan nyaman untuk anak-anak dan tentu saja murah ya
5. Kembali ke Batam sebaiknya dari Singapore atau KL.

Demikian mas, mohon bantuannya, terima kasih

442. Kalung BioFIR - 22 February 2010

kira2 feri ke singapur terakhir jam berapa yah? atau memang 24 jam?

443. Yuri - 28 April 2010

Dear Pak Indra …

Saya pria usia 33 th … sya sudah 10 th lebih kerja di jabotabek jadi logistic admin… tapi hasilnya pas-pas aja … saya dengar spore is land of oportunities … saya ingin coba ceri kerja ek spore…?? tapi gmana caranya ya …?? apa ada agen di jkt yang punya chanel ke spore … tlg infonya…

Thanx
Yuri

444. kasih mulyadi - 11 May 2010

Dh, Pak Indra
anak saya rencana akan berobat kaki akibat jatuh terpeleset pada waktu mandi, sehingga jalannya agak pincang, mohon saran dan advis kira2 rumah sakit SGH cocok tidak untuk pengobatan anak saya 4 th 4 bln, dr-nya dan tempat tinggal yang dekat sgh dan murah.
Demikian saya mohon bantuannya, terima kasih

445. Hendri - 20 May 2010

Halo Pak Indra, salam kenal saya Hendri…
bagaimana caranya agar tetap stay di spore tapi ngga punya PR?..apakah harus lapor tiap bulan?..saya tidak punya PR tapi pengen cari kerja di spore..kemungkinannya gimana ya?

446. Novi - 21 May 2010

Hi pak indra,
saya Novi, setelah membaca semua tulisan teman di blog pak indra, ternyata banyak juga orang indonesia yang ingin berlibur atau berobat di Singapura, dan saya hanya numpang tulisan mengenai JURONG BIRD PARK, singapore yang bisa di jadikan tempat menarik untuk di kunjungi turis dari Indonesia, mungkin kebayakan dari turis indonesia akan datang ke tempat NIGHT SAFARI atau SINGAPORE ZOO dan JURONG BIRD PARK seperti ya kurang untuk di kunjungi, padahal banyak tempat menarik untuk di lihat juga di JURONG BIRD PARK, kegiatan untuk bulan juni school holiday di BIRD PARK, 26 June 2010

447. ila - 11 August 2010

Hi Pa Indra, perkenalkan nama saya Ila
saya berencana mau ke Singapura dan ini perjalanan pertama saya keLuar Negri,untuk itu saya meminta tips dari pa indra tentang panduan perjalanan dan tempat'’ yg bagus untuk dikunjungi,mengingat saya sama sekali blm tau tentang kondisi disana.
Saya akan berangkat menggunakan AirAsia.
trimakasih pa,ditunggu untuk informasinya.

448. achdi - 8 November 2010

wsllm pak sy ni ada rencna mau bulan madu ke singapure tapi sy ngk tau singapure sama harga penginapan di singapura yg agak2 murah sekitar brapa ya??/

449. rezaf - 22 October 2011

numpang posting pak indra,
saya lagi mencari partner untuk jalan bareng sbg backpacker ke sg, rencana berangkat december 27-31 december 2011, supaya bisa ada temen dan bisa sharing biaya, pria atau wanita gak masalah, yang penting sama2 punya niat travelling ala backpacker, ke sg lewat batam atau langsung ke changi jg ga masalah selama bisa dihemat. kalau ada yg punya niat bareng bisa inbox ke email saya: reezaf_guna@yahoo.com
terima kasih pak indra.

450. ahmad - 21 December 2011

bagaimana mendapatkan cara termudah & gampang, melakukan perjalanan dari solo ke batam menggunakan kapal laut?

451. Pannoten - 10 February 2012

Aslmlkum pak…Saya dari Pelabuhan Dumai ..apa bisa langsung bisa Ke SG atau msih hrus Transfer Via Batam?

452. Lidya - 29 February 2012

Sore,

Mau tanya pak kalau di Jakarta mau pesen tiket tiger airways di nomor telepon berapa ya dan kantornya dimana?

Trus pesawatnya sendiri bagus atau tidak ya pak?

Thx

453. Lia - 20 April 2012

Sore, Kalau pesan Strand Hotel atau Bencoolen Hotel Singapore untuk tanggal 08 s.d 11 April 2012 nomot telefon yang bisa dihubungi berapa? Terima kasih

454. afliani neno - 9 May 2012

hallo pak indra,.sy tertarik dengan crita liburan pak indra tentang perjalanan ke singapura lewat batam..saya jadi tertarik pengen mencoba liburan dengan keluarga,. bisa tlng di bantu pak indra, bagaimana sy bs berlibur spt bapak ke singapura,behubung kami belum pernah jalan-jalan keluar negeri jadi kami belum mempunyai paspor,setlah itu bagaimana caranya setelah tiba di batam dan setelah tiba di singapura berhubung kami tidak mempunyai keluarga,bagaimana kami bisa mendapat paket perjalanan ke t4 wisata di singapure,apakah kami harus mempunyai gaet jadi yang bisa mengatur kami sehingga waktu 1 minggu kami bisa mengelilingi singapura dengan hemat,. dan apaka trik yang bapak berikan tidak berubah?? berhubung waktunya sudah lama. dan untuk bapak ketahui, kami berasal dari NTT yang pasti nanti kami terbang dari Kupang (ibu kotanya) ke Batam..
untuk informasinya kami mengucapkan Terima Kasih,.